3
Netral English Netral Mandarin
05:12 wib
Polisi masih melakukan pemeriksaan terhadap selebgram Millen Cyrus usai terjaring razia di tempat hiburan malam pada Sabtu (27/2) di Jakarta Selatan dalam kondisi positif narkoba. Pemerintah resmi mengeluarkan daftar mobil yang mendapatkan keringanan PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) 0% mulai Senin (1/3) mendatang. Terdapat 21 mobil pajaknya digratiskan.
10 Wisata Gresik Nuansa Alam, dari Murah sampai Gratis

Senin, 01-Februari-2021 23:05

Bukit Kapur Sekapuk
Foto : Instagram @Cheezna10
Bukit Kapur Sekapuk
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM − Sudah pernahkah Anda menjelajah wisata Gresik yang bernuansa alam? Jika belum, tidak ada salahnya menjadikan wisata Gresik sebagai salah satu tujuan liburan dan jalan−jalan bersama keluarga atau kerabat.

Gresik sendiri merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Letaknya berdekatan dengan Surabaya, ibu kota Provinsi Jawa Timur dan memiliki banyak destinasi wisata bernuansa alam.

Penasaran apa saja wisata Gresik bernuansa alam yang menarik dan seru? Berikut 10 wisata Gresik yang bisa dijadikan rekomendasi liburan Anda:

1. Sendang Pancuran Gosari

Sendang Pancuran Gosari (Instagram Explore Gresik)

Wisata Gresik pertama yang bisa Anda kunjungi adalah Sendang Pancuran Gosari. Tempat wisata yang satu ini lokasinya terletak di Gosari, Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Wisata Gresik ini buka setiap hari mulai pukul delapan pagi sampai dengan pukul lima sore.

Wisata Gresik yang satu ini memiliki beragam spot foto yang unik, sehingga tidak heran apabila banyak wisatawan yang datang ke Sendang Pancuran Gosari untuk berburu latar belakang untuk berfoto. Keunikan lainnya, wisata Gresik yang satu ini memiliki kondisi alam yang masih alami, sehingga tidak heran apabila masih banyak ditumbuhi pepohonan hijau nan rindang.

Berbagai spot foto yang menarik di antaranya adalah rumah hobbit, rumah kerucut, rumah kincir angin, dan lainnya. Ada juga spot foto berupa sarang burung raksasa, sayap burung, gardu pandang dan lainnya. Selain itu ada juga ada sebuah pancuran yang konon airnya berkhasiat untuk mengobati penyakit.

Tiket masuk wisata Gresik yang satu ini juga cukup mencengangkan, bukan karena harganya, melainkan tidak dipungut biaya tiket masuk alias gratis. Anda hanya perlu membayar fasilitas parkir kendaraan bermotor yang digunakan.

2. Pulau Gili Noko

Pulau Gili Noko (Jejak Piknik)

Apabila di Nusa Tenggara Barat (NTB) ada deretan gili yang terkenal seperti Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air, di Jawa Timur juga tidak mau kalah. Wisata Gresik memiliki Pulau Gili Noko, lokasinya ada di Bawean, Sungairujing, Sangkapura, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Bagaikan surga tersembunyi, wisata Gresik ini merupakan sebuah pulau kecil di tengah laut dengan hamparan pasir putih yang indah. Hamparan pasir putih membentang sekitar 600 meter, dengan lebar 25 meter yang letaknya bersebelahan dengan Pulau Gili Timur.

Selain hamparan pasir putih, wisata Gresik yang satu ini juga menyajikan panorama wisata bahari bawah air. Bahakan, para wisatawan yang datang ke wisata Gresik ini juga bisa melihat habitat laut dengan mata telanjang.

Bila ingin menikmati surga bawah laut di lokasi wisata ini, Anda bisa melakukan snorkeling dengan membayar biaya sebesar Rp75 ribu, dengan rincian Rp50 ribu untuk sewa naik perahu dan Rp25 ribu untuk sewa peralatan snorkeling.

3. Pantai Delegan

Pantai Delengan (Blog Area Wisata Asia)

Ada lagi nih wisata Gresik lainnya yang masih bernuansa alam dan air, namanya adalah Pantai Delegan. Lokasi wisata Gresik ini ada di Rejodadi, Delegan, Campurejo, Panceng, Gresik, Jawa Timur. Anda bisa datang ke wisata Gresik yang satu ini pada pukul tujuh pagi hingga pukul lima sore.

Layaknya pantai Utara, wisata Gresik ini memiliki ombak yang relatif tenang dan awalnya dikenal sebagai tempat bermain anak karena pasir putihnya. Anda bisa datang dan menikmati pesona wisata Gresik yang satu ini dengan membayar tiket masuk reguler sebesar Rp10 ribu.

Sesampainya di wisata Gresik ini, Anda akan disambut sebuah bangunan gapura dan bisa melihat hamparan pasir putih dengan ombak tenang meski airnya tidak terlalu jernih. Bila lapar, Anda bisa mencoba wisata kuliner dengan menu istimewa berupa ikan asap yang dijual penduduk setempat, dilengkapi dengan es kelapa muda. Hmm, terbayang nikmatnya bukan?

Anda juga tidak perlu cemas membawa anak liburan di wisata Gresik ini karena memang ramah bagi anak-anak. Selain karena pasirnya yang putih, bersih, dan lembut, Anda juga bisa menikmati air dari bibir pantai, hingga mencoba berbagai wahana air yang tersedia.

4. Banyu Biru Lowayu

Banyu Biru Lowayu (Travelingyuk)

Belum puas bermain air? Tenang, masih ada lagi wisata Gresik yang berunsur air lainnya, yakni Banyu Biru Lowayu. Wisata Gresik ini berlokasi di Jalan Banyu Biru Kaliagung, Bangeran, Dukun, Kabupaten Gresik, Jawa Timur yang buka setiap hari.

Wisata Gresik yang satu ini digadang-gadang sebagai wisata hits dan andalan lho, jadi Anda wajib memasukkan Banyu Biru Lowayu dalam daftar perjalanan liburan apabila ke Jawa Timur. Konon, keberadaan wisata Gresik ini sudah ada sejak dulu, bahkan sebelum masa penjajahan Belanda.

Di dalam wisata Gresik ini, Anda bisa melihat sebuah ikon utama, yakni berupa kolam dengan air jernih kebiruan yang sepintas mirip air laut. Diketahui warna ini berasal dari kandungan belerang dalam kolam. Bahkan, banyak yang percaya bahwa air tersebut memiliki kemampuan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

Ada juga legenda di balik wisata Gresik yang satu ini, bahwa air biru muncul karena ada seorang puteri yang pernah tenggelam saat mencuci selendang birunya. Hmm, apakah Anda percaya? Hal yang pasti, Anda bisa berfoto-foto dan mengabadikan momentum cantik di wisata Gresik ini.

5. Banyu Urip Mangrove Center

Banyu Urip Mangrove Center (Disparbud Gresik)

Anda juga bisa mencoba sensasi menikmati wisata Gresik lainnya dengan mengunjungi Mangrove Ujungpangkah. Lokasi wisata yang satu ini terletak di Banyulegi, Banyuurip, Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Anda bisa berkunjung ke wisata Gresik ini setiap hari dari pukul 7.00 pagi hingga 17.30 WIB.

Wisata Gresik yang satu ini menawarkan pesona alam pesisir pantai dengan hutan mangrove dan ekosistem muara sungai yang eksotik dan memesona. Ada juga area pembibitan berbagai jenis tanaman mangrove yang membuat wisata Gresik yang satu ini bernilai edukasi.

Ada juga burung bangau yang menjadikan wisata Gresik ini sebagai habitat, tempat tinggal, sekaligus menambah daya tarik wisatawan. Belum lagi Anda juga bisa melihat perahu yang menepi dan melakukan transaksi jual beli hasil laut.

Tentu Anda bisa mengabadikan berbagai momentum tersebut dengan mengambil foto berlatar belakang hutan mangrove, burung bangau, dan perahu yang berjajar. Anda juga tidak perlu khawatir membayar mahal, karena memasuki kawasan ini biayanya sangat terjangkau.

6. Bukit Jamur

Bukit Jamur (Daka Tour)

Tidak kalah cantik panorama wisata Gresik yang satu ini, namanya adalah Bukit Jamur. Walau kedengarannya tidak menarik, tetapi Anda jangan langsung meremehkan begitu saja, karena Bukit Jamur memiliki pesona alam Indonesia yang eksotik dan menawan bila dipotret.

Bagi Anda yang tertarik dengan wisata Gresik yang satu ini bisa datang ke area sawah/kebun di Bungah, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Menyenangkannya, wisata Gresik ini buka setiap hari dari pukul enam pagi sampai dengan pukul lima sore.

Dari penampakannya, wisata Gresik yang satu ini ternyata terbentuk secara alami dari batuan yang terkena pengikisan. Alhasil, wisata Gresik ini memiliki bentuk yang menyerupai tumbuhan jamur, tetapi dengan konstruksi yang kokoh. Puncak paling tertinggi dari wisata Gresik satu ini mencapai 7 meter, cocok untuk lokasi Anda berfoto.

Untuk dapat memasuki wisata Gresik ini, Anda akan dikenakan tiket untuk biaya parkir kendaraan saja. Menurut informasi terakhir, kendaraan motor cukup membayar Rp3.000 saja, sedangkan kendaraan mobil membayar Rp10 ribu. Jadi tunggu apa lagi? Segera nikmati wisata Gresik dengan pesona alam yang unik ini.

7. Pantai Mombhul

Pantai Mombhul (Disparbud Gresik)

Ternyata wisata Gresik di pantai masih ada lagi! Kali ini adalah Pantai Mombhul. Unik ya namanya? Pantai ini berlokasi di Jalan Raya Bawean, Tambak, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Jadi bagi Anda yang gemar dengan suara deburan ombak, angin sepoi-sepoi, dan aroma laut, serta pemandangan indah, wajib datang ke lokasi ini.

Wisata Gresik yang satu ini mampu menyihir para pengunjung yang datang dengan pesonanya. Tidak heran apabila wisata Gresik ini menjadi spot yang bagus untuk berfoto dan mempercantik akun media sosial Anda.

Tidak perlu khawatir aktivitas yang monoton, di wisata Gresik ini sudah dilengkapi dengan berbagai wahan wisata yang menarik. Mulai dari waterboom kolam asin, penangkaran penyu, dan beraneka macam spot foto yang unik. Berbagai fasilitas ini tentu membuat para pengunjungnya betah berlama-lama.

Anda juga jangan takut dengan keadaan pantai yang gersang, karena di sekeliling pantai masih berdiri pepohonan rimbun nan hijau. Keadaan alam di sekitar ini tentu membuat udara yang Anda hirup semakin sejuk dan bisa dijadikan sebagai lokasi untuk sekadar berteduh dan piknik di bawah pohonnya.

8. Danau Kastoba

Danau Kastoba (Dictio Community)

Coba juga mampir di wisata Gresik lain yang menarik seperti Danau Kastoba. Danau ini berada di Pulau Bawean, Sangkapura, Paromaan, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Wisata Gresik ini konon memiliki cerita mistis yang tentu membuat penasaran para pengunjungnya.

Menuju wisata Gresik yang satu ini, Anda perlu menyusuri perjalanan yang cukup jauh. Tetapi Anda tidak perlu khawatir akan merasa bosan, pasalnya sepanjang jalan Anda akan disuguhkan pemandangan sawah, bukit, hutan, pantai, hingga pemukiman penduduk. Jalannya juga telah diaspal mulus dan masih terbilang sepi.

Wisata Gresik ini berada di ketinggian 400 meter di atas permukaan laut. Selain itu ada ratusan anak tangga yang harus dilalui dengan semak belukar di kanan dan kiri jalan. Rasa lelah Anda juga akan terbayarkan tatkala melihat pemandangan yang indah dan hawa yang sejuk, karena wisata Gresik ini dikelilingi oleh pepohonan raksasa yang usianya telah ratusan tahun.

Air dari wisata Gresik yang satu ini juga terbilang bersih, sehingga bisa melakukan aktivitas berenang. Selain itu, sebagian orang juga percaya bahwa mandi di danau ini bisa membuat awet muda. Mau membuktikannya? Eits, harus tetap hati-hati ya.

9. Bukit Kapur Suci

Bukit Kapur Suci (Blog Indira Raras Putri)

Bukit Kapur Suci jadi wisata Gresik lainnya yang menarik dan wajib Anda kunjungi. Lokasinya ada di Jalan Ponganganrejo Nomor 34, Suci, Manyar, Kecamatan Gresik, Jawa Timur yang buka setiap hari selama 24 jam.

Wisata Gresik yang satu ini merupakan bekas penambangan batu kapur yang menyisakan dinding-dinding putih di sekelilingnya. Penambangan yang tidak tertata rapih itu justru memberikan kesan kecantikan panorama yang alami dan sangat bagus untuk didokumentasikan.

Sebagai lokasi wisata untuk berfoto, Anda disarankan untuk datang saat hari dalam keadaan yang cerah. Di lokasi ini, Anda juga tidak boleh takut panas dan hitam, karena memang sinar matahari akan langsung menyorot ke kulit Anda, sehingga menambah kesan eksotis apabila bergaya dan difoto.

Apabila merasa lapar dan haus, gerah terkena terik matahari, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya ada penduduk sekitar yang membuka tempat untuk Anda bisa mampir makan atau sekadar minum melepas dahaga setelah puas menikmati pesona alam Gresik yang memang terkenal sebagai lokasi tambang.

10. Bukit Sekapuk

Bukit Kapur Sekapuk (Instagram Cheezna10)

Tidak hanya Bukit Kapur Suci, masih ada bukit lainnya sebagai wisata Gresik, salah satunya adalah Bukit Sekapuk. Wisata Gresik ini ada di sebuah desa kecil yang namanya Desa Kapuk, di Kecamatan Ujung Pangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Apabila datang ke lokasi wisata Gresik yang satu ini, Anda jangan terkaget-kaget ya dengan pesona alam yang terukir alami dan tampak indah. Wisata Gresik ini juga dijamin instagramable, cocok bagi Anda yang hobi fotografi dan yang hobi difoto.

Wisata Gresik yang satu ini bahkan disebut-sebut memiliki bangunan yang mirip seperti di peradaban Yunani Kuno. Ini bisa terbentuk karena pada tahun 1950-an bukit mulai digali, digergaji, dan dipahat. Siapa sangka, karena berbagai aktivitas tersebut malah membuat arsitektur alam yang eksotis dan menawan.

Selain itu ada juga patung-patung besar yang berbentuk unik. Salah satunya patung manusia bertubuh gempal dan menggunakan pakaian pekerja kerajaan. Ada pula patung manusia yang sedang mengangkat tangan dan menunjukkan dua jari, berpose “peace”. Selain itu ada cekungan yang menyerupai danau kecil dengan air berwarna hijau tertampung.

Demikian 10 wisata Gresik yang bisa menjadi rekomendasi untuk tujuan wisata saat berlibur. Anda bisa membawa sanak keluarga dan kerabat untuk menjelajahi alam dan menikmati pesona keindahan Jawa Timur.

Kelebihan wisata Gresik juga tidak membuat kantong Anda jebol, karena berbagai wisata menawarkan tiket masuk yang sangat murah, bahkan ada yang gratis. Meski demikian, Anda diharap untuk selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak melakukan tindakan vandalisme.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : YC Kurniantoro