3
Netral English Netral Mandarin
20:28 wib
Partai Demokrat memecat sejumlah kader yang dianggap terlibat dan mendukung gerakan pengambilalihan kepemimpinan partai atau kudeta. Pertumbuhan jumlah orang kaya raya atau crazy rich di Indonesia diproyeksi bakal melampaui China seiring dengan proses distribusi vaksin Covid-19 dilakukan.
8 Wisata Wonogiri Nuansa Alam Terbaru dan Terpopuler

Rabu, 03-Februari-2021 21:45

Bukit Cumbri
Foto : Jejak Piknik
Bukit Cumbri
2

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Lelah bekerja, bosan dengan rutinitas kantor, hingga jenuh keliling mall? Pelarian yang paling cocok memang jalan-jalan ke berbagai macam destinasi wisata alam. Salah satu tujuan yang bisa Anda sambangi adalah wisata Wonogiri.

Hah Wonogiri? Ya, Anda memang tidak salah mendengar. Wonogiri memang tidak hanya terkenal dengan kuliner baksonya saja yang nikmat, murah, dan familiar diperdagangkan di sekitar rumah kita. Wonogiri juga ternyata terkenal memiliki wisata alam yang memesona dan tak kalah indahnya dengan lokasi lain di Indonesia.

Di Wonogiri, Anda bisa menemukan beragam wisata alam, mulai dari yang lokasinya di dataran tinggi seperti bukit, di dataran rendah seperti goa, hingga wisata bernuansa air seperti air terjun dan pantai. Jadi, Anda tinggal menyesuaikan saja, apakah ingin berkunjung ke wisata yang menantang adrenalin dan ketinggian, wisata yang santai dengan menikmati sentuhan terik matahari dan deburan ombak, atau bisa juga menikmati pemandangan hijau yang memanjakan mata sambil berenang ria. Semua tergantung dengan selera Anda.

Wonogiri sendiri merupakan kabupaten di Jawa Tengah, lokasinya ada di bagian Tenggara dari Provinsi Jawa Tengah. Pada bagian Utara berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sukoharjo. Bagian Selatan langsung di bibir Pantai Selatan. Lalu, bagian Barat berbatasan dengan Gunung Kidul di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kemudian, bagian Timur berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Timur, yaitu Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Magetan, dan Kabupaten Pacitan.

Berikut delapan wisata Wonogiri yang bisa menjadi rekomendasi untuk perjalanan Anda:

1. Puncak Secokro

Puncak Secokro (ksmtour)

Apabila berkunjung ke Wonogiri, tidak ada salahnya Anda datang ke Puncak Secokro. Wisata ini ada di Bendo, Bakalan, Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Di wisata Wonogiri yang satu ini, Anda akan dipertemukan dengan gardu pandang dengan pemandangan khas dari puncak ketinggian.

Gardu pandang tersebut memiliki ketinggian mencapai 693 meter di atas permukaan laut (mdpl). Puncak ini lebih tinggi dari pada Bukit Cumbri, Ponorogo, Jawa Timur, yang sudah terkenal lebih dahulu oleh para wisatawan. Kelebihan lainnya, puncak ini tidak begitu jauh dari lokasi parkir, medannya tidak terlalu terjal dan tidak terlalu jauh untuk mencapai puncaknya.

Di wisata Wonogiri yang satu ini, Anda bisa melihat pemandangan alam pegunungan yang sangat indah. Pada momentum tertentu, wisata Wonogiri ini juga diselimuti oleh kabut tipis dan berkabut. Anda disarankan datang ke lokasi ini pada pagi hari untuk menikmati matahari terbit atau pada saat siang hari yang cerah.

Apabila datang ke lokasi ini, jangan lupa untuk membawa kamera atau sekadar membawa smartphone dengan baterai yang full ya. Pasalnya, di lokasi ini Anda tidak akan berhenti mendokumentasikan berbagai pesona alam sekeliling, Anda juga bisa berswafoto atau menyalurkan kreativitas melalui vlog wisata.

2. Telaga Claket Wonogiri

Telaga Claket Wonogiri (camera wisata)

Nikmati juga wisata Wonogiri yang memesona lainnya, namanya adalah Telaga Claket. Unik ya namanya? Ternyata nama telaga ini diambil dari nama lokasi wisata ini berada, yakni ada di Jalan Claket, Jalan Ngawen, Keblokan, Sendangijo, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Wisata Wonogiri ini buka setiap hari dan Anda bisa datang mulai pukul 6.00 hingga 18.00 WIB. Waktu operasional yang panjang membuat Anda tentu akan lebih fleksibel untuk mengatur perjalanan menuju ke wisata Wonogiri yang dijuluki sebagai miniatur dari Ranu Kumbolo ini.

Tidak hanya melihat pemadangan telaga saja, Anda juga akan disuguhi oleh pemandangan indah dari berbagai macam bunga yang berwarna warni. Tentu keindahan ini akan mencuci mata Anda dan membuat Anda betah untuk berlama-lama. Jangan lupa juga untuk mengabadikan panorama indah yang unik ini dan membagikannya melalui akun media sosial Anda.

Ya, apabila wisata Wonogiri yang satu ini memang cocok dikunjungi bersama dengan keluarga. Anda bisa berkunjung saat siang atau menjelang sore hari dan menikmati pemandangan berbeda yang mampu membuat hidup Anda lebih bersemangat lagi, setelah disapa pesona alam Wonogiri yang satu ini.

3. Bukit Cumbri

Bukit Cumbri (jejak piknik)

Wisata Wonogiri nuansa alam yang tidak kalah cantiknya adalah Bukit Cumbri. Wisata Wonogiri ini lokasinya terletak di Kepyar, Purwantoro, Ngundal, Pagerukir, Sampung, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Anda bebas datang ke tempat wisata ini kapan saja, pasalnya lokasi ini buka selama 24 jam.

Wisata Wonogiri yang satu ini memiliki ketinggian 638 mdpl yang menyajikan pemandangan hamparan alam perbukitan di sekitar Ponorogo dan Wonogiri. Untuk menikmati keindahannya, Anda juga tidak perlu terlalu bersusah payah, karena medannya yang terbilang mudah dibandingkan menaiki gunung lainnya yang ada di wilayah Jawa Tengah.

Banyak wisatawan lantas datang ke wisata Wonogiri yang satu ini untuk berburu momentum matahari terbit dan matahari terbenam. Tidak hanya itu, saat malam menjelang, Anda bisa melihat pemandangan yang berbeda, yakni gemerlap lampu dari pemukiman penduduk sekitar di tujuh kabupaten, yakni Karanganyar, Ponorogo, Wonogiri, Pacitan, Madiun, Magetan, dan Ngawi.

Jadi, bagi Anda yang ingin datang ke wisata Wonogiri yang satu ini, jangan lupa untuk menyiapkan tenaga ekstra dan stamina untuk mendaki gunung. Bawa juga persiapan minum untuk di tengah perjalanan dan makanan untuk sekadar mengganjal perut. Eits, tapi perlu diingat, jangan lupa membawa sampah kembali turun dan membuangnya ketika sudah bertemu degan tempat sampah ya!

4. Pantai Nampu

Pantai Nampu (pantainesia)

Bagi Anda pecinta pantai, wisata Wonogiri yang satu ini bisa menjadi salah satu rekomendasinya. Namanya adalah Pantai Nampu yang lokasinya ada di Gunturharjo, Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Wisata Wonogiri ini juga dikenal sebagai perbatasan antara wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bila datang ke wisata Wonogiri yang satu ini, Anda tidak akan dikenakan biaya tiket masuk alias gratis. Tetapi Anda perlu menyiapkan biaya untuk parkir kendaraan yang Anda gunakan. Selain itu, siapkan juga uang saku untuk sekadar membeli minum pelepas dahaga dan membeli camilan atau makanan berat untuk mengisi perut.

Menuju wisata Wonogiri ini, Anda akan disuguhkan dengan keindahan dan pesona alam, mulai dari permandangan air laut, perbukitan, dan hiasan pepohonan. Anda juga bisa berkunjung ke lokasi pelelangan ikan dan melihat hasil buruan dari laut yang masih dalam keadaan segar.

Bila memiliki waktu lebih senggang, Anda juga bisa menunggu sunset alias matahari terbenam tiba. Anda bisa menghirup udara, mendengar deburan ombak, dan melihat langit jingga yang berpamitan dengan siang dan menyambut malam. Jangan lupa juga untuk mengabadikan wisata Wonogiri ini menggunakan smartphone Anda sebagai kenangan menjelajah salah satu lokasi wisata di Indonesia.

5. Goa Putri Kencono

Goa Putri Kencono (Kabar Joglo Semar)

Masih ada lagi wisata Wonogiri yang patut Anda uji pesonanya, namanya adalah Goa Putri Kencono. Lokasi wisata Wonogiri yang satu ini terletak di Dusun Wonosobo, RT 3/RW 1, Desa Wonodadi, Gunungan, Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Anda bisa datang ke wisata Wonogiri ini setiap hari dari pukul 8.00 hingga pukul 15.30 WIB.

Wisata Wonogiri yang satu ini merupakan salah satu dari sekian goa di kawasan Karst Gunung Sewu. Wisata Wonogiri ini tidak hanya memiliki daya tarik edukasi saja, akan tetapi juga diiringi berbagai mitos sejarah.

Memasuki wisata Wonogiri ini, Anda akan disajikan pemandangan keindahan stalagtit dan stalagmit di dalamnya. Wisata Wonogiri yang satu ini memiliki panjang lorong sejauh kurang lebih 121 meter, dengan lebar sekitar empat meter dan tinggi juga empat meter. Selain itu di dalamnya terbagi menjadi tujuh ruang yang memiliki nama masing-masing, di antaranya Ruang Tamu, Ruang Kebudayaan, Ruang Kepustakaan, Ruang Jumenengan, Ruang Sarasehan, Ruang Panyuwunan, dan Ruang Keluarga.

Jadi, apakah Anda tertarik menelusuri wisata Wonogiri yang satu ini? Sepertinya bila ke wisata Wonogiri ini Anda ada baiknya mengajak teman-teman sepermainan atau kerabat kerja, untuk menambah dan menikmati keseruannya bersama-sama.

6. Pantai Banyutowo

Pantai Banyutowo (pesisir)

Kunjungi juga wisata Wonogiri yang unik dan sangat menarik, namanya adalah Pantai Banyutowo. Lokasinya ada di Desa Gudangharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri. Anda bisa berkunjung ke wisata Wonogiri ini dengan membayar tiket masuk sekitar Rp2.000 saja. Wah, murah sekali ya? Jadi, ayo ajak sanak keluarga dan teman Anda ke wisata Wonogiri yang unik ini.

Wisata Banyutowo ini adalah lokasi bertemunya air sungai yang tawar dan air laut yang asin. Air di sini sangat unik karena rasanya yang tawar, tidak asin. Rasa tawar air ini berasal dari sumber air bawah tanah yang bermuara ke wisata Wonogiri ini. Ternyata itulah alasan wisata Wonogiri yang satu ini disebut dengan Banyuwoto yang artinya air tawar.

Keadaan air yang tawar membuat Anda cocok berenang dan main air di wisata Wonogiri yang satu ini. Sudah pasti, karena air tawar maka membuat tubuh Anda menjadi tidak lengket dan mata Anda pun menjadi tidak merasa perih. Meski demikian, jangan lupa untuk membawa penutup kepala dan menggunakan sunblock agar kulit Anda tetap aman.

Tidak sampai di situ saja, pemandangan sekitar wisata Wonogiri yang satu ini juga amat menakjubkan. Anda bisa melihat aliran air di sela bebatuan, pepohonan, dan rumput yang hijau. Tentu Anda tidak boleh melewatkannya untuk berfoto dan menikmati suara deburan ombak dan angin sepoi-sepoi dari bibir pantai.

7. Air Terjun Girimanik

Air Terjun Girimanik (air terjun inside)

Coba juga datang ke wisata Wonogiri yang bernama Air Terjun Girimanik. Lokasinya ada di Ngerapah, Setren, Slogohimo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Alasan Anda harus datang ke wisata Wonogiri yang satu ini karena memiliki air terjun yang lengkap dengan gemericik air yang mengalir di sela-sela bebatuan yang kokoh.

Apabila datang ke wisata Wonogiri yang satu ini, Anda juga bisa menikmati udara yang masih segar dan bersih. Dijamin udaranya sangat sejuk dan dingin, sehingga bisa menjadi salah satu daya tarik dan membuat Anda betah untuk berlama-lama.

Wisata Wonogiri yang satu ini ternyata memiliki tiga buah air terjun dan ketiganya berada di satu area. Ketiga air terjun itu di antaranya adalah Air Terjun Manikmoyo, Air Terjun Condromoyo, dan Air Terjun Tinjomoyo.

Selain itu, di wisata Wonogiri yang satu ini Anda juga bisa menikmati agrowisata buah durian. Wisata Wonogiri yang satu ini memang merupakan salah satu kecamatan yang potensial untuk mengembangkan tanaman durian.

Satu lagi, wisata Wonogiri ini juga ternyata menjadi lokasi penyelenggaraan ritual bagi penganut kepercayaan Kejawen. Di Air Terjun Girimanik juga diadakan pula Ritual Susuk Wangan setiap Sabtu Kliwon dalam kalender Jawa. Wah, apakah Anda ingin menyempatkan juga untuk melihat ritual ini?

8. Air Terjun Jurug Kemukus

Air Terjun Jurug Kemukus (infoplus)

Menutup perjalanan keliling wisata Wonogiri, Anda bisa mengunjungi Air Terjun Jurug Kemukus. Wisata Wonogiri ini lokasinya ada di Dusun Ngijo, Desa Purwoharjo, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Apabila datang ke wisata yang satu ini, Anda sepertinya akan dibuat kagum dengan keindahan alam yang masih alami dan terjaga.

Keadaan demikian tentu membuat wisata Wonogiri yang satu ini masih dalam keadaan “perawan”, artinya belum begitu banyak dijamah dan dikunjungi oleh para wisatawan. Padahal, wisata Wonogiri ini memiliki daya tarik yang unik lho.

Air terjun ini ternyata memiliki tiga tingkat. Tingkat yang paling atas memiliki tinggi sekitar 30 meter yang diapit oleh tebing bebatuan tinggi dan terjal. Keadaan ini membuat angin disertai dengan uap air yang berhembus dengan kencang di antara celah tebing.

Tingkat kedua dan ketiga, masing-masing air terjun memiliki tinggi sekitar 40 meter. Air terjun ini juga diapit dengan tebing sungai. Unik bukan? Tentu untuk membuktikan keindahannya, Anda jangan lupa untuk membawa baju ganti karena tergiur bermain basah-basahan. Selain itu Anda juga harus tetap waspada saat bermain air karena tentu ada bebatuan yang licin.

Nah, demikianlah delapan wisata Wonogiri yang bisa dijadikan sebagai rekomendasi perjalanan liburan Anda bersama teman atau keluarga. Apakah Anda sudah menentukan wisata Wonogiri mana saja yang akan Anda kunjungi?

Jadi, jangan hanya terlena menikmati kenikmatan Bakso Wonogirinya saja ya, Anda bersama keluarga dan teman juga wajib mencoba kenikmatan alam yang tersedia. Mulai dari bukit, goa, pantai, dan air terjun, sungguh lengkap. Anda dijamin tidak kecewa dan kantong Anda tidak akan terkuras habis karena biaya masuk lokasi wisatanya yang terbilang sangat terjangkau.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : YC Kurniantoro