Netral English Netral Mandarin
18:28wib
Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melarang kegiatan buka puasa bersama saat ramadan seiring dengan pandemi Covid-19. Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan melarang total operasi semua moda transportasi darat, laut, udara, kereta pada 6 Mei-17 Meri 2021.
5 Ide Makanan Berkuah yang Cocok untuk Santap Siang, Anda Pilih yang Mana?

Senin, 01-Maret-2021 11:00

Bakso bisa jadi pilihan menu makan siang Anda.
Foto : Pedagang
Bakso bisa jadi pilihan menu makan siang Anda.
20

JAKARTA, NETRALNEWS.COM − Sebentar lagi akan memasuki waktu jam makan siang. Sepertinya makanan berkuah cocok untuk menjadi menu pilihan mengisi perut yang sudah keroncongan setelah sejak pagi bekerja.

Tapi kira−kira, menu makanan berkuah apa ya yang enak untuk disantap siang hari ini? Anda tidak perlu bingung, berikut lima ide makanan berkuah yang bisa menjadi rekomendasi makan siang Anda:

1.    Soto

Siapa yang tidak tahu Soto? Ya, salah satu makanan khas Indonesia yang satu ini memang banyak sekali ragamnya. Mulai dari yang kuah bening, kuah kuning, hingga kuah bersantan dan bersusu bisa Anda pilih. Perpaduan kuah gurih ini tentu akan membuat Anda menghabiskan banyak nasi, apalagi disantap ketika keadaan kuah masih hangat.

Anda bisa menyantap Soto berkuah dengan beragam isi atau topping, seperti daging ayam. Ditambah ceker, balungan atau tulang dengan pendamping berbagai sate jeroan ayam seperti jantung, usus dan ati ampela. Hmmm, nikmat.

Tidak hanya ayam saja, Soto dengan daging sapi juga tidak kalah nikmatnya. Irisan daging yang tipis dan lembut, belum lagi jeroan sapi yang aduhai menggoda. Misalnya saja, ada potongan kikil, babat, usus, hingga paru. Wah, hati−hati kolestrol ya!

Soto memang cocok disandingkan dengan sepiring nasi putih hangat, ditambah dengan taburan bawang goreng. Jangan lupa tambah juga sambal untuk sensasi pedas dan kerupuk hingga emping yang kriuk−kriuk.

2.    Sop Buntut dan Sop Iga

Bagi Anda yang mencari makanan berkuah yang segar, tidak ada salahnya untuk menjatuhkan pilihan pada makanan bernama Sop Buntut atau Sop Iga. Makanan ini tentu sangat cocok bagi Anda pecinta daging dan sensasi makan bersama tulang belulang.

Bayangkan saja, kedua sop itu akan disajikan pada kuah bening beraroma rempah yang panas. Di dalam kuah, ada sedikit potongan sayur seperti wortel dan kentang rebus yang empuk, menambah serat dan vitamin yang baik bagi kesehatan.

Primadonanya tentu potongan buntut dan iga yang berukuran besar dan memenuhi mangkok. Sensasi yang nikmat adalah menggeorogoti daging di sela tulang yang empuk dan tebal. Tanpa harus mengeluarkan tenaga ekstra, Anda bisa mengigit daging yang lumer di mulut.

Jangan lupa pesan juga nasi putih hangat dengan taburan bawang goreng. Bagi Anda yang gemar pedas, tidak ada salahnya menambahkan beberapa sendok sambal. Di tempat makan tertentu, sop ini juga bisa disandingkan dengan potongan cabai rawit dan juga daun bawang yang wangi.  Awas, bisa−bisa keringat Anda bercucuran saat menikmati sop yang satu ini.

3.    Tongseng

Bagi Anda yang ingin makanan berkuah dan rasa aroma rempah yang kuat, Anda bisa menjatuhkan pilihan menu makan siang pada Tongseng. Dijamin, membayangkannya saja sudah membuat Anda menelan ludah. Mau Tongseng Ayam, Tongseng Sapi, bahkan Tongseng Kambing, semuanya nikmat, tergantung selera Anda.

Uniknya, makanan yang satu ini biasanya disajikan dengan melalui proses memasak di atas arang. Aroma bakaran dan asap tentu akan menyatu dengan osengan potongan daging yang sudah Anda pilih. Bercampur dengan berbagai bumbu dan rempah, aromanya pasti akan menguggah selera makan Anda.

Tidak hanya daging, biasanya di dalam Tongseng akan ditambahkan potongan Sayur Kol. Meski dimasak, rasa potongan Kol akan tetap kriuk. Belum lagi ada potongan dari Tomat Hijau yang sedikit asam, menambah kesegaran Tongseng dan membuat Anda menjadi tidak enek.

Makan menu yang satu ini, memang paling cocok disandingkan dengan nasi putih. Nasi habis, dijamin lauk dan kuah Tongseng masih tersisa. Tidak ada salahnya Anda sedikit menambah nasi dan merendam krupuk di dalam kuah sebelum disantap.

4.    Bakso

Bosan makan karbohidrat nasi? Tidak perlu bingung. Anda bisa menjatuhkan pilihan makan siang berupa Bakso. Anda bisa mengganti karbohidrat nasi putih dengan mie kuning, bihun atau soun yang teksturnya lebih licin dan lembut.

Varian Bakso kini juga sudah beragam, ada bakso yang isinya daging cincang, ada yang isinya keju, telur, bahkan ada juga Bakso di dalam Bakso yang biasanya disebut Bakso beranak. Nah, Anda mau pilih Bakso yang mana?

Jangan lupa, minta juga tambahan potongan Syur Caisim dan sejumput Tauge segar. Sayuran ini akan membuat Bakso di mangkuk Anda menjadi lebih berwarna dan sehat. Belum lagi sayur segar akan menambah sensasi sedikit manis dan kriuk, buat Anda ingin menyuap lagi dan lagi.

Bagi Anda yang gemar dengan lemak, tidak ada salahnya meminta menambah tetelan yang lembut. Bila beruntung, Anda juga bisa meminta potongan tulang belulang Sapi, yang biasanya ada isi dari sum−sum dan daging yang masih menempel untuk digerogoti.

Jangan lupa tambahkan juga kecap manis, saus, hingga sambal sesuai dengan selera. Bagi Anda yang suka kesegaran, bisa menambah sedikit cuka atau bahkan perasan dari jeruk nipis. Hmmm, segar dan nikmat, awali dengan menyeruput kuahnya.

Meski tidak makan nasi, dijamin perut Anda akan kenyang. Apalagi makan Bakso ditambah dengan kerupuk pangsit dan minum Es Jeruk atau Es Kelapa, buat Anda akan semangat jalani aktivitas lagi.

5.    Sayur Asem

Mau makan yang segar dan sehat?  Anda bisa menjatuhkan pilihan makanan berkuah khas Sunda yang namanya Sayur Asem. Meski namanya Sayur Asem, bukan berarti sayur ini sudah basi atau rasanya masam ya. Sayur ini bernama Sayur Asem karena memang ada bahan Asam Jawa yang dimasukkan dalam olahan kuahnya.

Sayur Asem biasanya terdiri dari berbagai jenis sayur yang ada di dalamnya, jadi dijamin sehat dan kaya serat. Berbagai sayur yang ada di dalam Sayur Asem biasanya adalah potongan Labu Siam, Kacang Panjang, Jagung Manis, Kacang Tanah, Pepaya Muda, dan daun hingga Buah Melinjo Merah.

Berbagai sayur itu biasanya dimasak hingga empuk di dalam kuah yang berwarna merah kecokelatan. Warna merah kecokelatan ini mengandung berbagai bumbu masak yang beragam, salah satunya adalah Asam Jawa yang memberi sensasi sedikit asam dan segar.

Apabila makan Sayur Asem, jangan lupa sandingkan dengan lauk pauk lainnya untuk kebutuhan protein Anda. Misalnya saja Tahu dan Tempe Goreng, Ikan dan Ayam Goreng, Bakwan Jagung atau sedikit Ikan Asin.

Jangan lupa tambahkan juga sedikit sambal terasi dan bila suka Anda bisa juga menambah sayuran lalapan untuk dicocol. Ambil juga nasi putih panas dan kerupuk putih. Awas, makan siang Anda bisa jadi kalap.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani