3
Netral English Netral Mandarin
23:08 wib
Kementerian Lingkungan Hidup mengungkap ada peningkatan titik panas yang berpotensi menyebabkan kebakaran hutan di beberapa provinsi. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan kegiatan sekolah tatap muka bisa dilakukan pada semester kedua tahun ini, atau tepatnya pada Juli 2021 mendatang.
13 Wisata Jogja Terbaru, Murah Meriah dan Anti-Mainstream

Selasa, 02-Februari-2021 23:00

Jurang Tembelan
Foto : Data Wisata
Jurang Tembelan
2

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Jogja istimewa, istimewa negerinya, istimewa orangnya, istimewa untuk Indonesia. Demikian sepenggal lirik lagu berjudul Jogja Istimewa dari Jogja Hip Hop Foundation. Tapi nampaknya perlu ditambah satu lagi nih, istimewa wisatanya. Lantas apa ya kira-kira yang istimewa dari wisata Jogja?

Sebelum itu, kenalan dulu yuk dengan Kota Yogyakarta. Kota Yogyakarta adalah ibu kota dan pusat pemerintahan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kota ini merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia dan kota terbesar keempat di wilayah Pulau Jawa bagian Selatan menurut jumlah penduduknya.

Tidak hanya itu, kota yang sering disebut “Jogja” ini juga pernah menjadi ibu kota dari Republik Indonesia pada 1946 lho. Selain itu, Jogja juga memiliki banyak sekali julukan, mulai dari Kota Pelajar, Kota Budaya, Kota Seni, Kota Gudeg, bahkan Kota Wisata.

Lantas wisata Jogja apa saja yang istimewa? Wisata Jogja apa yang paling baru, murah meriah, dan yang terpenting anti-mainstream? Ini 13 daftarnya. Siapa tahu cocok dan bisa dijadikan rekomendasi liburan Anda:

1. Ekowisata Taman Sungai Mudal

Ekowisata Taman Sungai Mudal (KSMTour)

Wisata Jogja yang istimewa, murah meriah, dan anti-mainstream yang pertama adalah Ekowisata Taman Sungai Mudal. Lokasinya ada di Banyuganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tidak usah bingung, Anda bisa langsung mengakses internet atau aplikasi penunjuk perjalanan melalui gawai Anda. Dijamin, Anda tidak akan tersasar, apalagi bila bertanya dengan masyarakat Jogja yang ramah dan akan menunjukkan arah.

Mudal sendiri merupakan sebuah mata air yang memancar dari kedalaman goa di kawasan Girimulyo, Kulon Progo. Wisata Jogja yang satu ini dinamakan Mudal karena sumber air yang selalu memancarkan air sepanjang tahunnya. Bahkan, air yang dihasilkan dapat memenuhi kebutuhan air bersih penduduk di sekitarnya.

Wisata Jogja yang satu ini buka setiap hari dari pukul delapan pagi hingga pukul tiga sore. Tiket masuk wisata Jogja ini juga terbilang sangat murah, hanya Rp6.000 per orang. Sedangkan tarif untuk parkir motor adalah Rp2.000 dan parkir mobil Rp5.000 saja. Murah bukan?

Ekowisata Taman Sungai Mudal ini seolah wisata Jogja yang sempurna bagi Anda pecinta wisata air, petualangan, hingga memperlajari tentang ilmu alam. Sekitar 95 meter dari lokasi ini juga terdapat air terjun, spot menarik lainnya adalah jeram-jeram dan lubuk yang ada setelah Air Terjun Mudal.

2. The World Landmark Merapi Park

The World Landmark Merapi Park (Visiting Jogja)

Wisata Jogja yang istimewa, murah meriah, dan anti-mainstream selanjutnya adalah The World Landmarks-Merapi Park. Lokasinya ada di Jalan Kaliurang KM22,5, Banteng, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Apabila mau datang ke wisata Jogja yang satu ini, Anda perlu memperhatikan jam operasionalnya. Catat ya, pada Senin dan Selasa buka pukul 9.00 dan tutup pada pukul 17.00 WIB, sedangkan pada Rabu wisata Jogja ini tutup. Buka kembali pada Kamis di jam yang sama yakni 9.00-17.00 WIB dan kembali tutup pada Jumat. Di akhir pekan, yakni Sabtu dan Minggu, wisata Jogja ini buka lebih awal yakni pukul 8.30-17.00 WIB dengan membayar tiket masuk sekitar Rp15 ribu.

Berkunjung ke wisata Jogja yang satu ini membuat Anda bisa merasakan sensasi bagai keliling dunia. Bagaimana tidak, di wisata Jogja ini ada berbagai miniatur dari ikon dunia. Sebut saja Menara Eiffel, Menara Pisa, Patung Liberty, Telepon Umum London, Big Ben, Kotak Pos London, dan masih banyak lagi.

Menariknya lagi, berbagai landmark dunia itu berdiri dengan dikelilingi oleh taman bunga yang berwarna-warni. Tidak heran, apabila di wisata Jogja ini cocok bagi Anda yang gemar berfoto dan suka travelling. Yuk, ajak teman dan keluarga!

3. Goa Jomblang

Goa Jomblang (Eksotis Jogja)

Bagi yang suka dengan tantangan, Anda bisa membuktikannya ke Goa Jomblang. Wisata Jogja yang satu ini terletak di Jetis, Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata Jogja ini buka setiap hari dari pukul 9.00 sampai dengan pukul 14.00 WIB.

Wisata Jogja ini berupa goa yang memiliki keadaan masih sangat alami dan indah. Memasuki wisata Jogja yang satu ini juga Anda tidak boleh sembarangan, melainkan akan ditemani oleh pemandu dan direkomendasikan untuk datang dengan rombongan. Anda dan rombongan lantas akan diberikan alat pengaman dan ditantang untuk membuktikan keindahan goa dengan uji adrenalin.

Anda akan dibawa untuk menuruni bibir goa dengan seutas tali yang dipasangkan pada pengait tubuh. Selanjutnya, Anda akan turun berpasangan, yakni per dua orang, ke kedalaman sekitar 62 meter dan melalui turunan yang cukup curam. Selanjutnya dimulai penyusuran mulut goa dengan berjalan menyusuri goa sedalam sekitar 300 meter.

4. Tebing Breksi

Tebing Breksi (bukit seo)

Wisata Jogja lain yang bisa Anda kunjungi adalah Tebing Breksi. Lokasi wisata Jogja ini ada di Jalan Desa Lengkong RT 02/RW 17, Gunung Sari, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Anda bisa datang ke wisata Jogja yang satu ini setiap hari mulai pukul 6.00 WIB sampai dengan pukul 20.00 WIB, kecuali Senin karena tutup.

Wisata Jogja ini merupakan salah satu lokasi cagar budaya yang dulunya merupakan lokasi tambang batu breksi sebagai sumber pendapatan warga sekitar. Tapi siapa sangka bila lokasi tambang ini lantas bertransformasi menjadi wisata Jogja yang banyak disukai oleh wisatawan, khususnya mereka yang suka dengan petualangan alam.

Apabila ingin berkunjung ke wisata Jogja yang satu ini, Anda bisa menggunakan rute mengikuti Candi Prambanan terlebih dahulu sebagai rute termudah. Setelahnya, Anda bisa mengambil jalur menuju ke Piyungan dan dari pasar menuju ke Tebing Breksi ini hanya tinggal 3 km saja.

Lantas berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk menikmati pesona alam dan keindahan panorama wisata Jogja yang satu ini? Jawabannya adalah gratis! Sampai saat ini belum ada ketetapan dalam retribusi tiket memasuki kawasan wisata Jogja ini.

5. Gunung Api Purba

Gunung Api Purba (grid.id)

Wisata Jogja yang satu ini cocok bagi Anda yang gemar dan kangen mendaki. Tidak akan kecewa, wisata Jogja ini mempunyai keunikan dan sejarah. Bayangkan saja, wisata Jogja yang satu ini sudah ada sejak 60-70 juta tahun yang lalu sehingga disebut purba.

Wisata Jogja ini termasuk sebagai gunung api, namun tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah tidak aktif lagi. Jadi Anda dan kerabat bisa mendaki gunung ini dengan tenang dan tanpa rasa khawatir.

Memiliki ketinggian 700 meter di atas permukaan laut (mdpl), Anda tentu bisa membayangkan keindahan pemandangan dari puncak. Tidak hanya melihat pemandangan, Anda juga bisa menikmati berbagai fasilitas di wisata Jogja ini, seperti camping ground, tempat beribadah, dan home stay. Ada juga fasilitas MCK, balai pertemuan, pusat kuliner, pusat informasi, dan posko kesehatan.

Tiket yang dikenakan untuk wisata Jogja ini beragam. Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp20 ribu untuk malam hari dan Rp15 ribu untuk siang hari. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara berbeda lagi, yakni Rp30 ribu untuk siang dan malam hari. Jadi sudah siap mendaki dan berkemah?

6. Candi Ijo

Candi Ijo (travelingyuk)

Wisata Jogja yang bisa Anda kunjungi adalah candi. Tapi kali ini bukan Candi Prambanan dan bukanlah Candi Borobudur, melainkan Candi Ijo. Lokasinya ada di Jalan Candi Ijo, Nglengkong, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata ini buka setiap hari pada pukul 9.00 hingga pukul 15.00 WIB, kecuali di Senin, wisata Jogja ini tutup.

Bagi Anda pecinta dan pemburu sunset, Anda wajib datang ke wisata Jogja yang satu ini. Mau membuktikannya? Eits, tidak hanya itu saja, istimewanya wisata Jogja ini terbilang sebagai candi tertinggi karena memang lokasinya ada di atas bukit. Kira-kira, tingginya mencapai 357,402 hingga 395,481 mdpl.

Wisata Jogja ini merupakan candi yang bercorak Hindu, yang dibuktikan dengan ragam relief di bagian dinding candi. Candi ini juga konon sudah dibangun sekitar abad ke-10, hingga ke-11 saat pemerintahan Kerajaan Medang.

Bagi yang ingin membuktikan keindahan wisata Jogja satu ini, Anda tinggal membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 saja. Murah meriah, Anda sudah bisa menikmati pesona candi dengan teras yang berundak, di mana bagian terbawahnya ada di sisi sebelah Barat dan bagian tertinggi ada di sisi sebelah Timur, mengikuti kontur bukit.

7. Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo (daka tour)

Ada lagi nih, wisata Jogja yang istimewa, murah meriah, dan anti-mainstream namanya adalah Kebun Teh Nglinggo. Lokasinya ada di Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Anda bisa datang ke wisata Jogja yang satu ini setiap hari dan sudah buka dari pukul 7.00 hingga 18.00 WIB.

Datang ke wisata Jogja yang satu ini, Anda bisa melakukan aktivitas trekking melewati lereng-lereng berundak yang tertutup permadani hijau. Di wisata Jogja ini juga Anda bisa menikmati panorama delapan puncak gunung tinggi di Kebun Teh Nglinggo, sebagai satu-satunya perkebunan teh di Perbukitan Menoreh.

Kebuh Teh Nglinggo ini adalah satu-satunya kebun teh di Yogyakarta lho. Sebenarnya kebuh teh ini merupakan mata pencarian warga sekitar Pagerharjo. Warga kemudian memiliki ide untuk menjadikan kebuh teh tersebut sebagai tempat wisata dan kini banyak wisatawan yang berbondong-bondong datang untuk menikmati udara segar dengan pemandangan hamparan kebun teh.

Apabila tertarik datang ke wisata Jogja yang satu ini, Anda bisa membayar tiket sekitar Rp5.000 saja. Anda bisa menikmati suasana dan panorama indah, udara sejuk, pemandangan hijau yang segar, dan mencuci mata Anda.

8. Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan (daka tour)

Wisata Jogja lainnya yang bisa Anda jajal adalah Hutan Pinus Mangunan. Lokasinya ada di Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata Jogja ini buka setiap hari, kecuali Rabu, pada pukul 9.00 hingga 17.00 WIB.

Sesuai dengan namanya, wisata Jogja ini memang sangat eksotis, cocok bagi Anda yang mencari destinasi wisata bernuansa hutan. Di wisata Jogja yang satu ini tentu banyak pepohonan tinggi yang menjulang, dikenal dengan Pinus Merkusi.

Selain itu, di wisata Jogja ini juga ada sebuah panggung yang dikelilingi oleh kursi yang terbuat dari kayu, layaknya panggung teater. Tidak ada salahnya Anda menjadikan wisata Jogja yang satu ini sebagai objek berfofto ataupun hanya sekadar duduk santai dan menikmati keasrian suasananya.

Ternyata, wisata yang satu ini tidak memberlakukan biaya untuk tiket masuk alias gratis. Jadi bagi Anda yang mau datang dengan kamera profesional diperbolehkan dan tidak dikenakan biaya. Namun, bila mau syuting tentu Anda harus meminta izin terlebih dahulu.

9. Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedug (garasi jogja)

Coba juga wisata Jogja bernuansa alam yang satu ini, namanya Air Terjun Kedung Pedut. Lokasinya ada di Jalan Kutogiri Gunung Kelir, Kembang, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata Jogja ini buka setiap hari dari pukul 8.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB.

Wisata Jogja yang satu ini berupa air terjun yang letaknya cukup tersembunyi. Warna airnya cukup unik, ada bagian air yang berwarna biru toska dan ada juga bagian air yang berwarna putih jernih. Unik bukan?

Secara keseluruhan terdapat lima kedung/mata air di lokasi wisata Jogja ini, yakni Kedung Anyes, Kedung Lanang, Kedung Wedok, Kedung Merak, dan Kedung Merang. Kelima kedung tersebut memiliki kedalaman yang tidak sama yakni antara 2-5 meter. Anda juga boleh kok mandi di dalam kolamnya.

Lantas, berapa tiket masuk wisata Jogja yang satu ini? Sangat murah, yakni hanya sekitar Rp3.000 saja, ditambah ongkos parkir motor Rp2.000 atau ongkos pakir mobil Rp5.000. Meski murah, wisata Jogja ini juga memiliki fasilitas umum yang cukup lengkap lho, ada jembatan dari bambu, musala, toilet, kamar mandi, hingga warung makan.

10. Jurang Tembelan

Jurang Tembelan (data wisata)

Ada pula wisata Jogja lain yang anti-mainstream, namanya Jurang Tembelan. Lokasi wisata Jogja yang satu ini ada di Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang buka setiap hari selama 24 jam.

Wisata Jogja ini merupakan spot wisata yang terbilang sangat hits di media sosial dan kalangan anak muda. Wisata Jogja yang satu ini memiliki gardu pandang yang unik seperti kapal, tidak heran banyak wisatawan yang menyebutnya dengan Kapal Titanic di atas awan.

Untuk saat ini, harga tiket masuk Jurang Tembelan tidak ada penarikan retribusi, alias gratis. Tetapi untuk parkir kendaraan, Anda dikenakan biaya Rp2.000. Sangat murah bukan? Meski murah, tetapi fasilitas umum di lokasi wisata Jogja ini sudah mulai dibangun, seperti parkir, WC umum, hingga tempat menyediakan makan dan minum.

Di lokasi wisata Jogja ini, Anda bisa berfoto dengan puas bersama dengan keluarga atau kerabat. Anda bisa berburu suasana matahari terbit atau matahari terbenam, tentu panoramanya semakin memesona. Jadi, apakah Anda akan datang memburu matahari terbit? Atau Anda akan datang di sore hari untuk memburu matahari terbenam?

11. Tebing Watu Mabur

Tebing Watu Mabur (paket wisata jogja)

Wisata Jogja lain yang bisa Anda jelajahi adalah Tebing Watu Mabur. Lokasinya ada di Dusun Lemahang, Mangunan, Dlingo, Bantul. Wisata Jogja ini berada di sekitar Kebun Buah Mangunan, Anda tinggal jalan ke arah Timur melewati Jurang Tembelan. Posisi persisnya ada di sebelah Timur dari Jurang Tembelan.

Wisata Jogja ini disebut sebagai Tebing Watu Mabur lantaran saat berada di atasnya seolah-olah membuat Anda berada di atas bukit yang seakan terbang. Pasalnya, dalam Bahasa Jawa, "watu mabur" artinya adalah "batu terbang".

Tebing Watu Mabur memiliki panorama alam pegunungan yang cantik memikat. Suasana wisata Jogja ini juga sangat asri, tidak heran apabila Anda akan betah berlama-lama ada di Tebing Watu Mabur ini.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa melihat aliran Sungai Oya yang memercantik panorama wisata Jogja satu ini. Bisakah Anda bayangkan, Sungai Oya dipadu dengan pegunungan yang hijau, panorama istimewa dan memikat hati para wisatawan yang berkunjung. Tentu pemandangannya akan lebih cantik, karena Anda melihat dari atas ketinggian bukan?

12. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo (raskita)

Wisata Jogja lainnya yang menarik adalah Gumuk Pasir Parangkusumo. Lokasinya ada di Jalan Pantai Parangkusumo RT 01, Grogol 10, Kretek, Pranagtritis, Pantai Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata ini juga buka setiap hari dari pukul 7.00 sampai dengan pukul 18.00 WIB dan tidak dipungut biaya alias gratis.

Di wisata Jogja ini, Anda bisa melakukan aktivitas seru, seperti melakukan sandboarding. Jadi Anda bisa berseluncur dengan bebas menggunakan papan di atas lembutnya pasir. Tentu akan jadi pengalaman yang unik dan baru. Tidak perlu bingung dengan berbagai peralatan yang harus digunakan, pasalnya ada penyewaan papan seharga Rp70 ribu, lengkap dengan disediakan helem dan pelindung siku.

Selain itu, Anda juga bisa berfoto di berbagai spot yang instagramable seperti gundukan gumuk, hamparan pasir luas, pepohonan kaktus, dan ayunan yang seolah-olah berada di tengah padang pasir. Menariknya lagi, ada juga spot foto berupa tanaman bunga yang berbentuk hati, sayang untuk dilewatkan.

Tidak sampai di situ saja, Anda juga bisa berjalan menuju ke beberapa lokasi pantai di sekitar wisata Jogja ini. Beberapa pantai di antaranya adalah Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo atau Pantai Cemara Sewu.

13. Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung (wisata info)

Belum puas dengan lokasi-lokasi wisata di atas? Jangan khawatir, masih ada wisata Jogja lain, namanya adalah Bukit Panguk Kediwung. Lokasinya ada di Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata ini buka setiap hari selama 24 jam.

Anda bisa berburu momentum matahari terbit dan matahari terbenam di lokasi ini. Ketika matahari muncul atau sedang berpamitan, siapkan kamera atau handphone Anda untuk mengabadikan momentum indah yang tiada duanya itu.

Dari atas bukit, Anda juga bisa melihat pemandangan yang sangat indah, hamparan bukit yang hijau, serta kabut tipis yang kerap menyapa. Suasana ini cocok bila dilewati sambil menyantap camilan atau menyeruput kopi dan teh hangat.

Walau sedang asyik berfoto dan menikmati pemandangan, Anda jangan lupa ya untuk tetap menjaga diri. Pasalnya, spot wisata Jogja ini cukup tinggi dan bahaya apabila Anda teledor dan lupa diri.

Demikian 13 wisata Jogja yang bisa menjadi rekomendasi untuk tujuan wisata Anda. Anda bisa membawa sanak keluarga dan kerabat untuk menjelajahi alam dan menikmati pesona keindahan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kelebihan wisata Jogja juga tidak membuat kantong Anda jebol, karena berbagai lokasi wisata menawarkan tiket masuk yang sangat murah, bahkan ada yang gratis. Meski demikian, Anda diharap untuk selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak melakukan tindakan vandalisme.

Jadi, apakah Anda sudah menentukan wisata Jogja mana yang akan Anda kunjungi bersama keluarga? Semoga rekomendasi berbagai wisata Jogja di atas bisa menjadi salah satu inspirasi menyusun daftar perjalanan Anda ya. Selamat berkeliling Jogja!

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : YC Kurniantoro