Netral English Netral Mandarin
15:23wib
Amerika Serikat mengimbau warganya untuk tidak bepergian ke Indonesia karena angka penularan infeksi virus corona (Covid-19) yang dinilai tinggi dan kemungkinan adanya serangan teror. Tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di RSD Wisma Atlet mulai mengalami peningkatan pada 3-4 pekan pasca-Lebaran. BOR RS sudah mencapai 75,19 persen.
53 Awak KRI Manggala 402 Dinyatakan Gugur, AHY: Selamat Jalan Para Patriot...

Senin, 26-April-2021 05:10

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK)
Foto : Istimewa
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK)
8

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan duka cita mendalam atas gugurnya 53 awak kapal selam KRI Nanggala 402.

"Turut berduka cita sedalam-dalamnya atas gugurnya 53 prajurit terbaik awak kapal KRI Nanggala-402," tulis AHY di akun Twitternya, @AgusYudhoyono, Minggu (25/4/2021).

Purnawirawan mayor TNI AD dari Korps Infantri itu mengatakan, upaya penyelamatan awak KRI Nanggala telah dilakukan semaksimal mungkin, namun pada akhirnya Tuhan yang menentukan.

"Manusia hanya bisa berusaha dalam seluruh upaya penyelamatan, Tuhan menentukan yang terbaik," kata Agus Yudhoyono.

"Selamat jalan para patriot, kami hantarkan doa yang terbaik," tutup putra Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.

Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan bahwa kapal selam KRI Nanggala kini dalam kondisi tenggelam dan 53 awak kapal buatan Jerman itu dinyatakan gugur dalam tugas.

Hadi memastikan hal itu setelah KRI Rigel melakukan pemindaian secara akurat di lokasi yang diduga menjadi titik tengelamnya kapal dengan menggunakan multibeam sonar dan magnetometer dan telah menghasilkan citra bawah air yang lebih detil.

Kemudian MV Swift Rescue Singapura juga telah menurunkan Remotely Operated Vehicle (ROV) untuk memperkuat citra bahwa air secara visual menggunakan kamera.

Dari pemindaian itu, lanjut Hadi, telah diperoleh citra yang dikonfirmasi sebagian bagian dari KRI Nanggala 402, meliputi kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan tengah, kemudi selang timbul, bagian kapal yang lain termasuk baju keselamatan awak kapal MK 11.

"Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut, dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala 402 telah tenggelam, dan seluruh awaknya telah gugur," kata Marsekal Hadi Tjahjanto dalam konferensi pers, Minggu (25/4/2021).

"Oleh karena itu dengan kesedihan yang mendalam selaku Panglima TNI saya nyatakan bahwa 53 personil yang on board KRI Naggala 402 telah gugur. Prajurit- prajurit Hiu Kencana telah gugur saat melaksanakan tugas di perairan utara Bali," tandasnya.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sesmawati