Netral English Netral Mandarin
23:45wib
Putri salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates yakni Jennifer Gates, sudah resmi menikah dengan pacarnya. Ia menikah dengan pria muslim dari Mesir bernama Nayel Nassar. Tim bulu tangkis putri China menjadi juara Piala Uber 2020 setelah mengalahkan Jepang pada final yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) dini hari WIB.
8 Tips Jitu Menghasilkan Foto Terbaik dengan iPhone

Kamis, 02-September-2021 04:09

Illustrasi
Foto : Pexels
Illustrasi
11

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Saat ini, smartphone kerap digunakan sebagai alat untuk mengabadikan momen, baik dalam bentuk foto maupun video. Fitur kamera yang disematkan pada ponsel pintar ini sangat praktis karena bisa digunakan setiap waktu dalam kondisi apa pun. Foto yang dihasilkan pun tak kalah menawan dibandingkan kamera DSLR.

Salah satu jenis smartphone yang dapat dipakai untuk memotret adalah iPhone, termasuk diantaranya iPhone 11 Pro Max. Meskipun harga iPhone 11 Pro Max tidak terbilang murah, foto yang dihasilkan sangat memuaskan. Namun, Anda perlu memperhatikan beberapa tips jitu berikut saat menggunakannya.

1. Bersihkan Lensa Kamera 

Kotoran, debu, atau sidik jari dapat membuat lensa kamera iPhone menjadi kotor. Hal ini dapat berpengaruh terhadap hasil foto yang akan didapatkan. Biasanya akan muncul objek seperti noda yang tidak terlihat bagus, bahkan dapat mengganggu tampilan foto.

Karena itu, jangan lupa untuk membersihkan lensa kamera secara rutin. Gunakan kain yang bersih dan lembut agar tidak meninggalkan jejak berupa goresan pada lensa. Lensa yang bersih akan menghasilkan foto yang jernih dan sempurna.

2. Gunakan Tool Exposure Manual 

Saat akan memotret dengan iPhone, manfaatkan juga tool exposure manual yang tersedia. Untuk menggunakan fitur ini, Anda terlebih dahulu perlu menyentuh layar iPhone. Kemudian, akan muncul ikon berbentuk matahari yang berdampingan dengan sebuah kotak untuk mengatur fokus. 

Fitur exposure manual akan membantu pengguna untuk mengatur keseimbangan kontras warna subjek dengan kecerahan latar belakang. Caranya sangat mudah, yaitu dengan menggeser ikon matahari dari bawah ke atas atau sebaliknya. Lakukan hal ini hingga mendapatkan komposisi yang tepat.

3. Mode Malam untuk Cahaya Minim 

Jika Anda berada dalam ruangan yang minim cahaya, hasil foto biasanya akan kurang maksimal. Karena itu, para fotografer biasanya melakukan pemotretan di lokasi terbuka yang memiliki sumber pencahayaan alami. Jika tidak, menyediakan cahaya dari sumber lain bisa menjadi pilihan.

Nah, dengan kamera iPhone hal ini tidak perlu dikhawatirkan. Model iPhone 11 Pro Max yang bisa dibeli di Blibli ini misalnya telah dilengkapi dengan fitur mode Malam. Fitur tersebut sangat membantu pemotretan di tempat yang lebih gelap. Hasilnya, foto akan terlihat lebih cerah dan detailnya pun jelas.

4. Mode Burst untuk Objek Bergerak 

Saat memotret objek bergerak, hasil foto biasanya akan terlihat blur atau kabur. Hal ini juga bisa terjadi saat Anda menggunakan iPhone untuk memotret. Ini merupakan hal yang normal karena kamera iPhone tidak didesain secara khusus untuk menangkap foto objek bergerak.

Untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan mode Burst yang disematkan pada iPhone. Mode ini memungkinkan pengguna mengambil foto beberapa kali dalam satu periode waktu. Dari hasil jepretan yang didapatkan, Anda pun dapat memilih yang terbaik.

5. Minimalisir Getaran Saat Memotret 

Jika ingin mendapatkan hasil foto yang sempurna, pastikan Anda memotret saat berada dalam keadaan stabil. Getaran yang terjadi ketika proses memotret akan membuat hasil foto tidak terlihat bagus.

Posisi yang tepat dan ideal untuk meminimalisir gerakan adalah memegang iPhone menggunakan dua tangan. Selain itu, iPhone juga telah dilengkapi dengan fitur Optical Image Stabilization (OIS). Fitur ini sangat berguna untuk menstabilkan gambar secara otomatis sehingga hasilnya lebih baik.

6. Atur Komposisi dengan Fitur Grid 

Fotografer harus mengetahui cara mengatur komposisi saat memotret. Ini termasuk dalam teknik fotografi yang paling dasar. Salah satu aturan komposisi foto yang umum digunakan adalah rule of third. Dalam teknik ini, frame perlu dibagi dalam 9 bagian.Untuk membantu Anda menerapkan rule of third, ada fitur Grid pada iPhone.

Saat mengaktifkan fitur ini, akan muncul garis yang membagi layar menjadi 9 kotak dengan ukuran yang sama. Dengan menggunakan Grid, Anda pun bisa memotret seperti fotografer profesional.

7. Foto Lebih Jernih dengan Auto HDR Ada fitur berguna lain pada iPhone yang sangat wajib Anda gunakan agar bisa menghasilkan foto terbaik, yaitu Auto HDR. Kegunaan fitur ini adalah untuk mengambil foto secara berurutan dengan mode pencahayaan yang berbeda.

Tidak hanya sampai di situ, beberapa foto yang dihasilkan kemudian digabungkan menjadi satu foto dengan detail yang lebih sempurna. Pengaturan kamera iPhone ini tidak diragukan lagi akan sangat membantu Anda saat memotret.

8. Mode Potret untuk Hasil Terbaik 

Mode Potret adalah satu dari sekian fitur lain yang bisa dieksplorasi di kamera iPhone. Dengan menggunakan mode Potret, hasil foto yang didapatkan akan terlihat berbeda. Hal ini disebabkan oleh efek kedalaman bidang yang ditawarkan. 

Dengan efek tersebut, Anda bisa memotret dengan fokus subjek tajam dan latar buram.Cara melakukannya adalah dengan membuka aplikasi kamera dan memilih mode Potret. Nama efek pencahayaan akan berubah menjadi kuning ketika mode Potret siap digunakan. Kemudian, ketuk tombol Rana. 

Pada tahap ini, Anda akan bisa mengetahui jarak yang pas atau pencahayaan yang tepat.Selain itu, ada pula fitur lain seperti lampu kilat, timer, atau filter. Bukan hanya dari kamera belakang, Anda juga bisa memanfaatkan mode Potret untuk selfie dari kamera depan. Namun, fitur ini baru tersedia pada model iPhone X atau yang lebih baru.

Nah, inilah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan hasil foto terbaik dengan menggunakan iPhone. Tak kalah dengan kamera DSLR yang memiliki berbagai fitur penting, iPhone dapat dioptimalkan sebagai kamera andalan. Kini, Anda pun lebih mudah untuk merekam berbagai momen penting setiap hari.

Reporter :
Editor : Tommy Satria