Netral English Netral Mandarin
03:08wib
Lebih dari 4.300 orang telah meninggal dunia akibat "jamur hitam" di India yang umumnya menyerang pasien-pasien Covid-19. Gojek, Grab, dan ShopeeFood membantah terlibat dalam seruan aksi demo nasinonal Jokowi End Game yang berlangsung hari ini.
6 Manfaat Kesehatan Buka Puasa dengan Timun Suri

Senin, 26-April-2021 17:00

Buah timun suri.
Foto : lazada.co.id
Buah timun suri.
9

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Apakah Anda gemar konsumsi timun suri saat berbuka puasa? Jika ya, itu merupakan salah satu pilihan yang baik karena ternyata timun suri memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. 

Timun suri mengandung berbagai nutrisi dan senyawa yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti kalium, kalsium, fosfor, vitamin C, flavonoid, dan saponin. Timun suri diketahui termasuk dalam keluarga labu (Cucurbitacea) yang mirip dengan mentimun dan melon. 

Berikut ini enam manfaat kesehatab dari konsumsi timun suri, seperti dilansir dari laman window of world, Senin (26/4/2021):

Baca Juga :

1. Menghidrasi Tubuh 

Mentimun termasuk dalam buah yang mengandung air cukup tinggi. Makan timun suri bisa membantu tubuh tetap terhidrasi. Dalam timun suri juga mengandung kalium yang merupakan mineral penting yang berperan dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh.

2. Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Kandungan alkaloid, flavonoid, saponin, steroid, dan triterpenoid pada timun suri dipercaya dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa flavonoid dapat bermanfaat dalam melawan bakteri penyebab penyakit, contohnya Streptococcus sp. Namun khasiat timun suri masih perlu diteliti lebih lanjut.

Baca Juga :

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Beberapa sumber menyebutkan bahwa vitamin C dan vitamin A yang terkandung dalam timun suri tergolong tinggi, sehingga mentimun dianggap bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan tubuh. 

Kedua vitamin ini dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih, terutama limfosit dan fagosit, yang berperan dalam melindungi tubuh dari infeksi. 

Vitamin C juga merupakan antioksidan sehingga dapat melindungi sel imun dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, vitamin C dibutuhkan tubuh untuk penyerapan zat besi, mengontrol tekanan darah, dan menurunkan kadar asam urat.

4. Menurunkan Peradangan di Dalam Tubuh 

Selain bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin A diketahui bermanfaat untuk mengurangi peradangan. 

Sebuah penelitian pada hewan juga mengungkapkan bahwa vitamin A dari timun dapat menjaga kesehatan jaringan pada organ yang mengalami peradangan kronis. 

5. Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat timun suri selanjutnya adalah membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Manfaat ini bisa didapatkan berkat kandungan kalsium dan fosfor yang ada di dalamnya. 

Kalsium dikenal tidak hanya baik untuk kesehatan tulang dan gigi, tetapi juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung, fungsi otot dan saraf, serta memperlancar aliran darah. 

Sedangkan fosfor bermanfaat untuk meningkatkan energi, mengurangi nyeri otot setelah berolahraga, menyaring racun di ginjal, dan memelihara atau memperbaiki jaringan sel.

6. Mencegah Anemia

Timun suri mengandung zat besi, sehingga konsumsinya dapat membantu mencegah anemia atau kelelahan. Ini karena zat besi merupakan komponen penting dari hemoglobin yang dibutuhkan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Agar manfaat zat besi dapat diperoleh secara maksimal dan kebutuhan zat besi harian Anda terpenuhi dengan baik, sebaiknya Anda juga mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi lain, seperti daging sapi, hati ayam, kerang, tiram, lentil, bayam, dan kacang-kacangan.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan HP