Netral English Netral Mandarin
banner paskah
13:14wib
Pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro. Kebijakan ini diperpanjang selama 14 hari, terhitung sejak 20 April. Komite Eksekutif UEFA meresmikan format baru untuk kompetisi Liga Champions yang akan mulai digunakan pada musim 2024/2025.
10 Jenis Sate Nusantara yang Menggugah Selera, Unik dan Super Nikmat!

Jumat, 05-Maret-2021 16:30

Sate Lilit khas Bali.
Foto : orami.co.id
Sate Lilit khas Bali.
33

JAKARTA, NETRALNEWS.COM − Siapa yang tidak tahu sate? Makanan nusantara ini amat terkenal baik di tengah masyarakat Indonesia, bahkan sampai ke dunia internasional.

Tidak heran, apabila wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia, salah satu kuliner yang dicari adalah sate. Tapi ternyata sate itu ada banyak jenisnya, bahan utamanya juga beragam dan bumbu serta saus pelengkapnya juga berbeda−beda.

Berikut ini, 10 jenis sate nusantara yang menggugah selera, unik, dan super nikmat. Berbagai sate ini bisa menjadi rekomendasi untuk makan siang atau makan malam Anda bersama keluarga dan kerabat:

1.    Sate Ayam

Jenis sate yang paling dasar adalah sate ayam. Tentu jenis sate yang satu ini amat mudah Anda dapatkan dan harganya juga terjangkau, selain itu rasanya luar biasa nikmat, menggugah selera makan.

Sate ayam biasanya dikenal sebagai menu makanan Khas Madura. Pada jenis sate ini, potongan daging ayam ditusuk pada tusukan bambu, lalu dibakar dengan kecap. Tidak hanya bagian daging, biasanya juga ada sedikit potongan kulit diantara daging yang menambah sensasi kenyal dan gurih.

Tusukan daging dan kulit lantas dibakar di atas arang, sambil di kipas hingga matang. Sate ini kemudian disajikan dengan bumbu kacang yang gurih, perasan jeruk limau yang wangi dan segar, serta sentuhan taburan bawang goreng.

Anda bisa menyantap sate yang satu ini dengan karbohidrat nasi ataupun lontong. Bagi Anda yang suka pedas, bisa juga menambahkan sambal ataupun irisan bawang merah serta cabai rawit. Hmmm, lezat.

2.    Sate Kambing

Jenis sate lainnya adalah sate kambing. Sama seperti sate ayam, potongan daging kambing akan ditusuk pada tusukan bambu yang ukurannya agak besar. Jadi, tidak perlu khawatir tusukan bambu akan patah atau terbakar arang.

Sate kambing yang sudah matang biasanya disajikan dengan bumbu kecap. Selain itu, ada pendamping lain seperti potongan tomat, bawang merah, serta cabai rawit untuk menambah sensasi pedas dan menambah selera makan.

Makan sate kambing paling cocok disandingkan dengan nasi putih hangat, bagi Anda yang suka dengan lontong juga tidak masalah. Anda akan merasakan sensasi makan daging dengan aroma bakaran serta aroma daging kambing yang khas.

Apabila pintar mengolah, daging kambing yang disantap tidak akan terlalu berbau prengus. Anda yang memiliki darah tinggi juga perlu berhati−hati dan disarankan jangan terlalu banyak mengkonsumsi daging yang satu ini.

3.    Sate Maranggi

Sate lain yang bisa Anda coba adalah sate maranggi. Sate ini berbahan dasar dari daging sapi dan lemak sapi dengan dominan rasa gurih dan manis.

Sama seperti sate kambing, daging sapi yang telah dipotong−potong akan ditusuk pada sebilah bambu yang ukurannya agak besar dari sate biasanya. Istimewanya, daging sapi ini akan dibumbui dengan berbagai bumbu dapur hingga dagingnya empuk, wangi, dan nikmat.

Biasanya sate maranggi terbagi atas tiga jenis. Ada sate yang tusukannya berisi daging, ada sate yang tusukkannya berisi lemak, dan ada sate yang isinya campuran terdiri dari daging dan lemak.

Sensasi yang unik, makan sate maranggi biasanya disandingkan dengan ketan bakar dan sambal oncom. Bagi Anda yang ingin memakan dengan nasi putih juga cocok. Dijamin nagih!

4.    Sate Lilit

Sate nusantara lainnya yang unik dan tidak kalah nikmat adalah sate lilit. Sate yang satu ini biasanya berbahan dasar dari daging ikan dan amat terkenal di Pulau Dewata, Bali.

Sate yang satu ini sangat berbeda dengan sate ayam, kambing dan maranggi dalam cara pengolahannya. Pertama daging ikan akan dihaluskan dan dicampur dengan berbagai bumbu tradisional dan khas.

Adonan daging ikan yang telah dibumbui lantas ditempelkan pada ujung batang serai. Tetapi jangan kaget, ada juga penjual atau tempat makan yang menyajikan sate lilit pada potongan bambu yang pipih.

Setelah itu, sate akan panggang hingga mengeluarkan aroma yang wangi, sungguh menggugah selera. Biasanya sate yang satu ini tidak disajikan sendirian, melainkan menjadi pelengkap sajian makanan Nasi Bali.

5.    Sate Klatak

Ada lagi sajian sate nusantara yang unik, namanya adalah sate klatak. Sate ini pada dasarnya berbahan dari daging kambing. Tetapi istimewanya, ukurannya jumbo dan ditusuk pada jeruji besi.

Cara pembuatannya, potongan daging kambing yang besar−besar, ditusukkan pada jeruji besi yang panjang. Daging lantas dibakar di atas arang hingga matang dan empuk, hmmm mencium aromanya saja sudah buat lapar.

Makan sate yang satu ini cocok disandingkan dengan nasi putih hangat, dengan taburan bawang goreng. Anda juga akan disuguhkan dengan kuah kuning yang kaya akan rempah dan wangi. Perpaduan daging kambing pada sate yang empuk akan berduet indah dengan kuah yang hangat dan menyegarkan.

6.    Sate Taichan

Bagi Anda yang tidak suka dengan kecap dan bumbu kacang, sepertinya sate yang satu ini wajib untuk dicoba. Nama jenis satenya adalah sate taichan. Unik ya namanya?

Bahan dasar sate yang satu ini biasanya adalah daging ayam. Potongan daging ayam akan ditusuk pada tusukan bambu dan dibakar hingga matang tanpa menggunakan kecap. Jangan heran, apabila hasil dari sate taichan warnanya putih dan kecokelatan dari hasil panggangan.

Sate yang telah matang lantas disajikan pada piring dengan pendamping sambal encer berwarna merah. Biasanya Anda juga akan disuguhkan dengan potongan jeruk nipis untuk menambah kesegaran dan totole, semacam penyedap rasa untuk cocolan.

Menikmati sate yang satu ini bisa dengan nasi putih ataupun lontong, serta taburan bawang goreng. Owh ya, Anda perlu berhati−hati pasalnya sambal pada sate taichan biasanya terkenal amat pedas.

7.    Sate Buntel

Sate buntel, dari namanya saja kita sudah bisa menduga bahwa sate ini cara membuatnya dengan dibuntel. Bahan dasar dari sate ini biasanya adalah daging kambing muda, bumbu dan kecap.

Jadi daging yang sudah dicincang dan diberi bumbu akan dibuntel pada batang kayu atau bambu yang ukurannya agak besar. Uniknya, cincangan daging kemudian akan dibungkus dengan lemak daging kambing yang tipis lalu dibakar hingga matang.

Ukurannya yang besar, dijamin akan membuat Anda puas dan kenyang. Anda akan menikmati sensasi daging kambing yang empuk dan gurih, akan berpadu dengan manis kecap yang meresap ke pori lemak kambing.

Tidak digado begitu saja, makan sate buntel akan membuat Anda mencari nasi putih hangat. Selain itu, Anda akan disuguhkan dengan irisan sayur kol dan tomat. Apabila suka pedas, Anda bisa menambahkan sambal atau potongan cabai rawit.

8.    Sate Padang

Sate nusantara lainnya yang khas adalah sate padang. Yup, dari namanya kita bisa tahu bahwa sate yang satu ini berasal dari daerah Padang.

Sate padang biasanya berbahan dasar dari lidah atau daging sapi yang sudah diungkep dengan bumbu kuning. Sebelum disajikan, sate akan dibakar di atas bara api dan diberikan minyak sayur untuk menambah aroma.

Karena sudah matang, sate ini tidak perlu dibakar terlalu lama. Selanjutnya akan dicelup pada bumbu rempah yang kental dan hangat.

Makan sate yang satu ini akan disajikan dengan potongan dari ketupat. Jadi tidak hanya sate, potongan ketupat juga akan diguyur dengan bumbu khas yang gurih, ditambah dengan taburan bawang goreng yang wangi. Coba juga makan dengan kerupuk kulit atau keripik singkong pedas manis, khas Padang.

9.    Sate Susu

Sate yang satu ini terbilang paling unik dan jarang ditemukan, namanya adalah sate susu. Sate susu berbahan dasar dari susu atau payudara sapi.

Susu sapi yang sudah diungkep dan dibumbui, kemudian akan ditusuk pada kayu dan dibakar. Lemak dari susu sapi akan meluruh, membuat sate susu terkenal dengan tekstur yang empuk dan kenyal.

Makan sate susu, bisa disandingkan dengan lontong atau nasi. Selain itu, jangan lupa juga memakannya dengan bumbu kacang yang gurih dan manis.

10. Sate Kere

Tidak kalah unik, sate yang satu ini juga merupakan sate nusantara yang memiliki ciri khas. Bahan dasar utamanya adalah lemak sapi. Jadi karena alasan itulah, sate ini diberi nama sate kere karena bahannya lemak dan harganya murah.

Meski murah, tapi rasa sate yang satu ini tidak murahan. Potongan lemak sapi akan ditusukkan pada tusukan bambu, lantas dipanggang dan diberikan bumbu rempah. Lemak yang terpanggang akan menetes dan memberi sensasi gurih dan nikmat.

Sate kere yang matang lantas disajikan di atas daun pisang, kemudian dituang dengan bumbu kacang yang gurih manis. Bagi Anda yang suka pedas juga bisa menambahkan sambal dan siap menikmati sensasi sate yang kenyal, empuk dan gurih.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan HP