Netral English Netral Mandarin
14:20wib
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 optimistis target capaian program vaksinasi virus corona di Indonesia akan rampung sesuai target awal pemerintah yakni pada Desember 2021. Kasus COVID-19 meningkat drastis selama seminggu terakhir. Rumah sakit hingga Wisma Atlet melaporkan bed occupancy rate yang terus meningkat.
2.200 Calon Planet Layak Huni Ditemukan, DS: Bisa Minta Satu Buat Naro Kadrun2, Biar di Sana Saling Mengkafirkan dan...

Selasa, 06-April-2021 09:10

Kolase Denny Siregar dan ilustrasi planet baru
Foto : Istimewa
Kolase Denny Siregar dan ilustrasi planet baru
20

JAKARTA, NETRALNEWS.COM -  Berita penemuan ribuan calon planet baru layak huni bagi manusia oleh NASA ditanggapi kocak oleh Denny Siregar.

Ia menyebut bahwa satu planet bisa untuk menampung “kadrun-kadrun" agar di sana bisa bebas saling mengkafirkan dan saling membom.'

“Bisa minta satu, pak @NASA? Buat naro kadrun2. Biar disana mereka saling mengkafirkan dan saling bom..,” kata Denny Siregar, Selasa (6/4/21).

Sebelumnya diberitakan, Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) milik NASA dengan mudah mencapai tujuannya. Badan antariksa nasional AS tersebut mengungkapkan pesawat luar angkasa mereka itu telah menemukan lebih dari 2.200 planet potensial sejak memulai misinya di 2018.

Ratusan di antaranya merupakan planet yang lebih kecil, dan beberapa di antaranya termasuk planet berbatu yang lebih mirip Bumi, meski belum tentu layak huni.

Dikutip dari Engadget seperti dikutip detik.com, temuan ini melebihi perkiraan. Awalnya, TESS diberi tugas untuk menemukan 1.600 planet dalam dua tahun pertamanya. Beberapa penemuannya ada yang tidak biasa.

Salah satunya adalah planet berbatu TOI-700 d yang berjarak 100 tahun cahaya, lalu ada LHS 3844 b yang dijuluki Bumi super panas dengan orbit 11 jam yang sangat dekat.

Selain itu, ada pula TOI 1690 b yang merupakan korban langka dari bintang raksasa merah yang menelan planet di orbitnya, dan 7TOI 849 b yang tampaknya adalah raksasa gas yang kehilangan atmosfernya atau mungkin tidak pernah memiliki atmosfer.

Sejauh ini hanya 120 planet yang telah dikonfirmasi, dan NASA bertaruh perangkat masa depan seperti James Webb Space Telescope akan mempelajari calon planet secara lebih rinci. Meski begitu, volume planet yang besar telah menunjukkan banyak hal tentang keragamannya dan apa artinya bagi kosmos secara luas.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto