3
Netral English Netral Mandarin
23:50 wib
Kementerian Lingkungan Hidup mengungkap ada peningkatan titik panas yang berpotensi menyebabkan kebakaran hutan di beberapa provinsi. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan kegiatan sekolah tatap muka bisa dilakukan pada semester kedua tahun ini, atau tepatnya pada Juli 2021 mendatang.
5 Destinasi Wisata Bawen Terbaru dan Paling Populer

Senin, 08-Februari-2021 23:35

Umbul Sidomukti
Foto : Mytrip 123
Umbul Sidomukti
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Apakah Anda pernah mendengar kata “bawen”? Bagi Anda yang tidak familiar, mungkin kata yang satu ini amat asing di telinga. Tapi siapa sangka, Bawen ternyata merupakan suatu kawasan yang memiliki segudang destinasi wisata dan sungguh sayang bila dilewatkan begitu saja. Ya, wisata Bawen, ada apa saja ya?

Sebelum membahas wisata Bawen, sebagai informasi, Bawen adalah sebuah kota kecamatan di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Bawen berbatasan dengan Kecamatan Bergas di sebelah Utara, Kecamatan Pringapus di sebelah Timur, Kecamatan Tuntang dan Ambarawa di sebelah Selatan, dan Kecamatan Bandungan di sebelah Barat.

Bawen termasuk daerah kawasan industri dan di kecamatan ini terdapat persimpangan jalan negara menuju Solo dan Yogyakarta. Di daerah ini terdapat terminal besar yang merupakan tempat singgah bus dari atau menuju Surakarta, Yogyakarta, Semarang, dan Purwokerto, sehingga terminal ini sangat ramai.

Di dekat Terminal Bawen terdapat pintu keluar tol Semarang-Solo yang membuat kota ini semakin ramai. Untuk perkebunan, terdapat banyak perkebunan yang melahirkan agrowisata, di antaranya Banaran.

Nah, berikut ini lima destinasi wisata Bawen yang bisa menjadi rekomendasi perjalanan Anda ketika sedang jalan-jalan ke Jawa Tengah. Jangan lupa juga ajak sanak keluarga untuk menikmati berbagai wisata unik dan menarik, murah, dan sanyang apabila tidak dinikmati bersama orang tersayang.

1. Dusun Semilir

Dusun Semilir (facebook)

Perjalanan Anda bisa diawali dengan berkunjung ke wisata Bawen yang bernama Dusun Semilir. Wisata Bawen ini berada di Jalan Soekarno-Hatta Nomor 49, Ngemple, Bawen, Ngemplak, Semarang, Jawa Tengah. Anda bisa datang ke lokasi wisata ini setiap hari, dari pukul 8.00 hingga pukul 15.00 WIB.

Harga tiket masuk ke wisata Bawen yang satu ini adalah Rp20 ribu untuk Senin hingga Jumat, Rp25 ribu untuk Sabtu dan Minggu, serta membayar biaya parkir kendaraan. Rp4.000 untuk parkir kendaraan motor, Rp10 ribu untuk parkir kendaraan mobil, dan Rp20 ribu untuk parkir kendaraan bus.

Meski harga tiket masuknya murah, tapi wisata Bawen yang satu ini tentu tidak murahan ya. Anda bisa menikmati wisata Bawen ini sambil kulineran makanan enak dan hunting foto dengan budget yang terjangkau. Fasilitas yang ditawarkan juga lengkap, jadi pengunjung dijamin nyaman bila berlibur ke wisata Bawen ini.

Di beberapa wisata Bawen ini terdapat Jembatan Senggol dan Sepoi-sepoi yang bisa dilewati dengan sistem pembayaran cashless dan menggunakan sebuah kartu. Anda sebelumnya harus melakukan top up kartu minimal Rp50 ribu dan sisa uang yang tidak digunakan bisa di-refund.

Selain itu Anda mampir juga ke Alas Tirta di wisata Bawen yang satu ini. Anda bisa menikmati senja dengan pemandangan yang indah. Bagaimana tidak, wisata Bawen yang satu ini ternyata sebuah eco park yang memadukan antara konsep art dan modern.

Penggabungan konsep tersebut ternyata terdiri dari beberapa kombinasi, yakni menggabungkan wisata alam, pedesaan, kuliner Nusantara, dan juga edukasi. Tidak heran, konsep unik dan komplit inilah yang menjadi salah satu magnet dari wisata Bawen satu ini.

2. Eling Bening

Eling Bening (jejak piknik)

Wisata Bawen lainnya yang bisa Anda kunjungi adalah Eling Bening yang ada di Jalan Sarjono, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah. Wisata Bawen ini buka setiap hari dari pagi hingga sore dan memberlakukan tiket masuk sebesar Rp20 ribu untuk hari biasa serta Rp25 ribu untuk akhir pekan dan libur nasional.  

Wisata Bawen ini menawarkan sensasi wisata dan restoran dengan pemandangan alam yang luar biasa dari ketinggian 700 meter di atas permukaan laut (mdpl). Anda akan dibuat terpesona karena wisata Bawen ini menawarkan pemandangan yang amat indah. Ada pemandangan gunung, danau, sawah, hingga Kota Ambarawa.

Wisata Bawen yang satu ini menggabungkan aktivitas rekreasi dengan beragam fasilitas yang lengkap. Anda juga perlu tahu bahwa wisata Bawen ini ternyata lokasinya tidak jauh dari Danau Rawa Pening yang dikelilingi deretan pegunungan dan area persawahan.

Berbagai aktivitas bisa Anda lakukan di wisata Bawen yang satu ini. Apalagi kalau bukan menikmati dan mendokumentasikan deretan Pegunungan Merbabu, tetapi juga danau dan persawahan sambil menikmati berbagai menu makanan lezat yang ditawarkan restoran. Eits, jangan khawatir, harganya juga masih terjangkau dan tidak terlalu mahal kok.

Puas menikmati pemandangan yang indah dan makanan yang lezat, Anda juga bisa menikmati infinity pool yang memiliki latar belakang pegunungan. Anda bisa dengan puas berenang di air yag sangat jernih dan segar. Tidak heran, fasilitas inilah yang menjadi salah satu primadona wisata Bawen yang satu ini.

Belum puas juga? Jangan khawatir, Anda bisa melakukan aktivitas outbound yang memacu adrenalin yang bisa dinikmati juga oleh anak. Anda juga bisa melakukan aktivitas bersepeda melalui lintasan yang telah disediakan. Bahkan malamnya, Anda juga bisa berkemah. Wah seru banget!

3. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti (mytrip 123)

Kawasan yang masih masuk wisata Bawen lainnya adalah Umbul Sidomukti. Lokasi wisata ini adalah tempat yang nyaman dengan suguhan kolam renang alami yang berasal dari mata air pegunungan. Bagaimana tidak, wisata Bawen ini terletak di bawah kaki Gunung Ungaran dengan ketinggian kurang lebih sekitar 1.200 mdpl. Hmmm, segar!

Apabila Anda datang ke wisata Bawen yang satu ini, ada berbagai macam keunikan yang bisa Anda nikmati. Tapi perlu dicatat, fasilitas yang wajib Anda gunakan adalah kolam renang. Di wisata Bawen ini terdapat tiga kolam renang dengan bentuk yang unik, air jernih, dan pemandangan yang indah.

Untuk kolam renang dewasa, tersedia dengan kedalaman kurang lebih 1,5 meter. Sementara untuk kolam anak-anak kedalamannya 30 cm. Uniknya, di pinggir kolam wisata Bawen ini ada bebatuan alam yang disusun cantik dan tertata amat rapih. Keadaan itu tentu akan membuat Anda serasa sedang benar-benar berenang di alam bebas. Seru bukan?

Berenang juga bukan sembarang berenang. Anda bisa berenang sambil menikmati keindahan Gunung Ungaran, ditambah dengan pemandangan pepohonan hijau yang asri dan alami, tentu menambah kesejukan dan sensasi berenang yang berbeda. Jangan kaget, apabila wisawa Bawen yang satu ini merupakan kolam renang tertinggi di Indonesia, bahkan di Asia.

Memasuki kawasan wisata Bawen yang satu ini, Anda perlu membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 untuk weekday dan Rp10 ribu untuk weekend. Terjangkau bukan? Tidak hanya itu saja, masih ada juga fasilitas lain, seperti flying fox, berkuda, dan masih banyak lagi.

4. Kampoeng Rawa

Kampoeng Rawa (blogger)

Ada lagi destinasi yang berada di kawasan yang masih masuk wisata Bawen, namanya adalah Kampoeng Rawa. Tiket masuknya murah meriah, yakni di bawah Rp5.000 dan buka setiap hari dari pagi hingga pukul 19.00 WIB.

Konsep wisata Bawen yang satu ini terbilang cukup unik, yakni memadukan antara objek wisata yang dibuat oleh penduduk setempat dan keindahan alam yang diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Tidak heran apabila wisata Bawen ini amat memesona, sebagai kampung apung yang berdiri di atas Rawa Pening.

Anda akan melihat hamparan luas dari Rawa Pening dengan udara yang amat sejuk dan terasa damai. Banyak pengunjung juga mendokumentasikan dan mengabadikan saat berwisata ke Kampoeng Rawa yang populer ini. Apalagi wisata Bawen ini diapit oleh lima gunung sekaligus, yakni Gunung Merbabu, Gunung Gajah Mungkur, Gunung Merapi, Gunung Telomoyo, serta dataran tinggi bernama Unggaran. Bisa dibayangkan tidak keindahannya?

Di wisata Bawen yang satu ini, ada banyak sekali ikan, sehingga tidak heran apabila penduduk sekitar memang bermatapencarian sebagai nelayan. Bahkan penduduk sekitar memanfaatkan air jernih yang ada untuk membudidayakan ikannya. Apabila beruntung, Anda juga bisa melihat-lihat budidaya ikan di wisata Bawen yang terkenal ini.

Fasilitas yang tersedia di wisata Bawen yang satu ini juga terbilang amat lengkap. Ada rumah makan apung yang tentu mengapung di atas air, sensasi harus menaiki kapal sebelum masuk ke rumah apung, berbagai permainan menarik bagi anak, berbagai fasilitas outbound yang seru, cocok dinikmati bersama keluarga besar.

5. Taman Miniatur Dunia

Wisata Bawen lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Taman Miniatur Dunia. Lokasi wisata Bawen ini tepatnya ada di Jalan Soekarno Hatta Km30, Begojuh, Jatijajar, Bergas, Semarang, Merakrejo, Harjosari, Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Waduh, alamatnya cukup panjang juga ya. Tapi tidak usah khawatir, Anda bisa menggunakan aplikasi penunjuk arah, dijamin tidak akan tersasar.

Wisata Bawen ini buka setiap hari dari pukul 8.00 pagi hingga pukul 17.00 WIB, dengan membayar tiket masuk sebesar Rp20 ribu per orang. Jam operasional harian yang panjang membuat Anda tentu fleksibel untuk mengatur rencana perjalanan apabila sedang menjelajah wisata Bawen yang satu ini. Anda dijamin tidak kecewa, pasalnya wisata Bawen ini mengusung tema taman miniatur atau landmark dunia.

Spot wisata Bawen ini bisa dibilang sebagai sebuah spot terbaru yang dibuat oleh objek wisata Cimory on the Valley. Beberapa landmark dunia yang ada seperti Hollywood Sign, Stonegenge, Menara Eiffel, Patung Liberty, dan masih banyak lagi. Tentu Anda yang hobi bergaya atau Anda yang hobi fotografi, akan betah menyusuri wisata Bawen ini.

Disarankan, Anda untuk datang ke wisata Bawen yang satu ini pada saat hari cerah. Siapkan juga pakaian Anda yang menarik dan keren untuk siap bergaya dipotret. Anda juga jangan lupa membawa kamera kesayangan, tetapi memotret dengan smartphone juga sudah cukup dan tidak kalah bagus hasilnya.

Bagikan juga berbagai macam foto hasil keliling wisata Bawen ini ke media sosial. Anda bagaikan sedang keliling dunia dalam sehari dan berfoto di berbagai ikon negara yang menarik dan terkenal. Tentu keliling wisata Bawen ini akan menjadi salah satu pengalaman liburan yang tidak akan terlupakan dan akan selalu dikenang.

Tapi Anda jangan senang sendirian ya, ajak juga keluarga Anda atau kerabat untuk keliling wisata Bawen yang unik dan menarik ini. Hitung-hitung cuci mata dan mencari pemandangan berbeda dan tidak monoton setiap harinya.

Jadi, wisata Bawen yang mana yang akan Anda kunjungi? Apabila sudah menentukan destinasi tujuannya, jangan lupa untuk menjaga kondisi fisik tetap fit. Selain itu tetap menjaga kebersihan di manapun berada dan tidak melakukan tindakan vandalisme. Selamat keliling wisata Bawen!

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : YC Kurniantoro