3
Netral English Netral Mandarin
19:36 wib
Menko Polhukam Mahfud MD membantah tudingan yang menyebut pemerintah melindungi jalannya Kongres Luar Biasa ( KLB) kubu kontra-Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan agar warga Jakarta untuk mewaspadai potensi hujan disertai kilat dan petir hari ini, Senin (8/3).
Catat! Ini 10 Hal yang Pantang Dilakukan saat Hari Raya Imlek 

Selasa, 02-Februari-2021 16:00

Ilustrasi
Foto : mandarinoriental
Ilustrasi
0

JAKARTA, NETRALNEWS. COM - Festival Musim Semi atau lebih dikenal Tahun baru Imlek adalah waktu perayaan yang dirayakan dengan sukacita. Pastinya untuk menyambut tahun baru dengan senyuman dan membiarkan keberuntungan dan kebahagiaan terus berlanjut. 

Kendati demikian, terdapat beberapa hal yang tabu untuk dilakukan dan akan berdampak pada keberuntungan Anda. Berikut, 10 hal paling tabu dilakukan saat Tahun Baru Imlek menurut chinchinesenewyear. 

1. Jangan mengucapkan kata-kata negatif

Semua kata dengan konotasi negatif adalah hal yang tabu atau dilarang! Ini termasuk: kematian, sakit, kosong, sakit, hantu, miskin, hancur, membunuh dan banyak lagi.

Alasan di balik ini harus jelas. Anda tidak ingin membawa kesialan atau membawa kemalangan itu kepada Anda dan orang yang Anda cintai.

2. Jangan memecahkan keramik atau kaca

Memutus banyak hal akan memutuskan hubungan Anda dengan kemakmuran dan kekayaan. Jika piring atau mangkuk terjatuh, segera bungkus dengan kertas merah sambil menggumamkan kalimat keberuntungan. Beberapa orang akan mengatakan 岁岁 平安 (suì suì píng ān). Ini meminta perdamaian dan keamanan setiap tahun.岁 (suì) juga merupakan homophone dari 碎, yang berarti "rusak" atau "hancur." Setelah Tahun Baru, buang pecahan yang terbungkus ke danau atau sungai.

3. Jangan bersihkan sampah atau jangan menyapu

Sebelum Festival Musim Semi, ada hari pembersihan. Itu untuk menyingkirkan kesialan. Namun saat perayaan sebenarnya, hal itu menjadi hal yang tabu. Membersihkan atau membuang sampah justru dapat menyapu keberuntungan.

Jika harus, pastikan untuk memulai dari tepi luar ruangan dan menyapu ke dalam. Kantongi sampah apa pun dan buang setelah hari ke-5. Demikian pula, Anda tidak boleh mandi pada Hari Tahun Baru Imlek.

4. Jangan gunakan gunting, pisau atau benda tajam lainnya

Ada dua alasan dibalik aturan ini. Gunting dan jarum tidak boleh digunakan. Di masa lalu, ini untuk memberi wanita istirahat yang memang pantas.

Benda tajam pada umumnya akan memotong arus kekayaan dan kesuksesan Anda. Inilah mengapa 99 persen salon rambut tutup selama liburan. Memotong rambut adalah tabu dan dilarang hingga semua perayaan selesai.

5. Jangan mengunjungi keluarga istri

Secara tradisional, beberapa generasi hidup bersama. Pengantin wanita pindah ke rumah pengantin pria setelah menikah. Dan, tentu saja, dia akan merayakan Tahun Baru Imlek bersama mertuanya.

Kembali ke orang tuanya pada Hari Tahun Baru berarti ada masalah pernikahan dan mungkin membawa nasib buruk bagi seluruh keluarga. Pasangan harus mengunjungi keluarga istri pada hari ke-2. Mereka akan membawa anak-anak mereka, serta hadiah sederhana (karena itulah yang terpenting).

6. Jangan menuntut pembayaran hutang

Kebiasaan ini menunjukkan pengertian. Itu memungkinkan setiap orang mendapat kesempatan untuk merayakannya tanpa ada rasa khawatir. Jika Anda mengetuk pintu seseorang, menuntut pembayaran kembali, Anda akan membawa nasib buruk bagi kedua belah pihak. 

Namun, ini menjadi adil setelah hari ke-5. Meminjam uang juga tabu. Anda bisa saja harus meminjam sepanjang tahun.

7. Hindari berkelahi dan menangis

Kecuali ada keadaan khusus, cobalah untuk tidak menangis. Tetapi jika seorang anak menangis, jangan menegur mereka. Semua masalah harus diselesaikan dengan damai. Di masa lalu, tetangga akan datang untuk bermain sebagai pembawa damai jika ada pertengkaran yang terjadi. Ini semua untuk memastikan jalan yang mulus di tahun baru.

8. Hindari minum obat

Cobalah untuk tidak minum obat selama Festival Musim Semi untuk menghindari sakit sepanjang tahun. Tentu saja, jika Anda sakit kronis atau terkena penyakit serius yang tiba-tiba, kesehatan segera harus tetap diutamakan.

Beberapa hal tabu yang juga terkait, yakni jangan mengunjungi dokter, dan jangan melakukan atau menjalani operasi 

9. Jangan memberikan berkah Tahun Baru kepada seseorang yang masih di tempat tidur

Anda seharusnya memberi berkah Tahun Baru (拜年 / bài nián). Tetapi biarkan penerima bangun dari tempat tidur dulu. Jika tidak, mereka akan terbaring di tempat tidur sepanjang tahun. Anda juga tidak boleh menyuruh seseorang untuk bangun. Anda tidak ingin mereka diburu-buru dan diperintah selama setahun. Manfaatkan ini dan tidurlah!

10. Tabu memberi hadiah sesuatu

Sudah disebutkan di atas bahwa sebaiknya Anda membawa hadiah saat melakukan kunjungan. Itu pikiran yang penting, tetapi beberapa hadiah dilarang.

Jam adalah hadiah terburuk. Jam pemberian hadiah (送 钟 / sòng zhōng) adalah homofon untuk memberikan penghormatan terakhir (送终). Pir pemisah (分 梨 / fèn lí) juga merupakan homofon pemisahan (分离).

Beberapa daerah juga memiliki pantangan lokalnya sendiri. Misalnya, dalam bahasa Mandarin, “apel” (苹果) diucapkan píng guǒ. Tapi dalam bahasa Shanghai, itu bing gu, yang terdengar seperti "meninggal karena sakit".

Untuk Tahun Baru Imlek atau Festival Musim Semi, aturan ini mungkin terlihat berlebihan. Apalagi bila menambahkan norma budaya, adat istiadat dan tata krama. Tapi seperti yang orang tua katakan, itu semua untuk kebaikanmu sendiri. Dibentuk selama ribuan tahun, tabu ini mewujudkan keyakinan, keinginan, dan kekhawatiran orang China.

Reporter : Tommy
Editor : Tommy Satria