Netral English Netral Mandarin
19:22wib
Hingga matchday kedua Euro 2020 (Euro 2021) terdapat satu negara yang sudah dipastikan tersingkir dari ajang sepak bola antarnegara paling bergengsi di Benua Biru yaitu Makedonia Utara. Indonesia sedang didera lonjakan kasus Covid-19 di sebagian besar daerah. Peningkatan kasus ini terlihat dari keterisian tempat tidur di rumah sakit oleh pasien Covid-19.
5 Wisata Alam di Aceh, Murah Meriah dan Keren Banget!

Selasa, 13-April-2021 13:10

Pengunjung objek wisata Pantan Terong di Aceh tengah Menikmati pemandangan Danau Laut Tawar di kejauhan.
Foto : kaskus.co.id
Pengunjung objek wisata Pantan Terong di Aceh tengah Menikmati pemandangan Danau Laut Tawar di kejauhan.
15

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Aceh merupakan sebuah provinsi di Indonesia, dengan ibu kota berada di Banda Aceh. Provinsi ini terletak di ujung utara Pulau Sumatera dan merupakan provinsi paling barat di Indonesia.

Jadi siapa nih yang sudah pernah ke Aceh? Atau jangan-jangan provinsi yang satu ini adalah kampung halaman Anda? Provinsi di Indonesia yang satu ini diberi kewenangan otonomi khusus dan diberi status sebagai daerah istimewa, seistimewa keindahan wisata alamnya. 

Berikut ini merupakan lima wisata alam di Aceh yang murah meriah dan keren banget, bisa jadi rekomendasi destinasi wisata untuk dikunjungi saat ke Aceh:

1. Sabang Pulau We

Wisata yang bisa Anda kunjungi adalah Sabang Pulau We, pulau paling ujung Indonesia ini menawarkan keindahan alam yang masih asri, alami dan bersih. Di lokasi ini juga Anda akan dibuat takjub dengan pemandangan pantai dengan air laut yang jernih.  

Luar biasanya lagi, wisata yang satu ini dibuka selama 24 jam. Selain itu, pengunjung yang datang juga tidak dikenakan biaya tiket masuk, alias gratis. 

Selain pesona pantai juga Anda bisa melihat tugu yang sangat terkenal di Aceh yakni Tugu Kilometer Nol. Tugu ini dibangun untuk menandai titik mula wisaya Negara Kesaturan Republik Indonesia (NKRI). 

2. Air Terjun Blang Kolam 

Apabila Anda suka wisata berbasah-basahan, Anda bisa coba mengunjungi Air Terjun Blang Kolam. Air terjun yang satu ini diketahui memiliki tinggi sekitar 75 meter dengan suasana yang asri dan alami karena dikelilingi oleh pepohonan rimbun, hutan, hingga tebing-tebing. 

Wisata yang satu ini berlokasi di Sido Muliyo, Nisam Antara, Aceh Utara, Aceh. Jam operasional dari wisata ini sudah buka sejak pukul delapan pagi hingga enam sore. Harga tiket masuknya juga terbilang murah, yakni hanya Rp 10.000 saja. 

Menuju air terjun, Anda akan menuruni anak tangga dengan mendengar sapaan burung hingga monyet yang bergelantungan dari pohon satu ke pohon yang lain. Kesegaran udara dan kesejukkan lingkungan akan membuat Anda merasa tidak lelah, belum lagi Anda bisa membasuh diri bawah air terjun. 

3. Pantai Lampuuk

Bagi Anda yang gemar dengan suasana pantai, Anda bisa mendatangi salah satu pantai di Aceh yang bernama Pantai Lampuuk. Wisata pantai yang satu ini berlokasi di Jalan Raya Lampuuk, Meunasah Lambaro, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besarm Aceh. 

Apabila datang ke wisata pantai yang satu ini, Anda tak perlu mengeluarkan kocek yang terlalu dalam. Anda cukup bayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 dan bisa datang kapan saja, karena wisata yang satu ini buka selama 24 jam. 

Anda akan disambut dengan pantai sepanjang 5 Km, terdapat sebuah teluk yang unik dan indah. Anda juga bisa merasakan pasir putih, air laut yang biru kehijauan, deburan ombak hingga pemandangan deretan pohon pinus dan bukit, hingga menjajal berbagai fasilitas olahraga air. 

4. Pulau Rubiah

Pulau Rubiah ada di Kota Sabang, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, yang bula selama 24 jam. Harga tiket masuknya juga masih terbilang terjangkau yakni Rp 25.000 saja dan Anda sudah bisa merasakan destinasi wisata internasional yang kerap dikunjungi wisatawan dari berbagai negara. 

Bagaimana tidak menjadi wisata internasional? Wisata yang satu ini terkenal dengan kekayaan bawah lautnya yakni Taman Laut Rubiah atau Sea Garden of Rubiah, hingga dikenal sebagai surganya para penyelam. 

Selain menyelam, Anda juga bisa wisata ziarah ke makam wanita pertama yang datang dan meninggal di pulau itu, bernama Rubiah. Lokasi ini juga dikenal sebagai tempat transit calon jamaah haji saat masa Kejayaan Kerajaan Aceh.

5. Pantan Terong

Masih ada lagi wisata alam Aceh yang tidak boleh Anda lewatkan, yakni Pantan Terong. Unik ya namanya, karena mengandung unsur nama sayuran yang mungkin pernah Anda konsumsi yakni Terong. Lokasinya ada di Takengon, Ulu Nuih, Bebesen, Ulu Nuih, Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh. 

Wisata yang satu ini berada di ketinggian 1.360 meter di atas permukaan laut dan buka setiap Sabtu-Kamis, dari pagi hingga sore. Tidak heran wisata yang satu ini terkenal dengan kesejukannya dan udara yang dingin dan harga tiket yang murah, yakni hanya Rp 5.000 saja. 

Daya tariknya, di wisata yang satu ini Anda bisa melihat Danau Laut Tawar dan Kota Takengon dari ketinggian. Anda juga bisa menikmati Kopi Gayo yang sudah tersohor ke mancanegara.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan HP