Netral English Netral Mandarin
10:26wib
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan informasi tentang peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia untuk Minggu 1 Agustus 2021. Seluruh gerai Giant di Indonesia resmi tidak lagi beroperasi di Indonesia mulai hari ini, Minggu (1/8/2021).
Aa Gym Ceramah Penyebab Cerai Iman Ndak Kuat, Ilmu Ndak Nambah, Netizen: Di Jawa Julukannya Jarkoni

Senin, 14-Juni-2021 13:17

Aa Gym
Foto : Antara Foto
Aa Gym
3

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Warganet kembali dihebohkan dengan beredarnya video tentang ceramah Aa Gym yang mengulas penyebab perceraian. 

Di akun FB Mak Lambe Turah, sejumlah netizen malah menyebut Aa Gym “jarkoni" yang dalam istilah Jawa berarti mudah mengucapkan tapi tak bisa menjalani.

MLT: “Jarkoni kah??”

Pamungkas: “Itu klo di jawa nama julukanya manusia JARKONI makkk.”

Untuk diketahui, sebuah video lawas ceramah pendakwah kondang Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym kembali disorot warganet.

Video tersebut merupakan video ceramah Aa Gym yang membahas perihal penyebab terjadinya perceraian dalam rumah tangga.

Video ini kembali menjadi sorotan publik usai beredarnya kabar rumah tangga Aa Gym kini tengah goyah dan menjadi buah bibir masyarakat sekarang.

Dalam video tersebut, Aa Gym mengatakan bahwa semakin lama usia pernikahan, semakin banyak pula masalah yang akan bertambah.

“Berumah tangga itu kenapa banyak yang rumah tangganya goyah karena pertambahan waktu kan pertambahan masalah,” tutur Aa Gym seperti yang dikutip dari terkini.id, Minggu, 13 Juni 2021.

Ia kemudian menjelaskan secara detail permasalahan yang menjadi penyebab runtuhnya rumah tangga.

Aa Gym mengatakan bahwa salah satu faktor penyebab rumah tangga goyah adalah kurangnya ilmu pengetahuan.

“Titik lemah terbesar adalah kurang ilmu. Masalah nambah, kesulitan nambah, umur nambah, ilmu kurang nambah. Akibatnya, emosi yang kurang nambah,” ujar Aa Gym.

Menurut Aa Gym, dengan tak berkembangnya pengetahuan yang kita miliki akhirnya mempengaruhi keimanan yang berujung pada perceraian.

“Nikah dengan siapa pun kalau iman kita enggak menguat karena ilmu kita enggak nambah, ya ujungnya mirip. Karena setiap orang masalahnya pasti bertambah,” imbuhnya seperti dinukil Bentengsumbar.com.

Video ceramah Aa Gym ini diunggah oleh kanal YouTube Indosiar pada Sabtu, 12 Januari 2021 lalu.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Wahyu Praditya P