• News

  • Wisata

Jelajahi Eksotisme Alam Lombok di 4 Destinasi Ini

Taman Nasional Gunung Rinjani
Trekking Rinjani
Taman Nasional Gunung Rinjani

LOMBOK, NNC - Selain Bali, Lombok, Nusa Tenggara Barat, adalah pulau wisata yang popularitasnya telah mendunia. Dengan karunia kekayaan wisata alam yang lengkap, pulau seribu masjid ini ibarat surga yang rugi jika tidak dikunjungi. Bagaimana tidak, di sini telah tersedia beragam pesona wisata alam, mulai dari pantai, gunung, air terjun, hingga padang savana.

Nah, bagi Anda yang hendak berlibur ke pulau ini, berikut beberapa destinasi wisata alam populer yang tak boleh dilewatkan.

1. Taman Nasional Gunung Rinjani
Meskipun Anda bukan pendaki, gunung dengan puncak tertinggi ketiga di Indonesia ini wajib dikunjungi. Tak lain, karena ada banyak hal yang bisa dinikmati, walaupun mungkin Anda tak mampu untuk mendaki hingga puncaknya, di antaranya seperti air terjun, danau, padang rumput, dan Bukit Pengasingan yang disebut-sebut sebagai spot terbaik untuk menikmati panorama Rinjani dan sekitarnya.

Selain Bukit Pengasingan, panorama lain yang juga populer adalah Danau Segara Anak. Di area danau ini, Anda tak hanya bisa memancing dan berkemah, tetapi juga sekaligus menjelajah. Setidaknya terdapat beberapa gua yang bisa dijelajahi, juga kolam air panas alami yang bisa dimanfaatkan untuk berendam.

2. Taman Wisata Pusuk Sembalun
Bagi Anda yang ingin menikmati kemegahan Gunung Rinjani tanpa aktivitas fisik (mendaki) sama sekali, Pusuk Sembalun adalah pilihan yang tepat. Taman yang berada di ketinggian sekitar 1.250 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini akan menyuguhkan megahnya pemandangan Gunung Rinjani di tengah kabut dan awan yang tebal.

Tak hanya itu, Anda pun akan disuguhi panorama hamparan perbukitan, sawah, dan kebun stroberi. Tak tanggung-tanggung, Anda bahkan bisa memetik dan mengonsumsinya langsung.

3. Air Terjun Tiu Kelep dan Sendang Gile
Masih berada di kawasan kaki Gunung Rinjani, ada baiknya Anda melanjutkan perjalanan wisata ke Air Terjun Tiu Kelep dan Sendang Gile. Kedua air terjun ini memiliki jarak yang berdekatan, Tiu Kelep berada di Desa Senaru dan Sendang Gile berada di bawahnya.

Meskipun sama-sama tergolong air terjun yang cantik, keduanya menawarkan panorama yang khas. Dengan tinggi sekitar 45 meter, Tiu Kelep menyajikan pesona air terjun yang dikelilingi oleh hutan dan pepohonan, serta bermuara di kolam air yang sejuk.

Sedangkan Sendang Gile lebih menonjolkan bentuknya yang bertingkat-tingkat meskipun dengan ketinggian hanya sekitar 30 meter. Yang jelas, di kedua tempat ini Anda bisa melepas penat dan lebih dekat dengan alam.

4. Pantai Semeti

Pantai Semeti, Lombok, (Youtube)

Bagi Anda penyuka film Superman, tentu tak asing dengan Planet Krypton, bukan? Nah, di daerah Praya Barat, Lombok Tengah terdapat sebuah pantai dengan kontur yang sama persis seperti Planet Krypton.

Karenanya, meski nama asli dari pantai tersebut adalah 'Semeti', tapi lebih populer dengan sebutan Pantai Krypton.

Ciri khas dari pantai ini adalah tebing karang dan bebatuan yang meruncing dan berlapis. Bahkan, ada beberapa formasi bebatuan unik, yakni menyerupai piramida yang mencuat dari dasar laut. Karena areanya yang cukup terjal dan licin, usahakan gunakan alas kaki yang antiselip.

Nah, itulah beberapa destinasi wisata alam yang direkomendasikan untuk Anda kunjungi. Tentunya, masih terdapat banyak destinasi lain yang tak kalah memesona dan juga bisa Anda kunjungi selama berada di Lombok.

Yang terpenting saat ini adalah bagaimana Anda mengatur rencana liburan seefektif dan seefisien mungkin. Untuk tiket pesawat ke Lombok, ada baiknya jika Anda melakukan pemesanan melalui Airy, baik dengan aplikasi ataupun melalui website. Dengan Airy, Anda tak hanya akan dimudahkan tetapi juga akan mendapat tiket murah.

Belum lagi dengan berbagai kelebihan lain, seperti kemudahan dalam hal pembayaran, refund, atau bahkan reschedule. Untuk pembayaran, Anda tak perlu bingung karena tersedia 3 alternatif, yaitu pembayaran melalui gerai Indomaret, dengan kartu kredit, atau dengan cara transfer. Tentunya, Airy bebas dari segala bentuk penipuan online.

Airy memang sangat cocok untuk dijadikan teman para pelancong! Selamat menikmati alam Lombok.

Editor : Y.C Kurniantoro

Apa Reaksi Anda?