Netral English Netral Mandarin
11:21wib
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan informasi tentang peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia untuk Minggu 1 Agustus 2021. Seluruh gerai Giant di Indonesia resmi tidak lagi beroperasi di Indonesia mulai hari ini, Minggu (1/8/2021).
5 Kuliner Asli Solo Favorit Presiden Jokowi, Wajib Dicoba!

Senin, 21-Juni-2021 14:20

Soto salah satu makanan favorit Presidem Jokowi.
Foto : Solopos,
Soto salah satu makanan favorit Presidem Jokowi.
9

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kabar bahagia datang dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), pasalnya pada 21 Juni 2021, dia genap berusia 60 tahun. Jokowi sendiri lahir di Surakarta, 21 Juni 1961 yang lalu. 

Lahir dan besar di Solo, Jokowi tentu memiliki beragam kuliner asli yang menjadi favoritnya. Tak heran apabila sedang ke Solo, Presiden Jokowi kerap menyantap berbagai makanan yang sudah menjadi langganannya. 

Berikut ini lima kuliner asli Solo yang jadi favorit Presiden Jokowi. Apabila datang ke Solo, mungkin kuliner ini bisa menjadi rekomendasi bagi wisata kuliner Anda:

Baca Juga :

1. Soto  

Soto merupakan salah satu makanan favorit dari Presiden Jokowi. Salah satu yang favorit ada di kawasan Pasar Triwindu. 

Baca Juga :

Seperti diketahui, soto memiliki banyak ragam kuah dan isian. Tetapi soto yang satu ini diakui memiliki keistimewaan yang terletak pada kuahnya. 

Isiannya sendiri ada nasi, tauge atau kerap disebut tokolan, seledri, dan potongan daging. Tidak lupa ditaburi bawang goreng yang wangi dan renyah. 

Baca Juga :

Makan soto yang satu ini juga disertai dengan berbagai lauk lain seperti empal, paru, otak, lidah, tempe, tahu, hingga lento. Sedangkan favorit Presiden Jokowi adalah lauk tempe daun yang garing, lidah, serta paru.

Uniknya lagi, santap soto yang satu ini menggunakan sendok bebek besi. Tentu akan menjadi sensasi yang berbeda dalam menikmati soto. 

2. Ayam Goreng 

Ada pula sebuah rumah makan ayam goreng langganannya yang memiliki keistimewaan daging fresh, tanpa masuk mesin pendingin. 

Uniknya, ayam dimasak dengan santan selama 1,5 jam hingga empuk dan digoreng. Ada bagian kepala, ati ampela atau disebut rempelo ati, bagian dada dan paha. 

Santan hasil rebusan ayam bahkan masih diolah dengan dikeringkan menjadi kental. Lalu santan tersebut ditambah sebagai bumbu pada sambal cocolannya.

3. Olahan kambing

Presiden Jokowi juga ternyata gemar makan berbagai olahan daging kambing, seperti sate, sate buntel, tongseng tengkleng, tongseng daging, serta gulai. 

Melalui tayangan Youtube Jokowi, tampak sate kegemarannya memiliki potongan daging yang cukup besar. Di bakar di atas bara arang yang membara hingga kecokelatan. Sama pula dengan sate buntel yang ukurannya besar-besar. 

Tongsengnya sendiri terdiri dari potongan daging kambing dan ada bagian yang berlemak. Diberi potongan kol besar-besar yang turut digodok di dalam gerabah besar yang bertungku. Tak kalah menariknya tengkleng, dimana daging kambing berada di sela-sela tulang-tulang. 

4. Timlo

Apakah anda tahu makanan bernama timlo? Timlo ternyata merupakan kuliner sejenis sup ayam yang dimodifikasi. 

Lauk utamanya terdiri dari telor bebek kecap, sosis tepung terigu, ati dan ampela ayam. Semua bahan itu dipotong-potong, lalu dimasukkan ke dalam mangkuk dan dituang dengan kuah bening. 

Adapun isian favorit Presideb Jokowi adalah telor dan sosis tepung terigunya yang unik. Sangking favoritnya, Presiden Jokowi bahkan memiliki langganan pedagang timlo yang kerap dipanggil ke rumahnya apabila sedang ada acara.

5. Gudeg

Tidak hanya di Jogja, ternyata gudeg juga jadi makanan familiar dan favorit di Solo. Uniknya gudeg bisa disajikan dengan karbohidrat beragam seperti bubur, ketan dan lontong. 

Presiden Jokowi bahkan memiliki langganan rumah makan gudeg yang sederhana dengan salah satu menu andalan ceker pedas dan ceker manisnya. Sehari bahkan habis 800 biji ceker di rumah makan langganan Jokowi. 

Uniknya, ada pula opor ayam yang diberi tambahan tahu. Sebelumnya tahu dipotong tipis, lalu digoreng, dan dimasukkan ke dalam opor ayam berkuah santan putih yang kental. 

Adapun makanan yang kerap dipesan Jokowi saat makan di rumah makan gudeg adalah bubur, paha ayam, serta tahu tipis. 

Warung langganannya diketahui buka setiap pukul sebelas malam. Hanya jualan tiga jam, pukul satu atau dua malam, gudeg langsung ludes, habis.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani