Netral English Netral Mandarin
10:04wib
Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) mengingatkan pemerintah agar tak mengangkat anggota TNI atau polisi aktif sebagai penjabat gubernur. Survei Indikator Politik Indonesia (IPI) menyatakan sebanyak 58,1 persen masyarakat puas terhadap kinerja Presiden Joko Widodo.
9 Tempat Wisata Alam di Padang yang Bikin Bangga Indonesia

Jumat, 14-Mei-2021 12:15

Pantai Pasumpahan
Foto : Velotow
Pantai Pasumpahan
42

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Indonesia memiliki alam yang indah. Semua membentang dari barat hingga ke ujung timur. Dari darat hingga ke laut. Dari utara hingga selatan. Karenanya, sudah sewajarnyalah, kita sebagai bangsa Indonesia bangga akan hal ini. 

Tak terkecuali dengan pulau Sumatera, khususnya Sumatera Barat. Wilayah ini juga tak absen dalam menyumbangkan pemandangan alam yang indah bagi Indonesia. Bicara soal Sumatera Barat, tahukah Anda tempat-tempat indah yang menjadi tempat berwisata di sana? Jika belum tahu, berikut ini beberapa di antaranya.

1. Pantai Pasumpahan

Pantai Pasumpahan merupakan salah satu tempat wisata bahari yang ada di Sumatera Barat. Keindahan tempat ini banyak diakui berbagai kalangan. Dan bahkan karena hal ini, Pantai Pasumpahan disandingkan dengan Pulau Maldives. Ya, Pantai Pasumpahan disebut sebagai  Maldives-nya Indonesia.

Bukan tanpa sebab, hal ini tentu saja karena Pantai Pasumpahan memiliki air laut yang jernh. Pasir putihnya juga sangat bersih. Ditambah pemandangan alam di sekitarnya yang indah membuat Pantai Pasumpahan terasa bagaikan Maldives.

2. Air Terjun Sarasah

Air Terjun Sarasah disebut juga dengan nama Sarasah Barasok. Dalam bahasa Padang, sarasah’  berarti air terjun. Adapun ‘barasok’ artinya berasap. Jadi dari dua kata tersebut bisa disimpulkan bahwa sarasah barasok itu adalah air terjun yang airnya tampak seperti asap mengepul. Kenapa bisa airnya tampak seperti asap mengepul? Ini terjadi karena aliran air yang mengalir menjadi air terjun tersebut sangat keras dari atas setinggi 20 meter.

Air terjun yang cantik ini berlokasi di Banja Loweh. Akan sangat disayangkan jika Anda melewatkannya saat berkunjung ke Padang. Walaupun untuk mencapainya, Anda harus melewati perjalanan yang cukup terjal.

3. Pantai Padang

Pantai Padang disebut juga sebagai TapLau. Sebuah pantai di Padang yang memiliki pemandangan hamparan pasir putih yang indah dengan aneka bunga cantik di sekelilingnya. Pantai Padang sendiri berdekatan dengan Ramayana Plaza Andalas, dekat dengan Pasar Raya Padang, serta dekat dengan Jembatan Siti Nurbaya.

Selain menikmati pemandangannya yang indah, di Pantai Padang juga Anda bisa menikmati nikmatnya kuliner makanan laut dengan bumbu khas Padang.

4. Air Terjun Lubuk Hitam

Air Terjun Lubuk Hitam berbeda dari tempat wisata air terjun yang lainnya. Air Terjun Lubuk Hitam air terjunnya bertingkat, yakni 3 tingkat, dengan air yang sangat jernih. Keunikannya juga ada pada 3 tingkatan air terjunnya. Masing masing punya ciri yang berbeda. Tingkatan pertama dan kedua, tingginya mencapai 2 meter. Adapun tingkatan terakhir tingginya mencapai 10 meter. Akan tetapi jangan salah, kedua tingkatan ini dapat kita dijangkau, sebab jalurnya rendah dan tidak menanjak. Air Terjun Lubuk Hitam sangat mempesona.

5. Pantai Pasir Jambak

Pantai Pasir Jambak juga sangat indah. Lokasinya berada di Tabing. Dari pusat kota Padang, mungkin banyak memakan waktu sekitar 20 kilometer perjalanan. Keindahan Pantai Pasir Jambak bisa dilihat dari pasir putihnya, kemudian tempatnya yang landau, serta pohon-pohon kelapanya yang tinggi dan bergoyang-goyang saat tertiup angin.

Untuk yang ingin berlama-lama di sana, Anda bisa memanfaatkan fasilitas rumah makannya, homestay, gazebo, serta area parkirnya yang cukup luas dan aman. Datang ke sana di waktu sore hari akan lebih mengesankan, sebab sunset di sana sangatlah indah.

6. Lubuk Paraku

Lubuak Paraku merupakan sebuah kolam yang indah. Kolam ini konon sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Dan mulai tahun 1980-an, tempat ini menjadi primadona tempat wisata alam. Hingga sekarang.

Hal yang menarik dari Lubuak Paraku adalah airnya yang berwarna biru serta sangat jernih. Semuanya semakin sempurna dengan ditambah pepohonan rimbun di sekelilingnya.

7. Pantai Nirwana

Padang memang memiliki banyak pantai. Salah satunya adalah Pantai Nirwana. Sebuah pantai yang juga tak kalah indah dengan pantai-pantai yang sudah disebutkan di atas. Ombaknya yang tidak terlalu seram, pasir putihnya yang menghampar, serta indah pemandangan sekelilingnya membuat Pantai Nirwana banyak disukai siapa saja.

8. Bukit Nobita

Wisata alam yang satu ini memang baru. Akan tetapi keindahannya tak bisa disangkal siapa pun. Ya, Bukit Nobita. Sebuah bukit yang konon mirip dengan bukit menjadi latar di belakang sekolah Nobita, tokoh di serial kartun Doraemon. Pemandangan kota Padang yang indah saat malam hari, bisa Anda saksikan dari tempat ini.

9. Pantai Air Manis

Anda tentu masih ingat dengan legenda Malin Kundang, bukan? Nah batu Malin Kundang ada di pantai ini. Meski cerita Malin Kundang sendiri itu hanya mitos belaka, akan tetapi batu di pantai ini menjadi daya tarik sendiri. Aksesnya yang mudah juga membuat pengunjung ke pantai ini selalu banyak.  

Itu dia 9 tempat wisata alam di Padang yang mesti Anda kenal. Siapa tahu, dalam waktu dekat Anda akan ke Padang dan Anda bingung akan berwisata ke mana. Nah salah satunya, atau bahkan beberapa tempat itu bisa jadi pilihan.

Tapi pastikan ya, update informasi syarat naik pesawat ke sana. Sebab terkait pandemi covid-19, ada banyak pembaharuan. Jangan lupa juga untuk selalu taat protokol kesehatan. Agar Anda selalu sehat dan semua aktivitas tetap berjalan sesuai yang diharapkan.

Reporter :
Editor : Tommy Satria