Netral English Netral Mandarin
05:00wib
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan memprediksi, puncak gelombang Covid-19 varian Omicron akan terjadi pada pertengahan Februari hingga awal Maret 202. Pemerintah mengakui kasus Covid-19 di Indonesia terus mengalami lonjakan akibat transmisi lokal varian Omicron dalam sepekan terakhir.
8 Wisata Wonosalam Jombang Paling Hits yang Wajib Anda Kunjungi!

Senin, 06-December-2021 18:11

Wana Wisata Sumber Biru
Foto : Phinemo.com
Wana Wisata Sumber Biru
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Wisata Wonosalam Jombang sepertinya layak masuk ke dalam daftar lokasi yang wajib Anda kunjungi. Wonosalam sendiri merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur. Lokasi ini berada di kawasan kaki dan lereng Gunung Anjasmoro dengan ketinggian rata-rata 500-600 Meter dari Permukaan Laut (MDPL). 

Berada di kawasan pegunungan, tentu menjadi salah satu daya tarik untuk berwisata dengan nuansa alam. Jangan ragu mengajak serta keluarga, sahabat atau teman kantor ke Wisata Wonosalam Jombang untuk sekedar refreshing dari aktivitas rutin setiap hari. 

Berikut ini adalah 8 Wisata Wonosalam Jombang terbaru yang wajib Anda kunjungi: 

Wana Wisata Sumber Biru 

Wisata Wonosalam Jombang yang bisa Anda kunjungi pertama adalah Wana Wisata Sumber Biru. Lokasinya berada di Jl Argobiru, Ngembang, Dusun Wonotirto, Desa Wonotirto, Wonomerto, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. 

Wisata Wonosalam Jombang yang satu ini buka setiap hari, dari Senin hingga Minggu. Di hari biasa, Anda bisa datang dari pukul 8 pagi sampai pukul 17. Sedangkan di akhir pekan, Anda bisa datang dari pukul 8 pagi sampai dengan pukul 19. 

Uniknya di Wisata Wonosalam Jombang ini, Anda bisa makan di tengah sungai lho. Anda tentu bisa merasakan sensasi air yang mengalur dan kesejukan diapit pepohonan yang rindang di kanan dan kirinya. 

Anda juga bisa sekedar duduk-duduk dan menikmati alam di pinggir sungai, sambil menikmati kuliner tradisional. Selesai makan, Anda bisa langsung meluncur untuk berenang. Kalau tidak, Anda bisa berkebuh dan memerah sapi. 

P4S dan Ecowisata Banyu Mili 

Wisata Wonosalam Jombang selanjutnya yang wajib Anda kunjungi adalah P4S dan Ecowisata Banyu Mili. Wisata ini berlokasi di Carangwulung, Wonosalam, Gondang, Carangwulung, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. 

Anda bisa mengunjugi Wisata Wonosalam Jombang yang satu ini setiap hari, dari Senin hingga Minggu. Anda juga perlu memperhatikan jam operasionalnya, yakni buka pukul 8 pagi sampai pukul 16. 

Wisata Wonosalam Jombang ini nampaknya cocok dikunjungi oleh Anda bersama keluarga dan anak-anak. Pasalnya kawasan ini menyajikan spot-spot foto Instagramable dan menyajikan beragam wahana permainan yang seru, serta dikelilingi oleh alam yang sejuk dan asri. 

Harga Tiket Masuknya pun sangat murah, yakni hanya Rp 5 Ribu saja. Harga itu juga berlaku untuk tarif parkir motor dan masuk ke spot favorit, yakni Rumah Hobbit. 

Wanawisata Gua Sigolo-Golo 

Bagi Anda pecinta alam, Wisata Wonosalam Jombang yang satu ini sepertinya cocok untuk Anda kunjungi. Nama wisatanya adalah Wanawisata Gua Sigolo-Golo. Lokasinya ada di Sigolo-golo Eco Park, Area Sawah/Kebun, Panglungan, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. 

Anda bisa datang ke Wisata Wonosalam Jombang ini setiap hari, dari Senin hingga Minggu. Wisata ini buka pukul 8.30 dan tutup pada pukul 17. Khusus di hari minggu, Anda bisa datang lebih awal, karena sudah buka sedari pukul 7.30. 

Wisata Wonosalam Jombang yang satu ini menawarkan pesona keindahan bak muncak di Machu Picchu, Peru. Selain itu melekat pula serita mistis yang melekat di balik keindahan goa. 

Konon, kawasan itu pernah menjadi tempat untuk bermeditasi oleh Ayahanda Damar Wulan atau Raden Maudoro dari Kerjaan Majapahit. Penduduk setempat percaya jika orang bersemedi di sana, bisa mendapatkan kesaktian. 

Kampoeng Djawi 

Wisata Wonosalam Jombang lainnya yang bisa Anda kunjungi adalah Dusun, Jl Raya Gondang, Gondang, Carangwulung, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Wisata yang satu ini buka setiap hari, dari mulai pukul 8 pagi sampai dengan pukul 16. 

Di wisata yang satu ini, Anda bisa bermalam di beberapa griya yang sudah ditawarkan. Uniknya, Wisata Wonosalam Jombang ini memiliki konsep arsitektur rumah Jawa Kuno, yang terinspirasi dari beberapa rumah adat Jawa Timur. 

Beberapa griya diantaranya adalah Griya Joglo, Majapahit, Doro Gepak dan Njineman. Ada griya yang bisa digunakan untuk dua orang, sampai untuk 20 orang, dengan harga ratusan ribu dengan fasilitas yang lengkap. 

Apabila tidak mau bermalam, Anda juga tetap bisa datang ke Wisata Wonosalam Jombang ini. Ada paket yang menyediakan makan, karaoke, berenang, coffee break dan tempat tidur untuk sekedar rebahan dengan durasi 8 jam. 

Di Wisata Wonosalam Jombang ini, Anda akan disajikan pemandangan indah tiada duanya, Gunung Anjasmoro yang berdiri gagah. Tampak di sekelilingnya persawahan, pepohonan dan suasana pedesaan yang asri dan masih alami. 

Air Terjun Sekelip 

Bagi Anda yang mau menjajal Wisata Wonosalam Jombang nuansa alam, Air Terjun Sekelip bisa jadi salah satu pilihannya. Wisata ini berada di Wonokerto, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. 

Wisata Wonosalam Jombang yang satu ini sudah buka dari pukul 8 pagi sampai pukul 5 dini hari. Khusus untuk hari Minggu, buka pukul 8 pagi sampai pukul 00.00. Anda bisa menikmati air terjun yang masih sangat alami dan kondisi asri. 

Air Terjun Sekelip ini cukup unik, karena tak terlalu tinggi hanya sekitar 15 Meter. Tetapi air terjun ini bertingkat dua. Di atas air terjun pertama, terdapat air terjun dengan kedalaman kolam yang cukup dalam. Beberapa meter dari kolam pertama, ada air terjun yang lebih tinggi dengan kolam yang tak terlalu dalam. 

Wana Wisata Bukit Pinus Wonosalam 

Tidak hanya DI Yogyakarta, Wisata Wonosalam Jombang juga memiliki wisata alam yang menawarkan pesona Bukit Pinus. Destinasi itu adalah Wana Wisata Bukit Pinus Wonosalam, yang berlokasi di Perhutani, Carangwulung, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. 

Anda bisa datang ke Wisata Wonosalam Jombang ini setiap hari, dari Senin sampai dengan Minggu. Anda bisa datang dari pukul 8 pagi sampai dengan pukul empat sore setiap harinya, dengan harga tiket masuk Rp 10 Ribu saja. 

Awalnya hutan pinus di Wisata Wonosalam Jombang ini dimanfaatkan oleh penduduk lokal untuk diambil getahnya. Tetapi kemudian disulap menjadi tempat wisata Instagramable bernuansa alam dengan beragam spot menarik dan unik untuk dipotret. 

Beberapa spot menarik seperti rumah pohon, bukit payung, hingga wahana sepeda gantung dengan ketinggian 6 Meter. Anda juga bisa menyewa hammock untuk sekedar duduk dan tiduran melihat ke langit biru dan menghirup udara segar di sekeliling pinus. 

Air Terjun Sanggar 

Masih penasaran dengan Wisata Wonosalam Jombang bernuansa alam? Anda bisa mengunjungi wisata Air Terjun Sanggar. Lokasinya ada di Jarak, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur yang buka dari pukul 8 pagi sampai 16, setiap harinya. 

Bagi Anda yang suka dengan tantangan, Wisata Wonosalam Jombang ini sepertinya cocok untuk Anda. Pasalnya untuk menuju air terjun yang satu ini, Anda harus melalui perjalanan untuk menyusuri hutan, karena lokasinya yang tersembunyi. 

Meski lelah menyusuri hutan, semua akan dibayar lunas dengan pesona air terjun yang dikelilingi alam yang masih perawan. Anda akan merasakan udara sejuk, pepohonan rindang dan tampias air dari air terjun yang terbawa angin. 

Di Wisata Wonosalam Jombang ini Anda bisa sekedar duduk menikmati alam, bermain air, berendam atau juga berfoto ria. Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan dan tidak mencorat-coret bebatuan. 

Waroeng Bukit Durian Wonosalam 

Bagi Anda pecinta Buah Durian, Wisata Wonosalam Jombang yang satu ini adalah surganya. Wisata ini berada di Urip, Sumber, Area Sawah/Kebun, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. 

Anda bisa mengatur jadwal perjalanan liburan dengan leluasa. Pasalnya Anda bisa datang ke Wisata Wonosalam Jombang ini dari Hari Senin sampai dengan Minggu. Buka sedari pukul 9 pagi sampai 17 sore. Khusus akhir pekan, wisata ini buka dari pukul 9 pagi dan tutup pada 21 malam. 

Wisata Wonosalam Jombang yang satu ini menawarkan pesona alam yang sejuk dan asri. Anda juga bisa menikmati tidak hanya Buah Durian dan olahannya, melainkan juga bisa menikmati berbagai buah-buahan segar lainnya. 

Setelah icicp-icip buah-buahan, Anda juga bisa kulineran dan makan besar bersama keluarga. Makan menjadi lebih nikmat karena Anda bisa makam sambil menikmati suasana alam yang cantik dan memesona. 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sesmawati

Berita Terkait

Berita Rekomendasi