Netral English Netral Mandarin
05:46wib
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan memprediksi, puncak gelombang Covid-19 varian Omicron akan terjadi pada pertengahan Februari hingga awal Maret 202. Pemerintah mengakui kasus Covid-19 di Indonesia terus mengalami lonjakan akibat transmisi lokal varian Omicron dalam sepekan terakhir.
8 Destinasi Wisata Semarang Paling Populer, Wajib Dikunjungi!

Rabu, 08-December-2021 16:00

Lawang Sewu di Semarang.
Foto : kemdikbud.go.id
Lawang Sewu di Semarang.
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Destinasi wisata Semarang merupakan kota yang kerap dijadikan sebagai “pelarian” untuk liburan. Ya, kota di Jawa Tengah ini memang bagai “gudang” destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dan kerabat. 

Semarang menyajikan beragam wisata populer yang kerap dikunjungi wisatawan, hingga tersohor melalui berbagai media sosial. Tapi jangan hanya jadi penonton saja, Anda juga bisa datang dan berlibur untuk mengunjungi beragam destinasi wisata Semarang. 

Berikut ini delapan destinasi wisata Semarang yang paling populer. Destinasi wisata Semarang ini bisa menjadi rekomendasi untuk didatangi saat perjalanan liburan ke Semarang.

Lawang Sewu

Destinasi wisata Semarang populer pertama yang wajib Anda kunjungi adalah Lawang Sewu. Lawang Sewu terletak di Jalan Pemuda, Sekayu, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Anda bisa datang ke lokasi tersebut setiap hari, dari pukul 7 pagi sampai dengan pukul 21 malam. Siapkan uang saku sebesar Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak, untuk membeli tiket masuk. 

Lawang Sewu merupakan destinasi wisata Semarang yang dulunya merupakan kantor pusat Perusahaan Kereta Api Hindia Belanda. Anda bisa melihat bangunan era kolonial dan berfoto di setiap sisi bangunannya yang kuno, serta mengandung unsur mistis.

Sam Poo Kong

Destinasi wisata Semarang selanjutnya yang amat populer adalah keberadaan Sam Poo Kong. Ini merupakan sebuah klenteng yang berlokasi di Bongsari, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah. Anda bisa datang ke destinasi wisata Semarang ini setiap hari. 

Pada Senin sampai Jumat, Sam Poo Kong buka dari pukul 8 pagi sampai delapan malam. Di akhir pekan, Anda bisa datang lebih pagi, karena buka lebih awal yakni pukul 7 pagi sampai 8 malam. 

Destinasi wisata Semarang yang satu ini merupakan tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok yang beragama Islam, Zheng He/Cheng Ho. Anda bisa menjelajah aula, tempat ibadah, berfoto dengan baju tradisional dan kulineran. 

Kota Lama Semarang

Ada lagi yang populer dari destinasi wisata Semarang, yakni Kota Lama Semarang. Rasanya belum ke Semarang kalau belum berkunjung ke tempat yag berlokasi di Bandarharjo, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah ini. 

Anda bisa datang ke Kota Lama Semarang sesuka hati, mau pagi, siang, sore maupun malam. Ya, pasalnya kawasan ini buka 24 jam dan wisatawan yang datang ke destinasi wisata Semarang yang satu ini tidak dikenakan biaya alias gratis. 

Di destinasi wisata Semarang ini, Anda bisa berfoto di berbagai titik-titik yang Insatgramable dan berkeliling menaiki sepeda ontel. Sempatkan juga bermain di Taman Srigunting, berkunjung ke Gereja Blenduk dan masuk ke Museum 3D Trick Art, serta bersantai di cafe dan rumah makan yang tersedia.

Masjid Agung Jawa Tengah

Bagi Anda yang mencari sensasi liburan berbeda, Anda bisa mengunjungi destinasi wisata Semarang berbau religi yakni Masjid Agung Jawa Tengah. Lokasinya ada di Jalan Gajah Raya, Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Selain berwisata, Anda juga bisa datang untuk beribadah. Apalagi destinasi wisata Semarang ini buka setiap hari dari pukul 4 subuh, hingga 21 malam.

Uniknya, Anda bisa melihat enam payung hidrolik raksasa yang dapat terbuka dan tertutup secara otomatis bagai di Arab Saudi. Lokasinya megah, Anda juga bisa datang untuk sekedar makan hingga menginap di kawasan destinasi wisata Semarang ini.

Kampung Pelangi

Destinasi wisata Semarang yang populer dan wajib Anda kunjungi adalah Kampung Pelangi. Seperti namanya, di kawasan ini terdapat ratusan rumah yang dicat sehingga berwarna-warni bagaikan pelangi. 

Anda bisa datang ke destinasi wisata Semarang ini, tepatnya di Jalan DR Sutomo, Nomor 89, Randusari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah. Anda bisa datang pagi, siang atau sore hari sambil berolahraga menaiki anak tangga dan menikmati Semarang dari ketinggian. 

Brown Canyon

Belum bisa pelesiran jauh-jauh ke luar negeri, Anda bisa menjajal datang dan liburan ke destinasi wisata Semarang yang bernama Brown Canyon satu ini. Lokasinya ada di Rowosari, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah yang buka 24 jam.

Destinasi wisata Semarang yang satu ini diketahui merupakan bekas penambangan tanah di Meteseh, Tembalang, Semarang. Menjadi populer, karena destinasi wisata Semarang ini mirip dengan Grand Canyon di Amerika Serikat.

Lokasi ini cocok bagi Anda yang hobi fotografi, untuk mengabadikan setiap sudut tebing yang curam.

Grand Maerakaca

Destinasi wisata Semarang ini kedengarannya memiliki nama yang unik, yakni Grand Maerakaca atau dalam dialek Jawa disebut Maerokoco. Lokasinya ada di Jalan Puri Anjasmoro, Tawangsari, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Anda bisa datang ke destinasi wisata Semarang yang populer ini setiap hari, yang buka dari pukul 7 pagi sampai dengan pukul 18 sore. Harga tiket masuknya juga amat terjangkau yakni hanya Rp 10 Ribu saja.

Destinasi wisata Semarang yang satu ini dikenal sebagai “taman mininya Jawa Tengah”. Ada beragam fasilitas yang bisa Anda dan keluarga eksplore, diantaranya adalah rumah adat se-Jawa Tengah, trekking Mangrove, outbound, wisata perahu, kereta mini dan science center.

Goa Kreo Bagi Anda pecinta alam, destinasi wisata Semarang bernuansa alam ini sepertinya wajib dikunjungi. Namanya adalah Obyek Wisata Goa Kreo, yang berlokasi di Jalan Raya Goa Kreo, Kandri, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah. 

Anda bisa datang ke sini setiap hari, kecuali Hari Senin. Anda bisa datang di pukul 8 pagi sampai dengan 17 sore. Harga tiketnya pun terjangkau, Anda sudah bisa menikmati suasana sejuk karena dekat danau dan kaki gunung. 

Di destinasi wisata Semarang ini, Anda bisa melihat gua yang terbentuk oleh alam. Lokasinya terletak di tengah-tengah Waduk Jatibarang, sebuah bendungan yang membendung Kali Kreo.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan HP

Berita Terkait

Berita Rekomendasi