Netral English Netral Mandarin
20:33 wib
Polisi akan mengumumkan hasil gelar perkara kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan (prokes) dalam acara yang dihadiri oleh selebriti Raffi Ahmad pada Kamis (21/1). Komisi III DPR menyetujui penunjukan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri, setelah mendengarkan pendapat fraksi-fraksi dalam rapat internal Komisi III DPR.
Presiden Jokowi Saksikan Pengucapan Sumpah Anggota Komisi Yudisial

Senin, 21-December-2020 15:21

Presiden Joko Widodo
Foto : Istimewa
Presiden Joko Widodo
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Presiden Joko Widodo menyaksikan pengucapan sumpah anggota Komisi Yudisial untuk masa jabatan tahun 2020-2025. Pengucapan sumpah tersebut digelar pada Senin, (21/12/2020) di Istana Negara, Jakarta.

Pengangkatan para anggota Komisi Yudisial dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 131/P tahun 2020 tentang Pemberhentian dengan Hormat Anggota Komisi Yudisial Masa Jabatan Tahun 2015-2020 dan Pengangkatan Anggota Komisi Yudisial Masa Jabatan Tahun 2020-2025.

Nama-nama anggota Komisi Yudisial sebagaimana tertuang dalam Keppres tersebut ialah:



1. Dr. Joko Sasmito, S.H., M.H.;

2. Drs. M. Taufiq HZ, M.H.I.;

3. Binziad Kadafi, S.H., LL.M., Ph.D.;

4. Sukma Violetta, S.H., LL.M.;

5. Prof. Amzulian Rifai, S.H., LL.M., Ph.D.;

6. Prof. Dr. Mukti Fajar Nur Dewata, S.H., M.Hum.;

7. Dr. Siti Nurdjanah, S.H., M.H.

Komisi Yudisial sebagaimana Pasal 13 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2011 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2004 memiliki wewenang untuk mengusulkan pengangkatan hakim agung dan hakim ad hoc di Mahkamah Agung kepada DPR untuk mendapat persetujuan, menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran martabat, serta perilaku hakim, menetapkan kode etik dan/atau pedoman perilaku hakim bersama Mahkamah Agung, serta melaksanakan kode etik dan/atau pedoman perilaku tersebut.

Pelaksanaan pengucapan sumpah ini digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Maruf Amin untuk kemudian diikuti oleh para tamu undangan terbatas yang hadir.

 

Reporter : PD Djuarno
Editor : Nazaruli