Netral English Netral Mandarin
banner paskah
02:38wib
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyetujui penggunaan izin darurat (emergency use authorization/EUA) vaksin Covid-19 Sinopharm dengan efikasi 78,1 persen. Satgas Penanganan Covid-19 menyatakan bahwa mudik Lebaran 2021, baik itu jarak jauh maupun jarak dekat, tetap ditiadakan.
5 Wisata Yogyakarta Antimainstream yang Wajib Anda Kunjungi

Selasa, 04-Mei-2021 13:20

Bukit Paralayang Watugupit
Foto : Istimewa
Bukit Paralayang Watugupit
1

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Jalan-jalan ke Yogyakarta memang selalu menjadi pilihan yang tepat. Kota yang terkenal dengan kuliner bercitarasa manis ini seolah selalu menyajikan wisata-wisata baru yang sayang untuk dilewatkan. 

Salah satu wisata yang ditawarkan adalah pesona wisata alamnya. Wisata alam yang menyajikan suasana asri, udara sejuk, hingga pepohonan hijau seolah menjadi magnet bagi para wisatawan Daerah Istimewa yang satu ini. 

Berikut ini, lima wisata Yogyakarta antimainstream yang wajib Anda kunjungi apabila sedang berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta

Bukit Paralayang Watugupit

Wisata Yogyakarta yang bisa Anda kunjungi adalah Bukit Paralayang Watugupit. Lokasinya ada di Area Hutan, Giricahyo, Purwosari, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Anda bisa datang ke wisata Jogja satu ini setiap hari, pada pukul sembilan pagi hingga pukul  tujuh malam. Tiket masuknya juga amat terjangkau, yakni hanya sekitar Rp 5 Ribu saja.

Menariknya, di wisata yang satu ini Anda bisa mengudara dengan Paralayang. Tidak heran wisata yang satu ini menjadi tujuan utama para penikmat olahraga yang cukup ekstrim ini. Anda juga bisa mencoba wahana ini dengan membayar sebesar Rp 350 Ribu. 

Anda juga bisa sekedar menikmati senja di atas bukit paralayang yang terkenal memukau. Anda akan disajikan dengan pesona pantai serta laut lepas yang bisa dilihat dari ketinggian.

Hutan Pinus Pengger

Wisata Jogja antimainstream lainnya yang bisa Anda kunjungi adalah Hutan Pinus Pengger. Lokasinya ada di Jalan Dlingo-Patuk, Pantirejo, Terong, Dlingo, Bantul, DI Yogyakarta. 

Apabila tertarik, Anda bisa datang ke wisata alam yang satu ini pada pukul delapan pagi hingga sembilan malam. Harga tiket yang ditawarkan juga sangat murah dan terjangkau, yakni Rp 5 Ribu saja. 

Di wisata alam yang satu ini, Anda akan disajikan dengan eksotika Hutan Pinus Pengger Sendangsari. Wisata yang satu ini menyajikan panorama hutan pinus yang masih alami dan asri, cocok juga untuk menikmati sunset.Apabila malam hari tiba, Anda juga akan disajikan dengan keindahan gemerlap lampu malam Jogja yang istimewa. 

Memasuki kawasan wisata alam ini, Anda akan disambut dengan medan perjalanan perbukitan yang harus dilalui. Anda juga akan akan disambut dengan gardu pandang yang cocok sebagai spot foto. Apalagi berbagai gardu pandang memiliki bentuk dan pemandangan yang instagramable.

Desa Ledok Sambi

Wisata Jogja lainnya yang bisa Anda kunjungi adalah Desa Ledoksambi. Lokasi wisata yang satu ini berada di Jalan Kaliurang, No. 19, Km 2, Area Sawah, Pakembinangun, Pakem, Sleman, DI Yogyakarta. 

Anda bisa datang ke wisata alam yang satu ini pada pukul 11 siang hingga pukul tujuh malam. Tiket masuknya juga gratis dan dikenakan biaya Rp 35 Ribu per orang apabila ingin berkemah untuk semalam. 

Tidak hanya berkemah, ada juga aktivitas menarik lainnya yang bisa Anda nikmati seperti flying fox, paintball, dan membajak sawah. Anda juga bisa melakukan aktivitas seperti karawitan, membatik, serta melukis kaos hingga menjanur.

Wisata Kalibiru

Wisata alam antimainstream lainnya yang bisa Anda kunjungi adalah Wisata Kalibiru. Lokasinya ada di Jalan Waduk Sermo, Kokap, Kulon Progo, DI Yogyakarta. 

Apabila tertarik, Anda bisa berkunjung ke wisata yang satu ini pada pukul delapan pagihingga pukul 17 sore. Harga tiket masuknya juga sangat terjangkau, yakni Rp 10 Ribu untuk hari biasa dan Rp 20 Ribu untuk turis internasional. 

Tahukah Anda bahwa dahulu area ini merupakan kawasan hutan negara yang subur. Tapi pembalakan hutan telah merusak tempat ini sehingga pemerintah ikut turun tangan untuk meremajakan menjadi objek wisata dengan beberapa spot foto menarik dan pesona alam yang indah. 

Wisata alam ini berada di ketinggian 450 Mdpl yang kini menjadi hutan wisata yang subur. Diantara berbagai jenis pepohonan, Anda juga bisa menjumpai rumah-rumah yang memiliki arsitektur Jawa kuno sebagai kantor pengelola. 

Blue Lagoon 

Wisata alam Yogyakarta antimainstream yang Anda wajib kunjungi adalah Area Sawah, Widodomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Anda bisa datang ke lokasi ini setiap hari, sedari pukul enam pagi hingga pukul lima sore. 

Blue Lagoon Jogja bisa dikatakan tidak kalan dari Blue Lagoon yang ada di Islandia. Meski demikian, Anda tidak perlu takut mengeluarkan biaya mahal, karena harga tiket masuk yang diberlakukan sebesar Rp 3 Ribu saja. 

Meski harga tiket masuknya murah, tapi pesona wisatanya tidaklah murahan. Di wisata Jogja ini, Anda bisa melihat aliran air murni yang being bagai kristal. Anda juga bisa menghirup udara segar dan berenang-renang merasakan kesegaran airnya. 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Wahyu Praditya P