3
Netral English Netral Mandarin
15:37 wib
Menko Polhukam Mahfud MD membantah tudingan yang menyebut pemerintah melindungi jalannya Kongres Luar Biasa ( KLB) kubu kontra-Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan agar warga Jakarta untuk mewaspadai potensi hujan disertai kilat dan petir hari ini, Senin (8/3).
10 Destinasi Wisata Guci, Cocok Dikunjungi bersama Keluarga

Selasa, 26-January-2021 22:00

Wisata Guci, Pemandian Air Panas
Foto : Travels Promo
Wisata Guci, Pemandian Air Panas
0

JAKARTA, NETRALNEW.COM – Apakah Anda gemar liburan sambil mengajak sanak keluarga? Jika ya, wisata Guci bisa jadi salah satu pilihannya. Tapi sebelum berbicara lebih jauh soal liburan, apakah Anda tahu Guci?

Mungkin salah satu yang terbesit di benak Anda saat mendengar kata "guci" adalah barang pecah belah. Ya, guci memang terkenal sebagai salah satu produk yang cocok untuk dekorasi rumah. Tapi berbeda untuk hal yang satu ini ya.

Guci yang dimaksud kali ini adalah suatu desa yang berada di Kecamatan Bumijaya, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Siapa sangka, di Guci ada banyak wisata yang sayang untuk Anda lewatkan bersama keluarga.

Penasaran apa saja wisatanya? Tidak sabar untuk liburan dan berkunjung bersama keluarga? Berikut 10 detinasi wisata Guci yang bisa menjadi referensi Anda ketika datang ke Jawa Tengah:

1. Pemandian Air Panas Guci

Pemandian Air Panas Guci (Travels Promo)

Salah satu objek wisata yang terkenal di Guci adalah Pemandian Air Panas Guci. Wisata Guci yang satu ini berada di Jalan Objek Wisata Guci, Kalengan, Guci, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah. Wisata Guci ini buka setiap hari pada pukul 6.00 sampai dengan 21.00 WIB. Jam operasional yang panjang ini tentu akan menguntungkan Anda dan keluarga, karena bisa melakukan perjalanan dengan lebih leluasa bukan?

Letak dari wisata Guci yang satu ini berada di Kaki Gunung Slamet. Kawasan ini menyediakan air hangat alami yang berasal dari perut bumi. Udara sejuk pegunungan pun akan menyambut Anda bersama dengan keluarga. Jadi meski asyik berbasah−basahan, Anda dan keluarga tidak perlu terlalu takut mengalami kedinginan.

Wisata Guci ini lokasinya berada di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut (mdpl), dengan suhu udara berkisar antara 17 sampai dengan 20 derajat Celcius dan suhu air berkisar 41 derajat Celcius. Tentunya di suhu tersebut, Anda dan keluarga masih aman untuk berenang dan berendam ya. Luar biasanya, wisata Guci ini dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan, terutama kesehatan kulit, jadi tidak hanya sekadar basah−basahan saja.

Harga tiket masuk wisata Guci yang satu ini juga terbilang terjangkau. Anda cukup membayar sekitar Rp9.000 untuk dewasa dan Rp8.500 untuk anak di hari biasa. Sedangkan di hari libur, harga tiket menjadi Rp11.000 untuk dewasa dan Rp10.500 untuk anak−anak.

Tidak perlu khawatir dengan aromanya, wisata Guci yang satu ini airnya terbilang jernih, tidak berbau, dan tidak berwarna. Wisata Guci ini juga memiliki 25 pancuran air panas dengan suhu yang berbeda−beda.

2. Curug Jedor Guci

 

Curug Jedor (Aroeng Binang)

Bagi Anda dan keluarga yang cinta dengan wisata alam, wisata Guci yang satu ini bisa jadi salah satu pilihannya. Pasalnya wisata yang satu ini menawarkan pesona alam Guci dengan udara sejuk, suasana yang masih alami dan mampu mencuci mata Anda dan keluarga. Wisata Guci satu ini bernama Curug Jedor Guci.

Curug ini berada di Ladang, Hutan, Guci, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah. Anda dan keluarga bisa datang ke wisata Guci yang satu ini setiap hari, dari pukul 7.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB. Untuk menikmati suasana curug dengan lebih maksimal, tentu Anda dan keluarga bisa datang saat hari dalam keadaan yang cerah.

Konon, nama curug ini diambil dari nama kepala desa, yakni Lurah Jedor. Tetapi jangan dilihat dari sebatas nama yang sederhana, pasalnya wisata Guci yang satu ini menawarkan pemandangan yang indah tetapi mudah dijangkau, air yang bersih cocok untuk berenang bersama keluarga.

Memasuki kawasan wisata Guci yang satu ini tidak dikenakan biaya, tetapi bila hari libur, Anda cukup membayar Rp5.000 saja. Anda sudah bisa menikmati suasana curug sampai puas dan melihat pesona air yang terjun dari ketinggian sekitar 15 meter.

 3. Hot Waterboom Guciku

 

Hot Waterboom Guciku (Travels Promo)

Anda dan keluarga juga bisa datang dan menikmati wisata Guci yang satu ini, namanya Hot Waterboom Guciku. Lokasi wisata Guci ini berada di Jalan Lingkar Barat Desa, Kalengan, Guci, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah.

Wisata Guci satu ini buka setiap hari dari pukul 6.00 WIB pada Sabtu dan Minggu, serta pukul 7.00 WIB pada Senin hingga Jumat. Anda dan keluarga bisa menghabiskan waktu dengan berenang sampai puas hingga malam pukul 21.00 WIB

Hot Waterboom Guciku ini merupakan pemandian air hangat yang bersumber dari Kaki Gunung Slamet. Tidak hanya mandi dengan air hangat saja, Anda dan keluarga juga bisa menikmati berbagai macam aktivitas air yang ditawarkan seperti outbound dan waterpark.

Harga tiket masuk wisata Guci yang satu ini adalah Rp40 ribu untuk Senin sampai dengan Jumat dan Rp45 ribu di Sabtu-Minggu dan hari libur. Harga tiket ini berlaku untuk anak di atas tiga tahun dan dewasa.

4. Menunggang Kuda dan Panahan di Sembrani Stable

 

Menunggang kuda di Sembrani Stable (Native Indonesia)

Tidak hanya terkenal dengan pemandian air panasnya saja, wista Guci juga akan memberikan Anda dan keluarga pengalaman liburan yang berbeda dengan berkuda dan panahan. Aktivitas yang masuk kategori olahraga ini bisa Anda dan keluarga coba di Sembrani Stable.

Wisata Guci ini terletak di Jalan Raya Yomani−Guci, Desa Pagerwangi, Balapulang, Jawa Tengah. Di wisata Guci ini Anda dan keluarga akan merasakan sensasi liburan dengan konsep back to nature, karena bisa juga berkebun dan memberi pakan ternak.

Selain berkuda, panahan, dan berkebun, Anda dan keluarga juga tidak perlu khawatir kelaparan. Pasalnya di tempat ini juga tersedia tempat makan dan camilan yang siap memanjakan lidah Anda dengan harga yang terjangkau.

Anda dan keluarga juga tidak boleh melewatkan kesempatan berfoto dengan pemandangan dan suasana di wisata Guci yang satu ini. Ada banyak spot foto yang telah didekor dan perumah bernuansa etnik serta unik.

5. Curug Pengantin

Curug Pengantin (Jejak Piknik)

Wisata Guci lainnya yang wajib Anda dan keluarga datangi adalah Curug Pengantin atau dalam Bahasa Jawa disebut dengan Curug Penganten. Hmmm, kira−kira kenapa ya disebut Curug Pengantin?

Wisata Guci ini berada di Ladang, Hutan, Guci, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah. Jam operasional wisata Guci ini adalah pukul 7.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB. Jadi Anda dan keluarga bisa leluasa menyesuaikan perjalanan dan menikmati pesona Curung Pengantin.

Dilihat dari namanya, ternyata wisata Guci ini menawarkan pemandangan air terjun yang saling berdampingan bagaikan sepasang pengantin. Di wisata Guci ini Anda dan keluarga juga bisa menikmati udara sejuk dengan pepohonan hijau dan pemandangan yang masih sangat asri.

Wisata Guci ini memiliki tinggi sekitar 10 meter di kedua air terjunnya. Meski demikian, dua air terjun ini memiliki tipe yang berbeda dari segi debit air. Salah satu air terjun memiliki debit air yang begitu deras dan memenuhi permukaan di bawahnya. Sementara air terjun yang satunya memiliki aliran air yang lebih tenang menuruni tebing.

Memasuki kawasan wisata Guci yang satu ini, Anda tidak akan dikenakan biaya tiket. Anda hanya perlu membayar parkir kendaraan bermotor saja dengan tarif Rp3.000. Tetapi, harga tiket masuk ini bisa saja berubah sewaktu−waktu.

6. Air Terjun Kembar

Air Terjun Kembar (Dosen Wisata)

Ada lagi curug di wisata Guci yang bisa Anda dan keluarga datangi. Air Terjun yang satu ini pasti akan membat Anda dan keluarga takjub dengan keunikannya. Namanya adalah Air Terjun Kembar. Yup, dinamakan kembar karena memang ada dua buah curug dan letaknya saling berdekatan.

Sama seperti Curug Pengantin, wisata Guci yang satu ini memiliki arus yang berbeda. Ada satu air terjun yang memiliki arus yang deras dan satu air terjun lagi memiliki debit air yang tidak begitu deras. Tetapi keduanya sama indahnya, menumpahkan air ke permukaan dan bisa digunakan untuk berenang.

Lokasi dari wisata Guci yang satu ini berada dekat dengan Waterboom Guciku, masih di area Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Menuju ke wisata Guci ini, Anda dan keluarga bisa berjalan kaki menyusuri persawahan dan harus tetap berhati−hati, pasalnya medan yang menurun dan licin.

Dijamin Anda dan keluarga tidak akan kecewa datang ke wisata Guci yang tersembunyi satu ini. Anda juga tidak perlu khawatir kedinginan, pasalnya wisata Guci yang memiliki ketinggian sekitar 5 meter ini ternyata memiliki air terjun yang hangat lho.

7. Outbound dan Camping di Guci

Area outbound dan camping di Guci (Native Indonesia)

Wisata Guci lagi−lagi menawarkan Anda dan keluarga pengalaman liburan yang berbeda. Kali ini adalah wisata outbound dan camping. Wah pasti seru banget, bisa mencoba berbagai fasilitas outbound dan juga bermalam di tenda bersama keluarga.

Anda dan keluarga langsung bisa meluncur ke Jalan Raya Wisata, Kalengan, Guci, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah. Di lokasi ini ada paket wisata Guci yang bisa Anda dan keluarga pilih, untuk menikmati sensasi dan suasana alam yang berbeda.

Beragam aktivitas outbound tentu dapat dilakukan di wisata Guci yang satu ini. Anda dan keluarga bisa mencoba berbagai fasilitas outdoor, yang mampu menguji adrenalin di alam terbuka. Anda juga bisa mengajarkan anak−anak kesabaran dan keberanian.

Malam harinya, sebelum tidur di dalam tenda, Anda dan keluarga bisa melakukan berbagai aktivitas seperti api unggun, barbeque, atau bahwan ngeliwet. Hmmm, tentu rasa masakannya akan menjadi lebih sedap.

8. Curug Kaliputih

Ada lagi sebuah curug yang namanya unik, yakni Curug Kaliputih. Dari namanya, apakah mengundang penasaran Anda dan keluarga? Bila ya, Anda dan keluarga bisa menjadikan Curug Kaliputih menjadi salah satu wisata Guci pilihan. Lokasinya ada di Ladang, Hutan, Guci, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah.

Wisata Guci yang satu ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter. Pada musim penghujan, airnya dikenal sangat deras sehingga dinding−dinding di bukitnya bagaikan ikut memancarkan air. Air yang keluar dari curug ini juga sangat sejuk apabila Anda membasuh ke wajah dan bagian tubuh Anda lainnya.

Lokasi wisata Guci yang satu ini dikenal terpencil, keadaan ini membuat suasana curug menjadi lebih tenang dan masih alami. Udara yang sejuk sangat segar bila Anda dan keluarga hirup. Selain itu, pemandangan sekeliling juga mampu menghipnotis, karena berbagai pepohonan yang tumbuh rindang.

Pemandangan menuju wisata Guci yang satu ini juga patut diacungi jempol. Pasalnya Anda dan keluarga akan disambut dengan perkebunan penduduk, bukit−bukit yang indah, dan aliran air yang bersih. Bagi Anda yang mau berkunjung ke wisata Guci yang satu ini jangan lupa untuk mempersiapkan fisik dan menjaga kebersihan.

9. Curug Cantel

Curug Cantel (Jadwal Travel)

Masih ada lagi wisata Guci berupa air terjun yang sayang bila Anda dan keluarga lewatkan, namanya adalah Curug Cantel. Air terjun ini berada di Pedukuhan Kalipedes, Desa Sigedong, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Air terjun ini diketahui memiliki ketinggian sekitar 60 meter. Tidak heran apabila percikan air akan langsung membasahi wajah Anda dan keluarga apabila sampai ke wisata Guci yang satu ini. Tetapi justru karena tinggi dan debit air yang turun terbilang deras, Anda dan keluarga tidak disarankan untuk berenang di bawah wisata Guci yang satu ini.

Meski tidak bisa berenang, Anda tidak perlu khawatir akan merasa kecewa. Dijamin Anda dan keluarga akan terpana dengan kecantikan wisata Guci yang masih asri dan indah ini. Pasalnya, di tebing air terjun terdapat tumbuh−tumbuhan yang merambat dan pepohonan hijau tinggi menjulang, masih kokoh berdiri.

Disarankan Anda dan keluarga datang ke lokasi ini saat cuaca sedang cerah, alias bukan di musim hujan, sehingga bisa menikmati keindahan curug dengan sempurna. Anda juga tidak perlu khawatir dengan fasilitas umum, karena sudah tersedia.

10. Bukit Bintang

Bukit Bintang (gucioutboundadventure)

Tidak hanya di kawasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Puncak, Jawa Barat saja yang punya objek wisata Bukit Bintang. Wisata Guci juga ternyata memiliki Bukit Bintang atau bisa juga disebut dengan Bukit Sejuta Bintang.

Wisata Guci di malam hari ini terletak di Ladang, Hutan Guci, Bumijaya, Tegal, Jateng. Ternyata tidak hanya malam hari saja, wisata Tegal yang satu ini juga buka di pagi, siang, sore, dan malam hari bahkan 24 jam.

Seperti namanya Bukit Bintang, tentu di lokasi ini bisa melihat bintang di langit malam yang cerah, serta kerlipan dari rumah−rumah penduduk. Lantas apa yang membedakan Bukit Bitang di Guci ini dengan di kawasan lain? Ternyata terletak di suasananya.

Suasana di Bukit Bitang sebagai wisata Guci ini masih terbilang sunyi dan sepi. Maka dari itu, paling cocok datang ke lokasi ini bersama dengan keluarga dan teman-teman. Hal lain yang menjadi alasan datang ke Bukit Bintang ini, udara masih sejuk karena terbebas dari polusi udara dan polusi cahaya, sehingga bisa melihat bintang−bintang degan hati yang gembira.

Apabila melihat ke arah Utara, Anda bisa melihat wilayah Bumijawa hingga Kota Tegal. Di arah Timur, Anda juga bisa melihat daerah perkampungan penduduk di Desa Guci. Di sisi Selatan akan tampak kegagahan dari Gunung Slamet, serta dari bagian Barat akan terlihat deretan perbukitan.

Jadi, apakah Anda sudah menentukan destinasi wisata Guci yang akan dikunjungi bersama keluarga? Ke manapun tujuannya, jangan lupa Anda dan keluarga untuk tetap menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan ya.

Selain itu, Anda dan keluarga juga wajib menjaga keasrian alam dengan tidak melakukan tindakan vandalisme. Hindari juga melakukan tindakan mencabut dan merusak berbagai macam tanaman yang tumbuh di objek wisata alam.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : YC Kurniantoro