Kamis, 27 Juli 2017 | 23:32 WIB

  • News

  • Wisata

Wisatawan Mulai Ramai, Empat Rafflesia Gadutensis Mekar Bersamaan di Bengkulu

Rafflesia Gadutensis.(dok.bukitlawang)
Rafflesia Gadutensis.(dok.bukitlawang)

Berita Terkait

BENGKULU, NETRALNEWS.COM - Empat bunga Rafflesia gadutensis mekar serempak di kawasan Hutan Lindung Bukit Daun, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu.

"Ada empat bunga yang sedang mekar dengan diameter bunga rata-rata 48 hingga 50 centimeter," kata Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu Utara Riki Septian di Bengkulu, Rabu (11/1/20170, seperti dikutip Antara.

Riki mengatakan pengunjung dapat menikmati keunikan bunga langka yang mekar di kawasan hutan yang masuk wilayah objek wisata air terjun Palak Siring Kemumu itu hingga empat hari ke depan.

"Besok keempat bunga bisa disaksikan mekar bersamaan dengan jarak antar bunga hanya tiga sampai empat meter," ucapnya.

Lokasi bunga mekar kata Riki sangat mudah dijangkau. Pengunjung dapat memarkirkan kendaraan di lapangan depan gapura objek wisata Palak Siring Kemumu lalu berjalan kaki sejauh 20 meter ke dalam hutan.

Rafflesia gadutensis merupakan satu dari empat jenis rafflesia yang teridentifikasi di hutan Bengkulu. Tiga jenis rafflesia lain yakni Rafflesia arnoldii, Rafflesia bengkuluensis dan Rafflesia hasselti.

Seorang pengunjung, Rahmalia mengatakan menyaksikan Rafflesia gadutensis di habitatnya merupakan pengalaman unik yang tidak mudah didapatkan.

" Rafflesia merupakan ikon dan kekayaan alam Bengkulu yang unik dan kita perlu menjaga habitatnya tetap lestari," katanya.

Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya

Apa Reaksi Anda?