Netral English Netral Mandarin
banner paskah
20:02wib
Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin, Senin (10/5/2021), mengumumkan lockdown atau penerapan perintah kontrol pergerakan (MCO) di seluruh wilayah negara untuk mencegah penyebaran Covid-19. Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat atau penetapan 1 Syawal 1442 Hijriah pada hari ini, Selasa (11/5) secara daring dan luring.

Profil NNC

Netralnews.com berdiri 1 Februari 2016. Nama Netralnews.com dipilih karena media online berita ini ingin menampilkan berita-berita yang bersifat netral, tidak memihak dan mengedepankan etika pers.

Netralnews.com merupakan TRILINGUAL NEWS ONLINE pertama di Indonesia, yang terdiri dari Netral Indonesia (Netralnews.com), NETRAL ENGLISH berdiri pada 9 Januari 2017, dan NETRAL MANDARIN berdiri pada 15 Maret 2017.

Netralnews.com telah terverifikasi oleh Dewan Pers, baik VERIFIKASI ADMINISTRASI maupun VERIFIKASI FAKTUAL.
 

VISI
Menjadi media informasi dan pengetahuan berbasis teknologi yang berguna bagi masyarakat.

MISI
1. Menyediakan informasi dan pengetahuan yang luas bagi pembaca; 
2. Menyediakan ruang bagi para penulis yang ingin berbagi karyanya dalam informasi dan pengetahuan.
3. Menyediakan sarana publikasi untuk para pelaku usaha yang ingin memajukan usaha bisnisnya

TAGLINE
Cermin Bangsa. Artinya, berita-berita yang dipublikasikan dapat menjadi cermin kondisi keadaan masyarakat.

KANAL & FITUR

Kanal-kanal Netralnews.com didesain sesuai dengan tema berita dan membuat setiap pengelompokan berita memiliki karakter. Kanal-kanal tersebut  adalah:

Peristiwa
Memuat berita dan analisa seputar peristiwa yang berkembang saat itu dari dunia politik, hukum, pertahanan dan keamanan, pendidikan, kesehatan, ilmu pengetahuan dan teknologi, lingkungan hidup, berita-berita seputar ibu kota dan sekitarnya, hingga peristiwa yang terjadi di dunia internasional.

Wisata
Mengulas berita terkait pariwisata, tempat-tempat wisata yang menarik di dalam maupun luar negeri, kuliner, dan kebijakan terkait pariwisata.

Bisnis
Menghadirkan berita dan analisa terkait bisnis dan perekonomian seperti bursa saham, nilai tukar mata uang, properti, kebijakan pemerintah terkait ekonomi, UMKM, koperasi.

Otomotif
Menampilkan berita-berita terkait perkembangan dunia otomotif nasional dan internasional.

Olahraga
Menyajikan berita dan analisa tentang dunia olahraga dari berbagai cabang olahraga, termasuk hasil dan analisa pertandingan.

Gaya Hidup
Mengulas tentang berbagai gaya hidup yang menyangkut mode, selebriti, musik, film, kesenian, gadget, dan produk teknologi.

Selain itu, Netralnews.com juga memiliki sejumlah fitur yang terdirsi dari:

Singkap Sejarah
Mengulas tentang fakta-fakta sejarah yang belum diketahui secara umum oleh publik.

Singkap Budaya
Mengulas tentang keunikan berbagai budaya yang ada, terutama di Indonesia.

Sisi Lain
Membahas tentang berbagai kisah misteri yang disajikan dengan lebih menekankan pada urban lagend, di mana membahas soal lokasi dan peristiwa tersebut.

Opini
Memuat tulisan yang mengulas isu yang hangat dan memberikan pandangan atau jalan keluar dari isu yang dibahas.

Persona
Menyajikan profil singkat dari seorang tokoh tentang pemikiran, harapan, impian, dan jatuh bangunnya untuk maju.

Editor’s Note
Menghadirkan pandangan atau editorial Redaksi mengenai isu tertentu.

MANAJEMEN & REDAKSI

Netralnews.com
(PT Netral Kontinental Media)

PEMIMPIN UMUM
Hotma Simatupang

PEMIMPIN REDAKSI / PENANGGUNG JAWAB
Yohanes Crisostomas Kurniantoro

REDAKTUR PELAKSANA
Widita Fembrian Suryo Kusumo
Tommy Satria Ismaya Cahya

REDAKTUR
Sulha Handayani.

ASISTEN REDAKTUR
Irawan Hadi Prayitno, Nazaruli, Sesmawati

REPORTER
Adiel Manafe, Dimas Elfarisi, PD Djuarno, Wahyu Praditya Purnomo, Martina Rosa Dwi Lestari

PENULIS
Taat Ujianto

 

KONTAK KAMI
redaksi@netralnews.com

Iklan
iklan@netralnews.com

ALAMAT REDAKSI

Cohive 101, 10F Room 9 
Jl. Mega Kuningan Barat Blok E. 4-7 No. 1
Kawasan Mega Kuningan 
Jalarta Selatan 12950 
Hubungi Kami : redaksi@netralnews.com

PEDOMAN SIBER

Kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB. Keberadaan media siber di Indonesia juga merupakan bagian dari kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers.


Media siber memiliki karakter khusus sehingga memerlukan pedoman agar pengelolaannya dapat dilaksanakan secara profesional, memenuhi fungsi, hak, dan kewajibannya sesuai Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Untuk itu Dewan Pers bersama organisasi pers, pengelola media siber, dan masyarakat menyusun Pedoman Pemberitaan Media Siber sebagai berikut:


1. Ruang Lingkup
Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers. Isi Buatan Pengguna (User Generated Content) adalah segala isi yang dibuat dan atau dipublikasikan oleh pengguna media siber, antara lain, artikel, gambar, komentar, suara, video dan berbagai bentuk unggahan yang melekat pada media siber, seperti blog, forum, komentar pembaca atau pemirsa, dan bentuk lain.


2. Verifikasi dan keberimbangan berita
    a. Pada prinsipnya setiap berita harus melalui verifikasi.
    b. Berita yang dapat merugikan pihak lain memerlukan verifikasi pada berita yang sama untuk memenuhi prinsip akurasi dan keberimbangan.
    c. Ketentuan dalam butir (a) di atas dikecualikan, dengan syarat:
        - Berita benar-benar mengandung kepentingan publik yang bersifat mendesak;
        - Sumber berita yang pertama adalah sumber yang jelas disebutkan identitasnya, kredibel dan kompeten;
        - Subyek berita yang harus dikonfirmasi tidak diketahui keberadaannya dan atau tidak dapat diwawancarai;
        - Media memberikan penjelasan kepada pembaca bahwa berita tersebut masih memerlukan verifikasi lebih lanjut yang diupayakan dalam waktu secepatnya. Penjelasan dimuat pada bagian akhir dari berita yang sama, di dalam kurung dan menggunakan huruf miring.
    d. Setelah memuat berita sesuai dengan butir (c), media wajib meneruskan upaya verifikasi, dan setelah verifikasi didapatkan, hasil verifikasi dicantumkan pada berita pemutakhiran (update) dengan tautan pada berita yang belum terverifikasi.


3. Isi Buatan Pengguna (User Generated Content)
    a. Media siber wajib mencantumkan syarat dan ketentuan mengenai Isi Buatan Pengguna yang tidak bertentangan dengan Undang-Undang No. 40 tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik, yang ditempatkan secara terang dan jelas.
    b. Media siber mewajibkan setiap pengguna untuk melakukan registrasi keanggotaan dan melakukan proses log-in terlebih dahulu untuk dapat mempublikasikan semua bentuk Isi Buatan Pengguna. Ketentuan mengenai log-in akan diatur lebih lanjut.
    c. Dalam registrasi tersebut, media siber mewajibkan pengguna memberi persetujuan tertulis bahwa Isi Buatan Pengguna yang dipublikasikan:
        - Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul;
        - Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan;
        - Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
    d. Media siber memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus Isi Buatan Pengguna yang bertentangan dengan butir (c). Media siber wajib menyediakan mekanisme pengaduan Isi Buatan Pengguna yang dinilai melanggar ketentuan pada butir (c). Mekanisme tersebut harus disediakan di tempat yang dengan mudah dapat diakses pengguna.
    e. Media siber wajib menyunting, menghapus, dan melakukan tindakan koreksi setiap Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan dan melanggar ketentuan butir (c), sesegera mungkin secara proporsional selambat-lambatnya 2 x 24 jam setelah pengaduan diterima.
    f. Media siber yang telah memenuhi ketentuan pada butir (a), (b), (c), dan (f) tidak dibebani tanggung jawab atas masalah yang ditimbulkan akibat pemuatan isi yang melanggar ketentuan pada butir (c).
    g. Media siber bertanggung jawab atas Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan bila tidak mengambil tindakan koreksi setelah batas waktu sebagaimana tersebut pada butir (f).


4. Ralat, Koreksi, dan Hak Jawab
    a. Ralat, koreksi, dan hak jawab mengacu pada Undang-Undang Pers, Kode Etik Jurnalistik, dan Pedoman Hak Jawab yang ditetapkan Dewan Pers.
    b. Ralat, koreksi dan atau hak jawab wajib ditautkan pada berita yang diralat, dikoreksi atau yang diberi hak jawab.
    c. Di setiap berita ralat, koreksi, dan hak jawab wajib dicantumkan waktu pemuatan ralat, koreksi, dan atau hak jawab tersebut.
    d. Bila suatu berita media siber tertentu disebarluaskan media siber lain, maka:
        - Tanggung jawab media siber pembuat berita terbatas pada berita yang dipublikasikan di media siber tersebut atau media siber yang berada di bawah otoritas teknisnya;
        - Koreksi berita yang dilakukan oleh sebuah media siber, juga harus dilakukan oleh media siber lain yang mengutip berita dari media siber yang dikoreksi itu;
        - Media yang menyebarluaskan berita dari sebuah media siber dan tidak melakukan koreksi atas berita sesuai yang dilakukan oleh media siber pemilik dan atau pembuat berita tersebut, bertanggung jawab penuh atas semua akibat hukum dari berita yang tidak dikoreksinya itu.
    e. Sesuai dengan Undang-Undang Pers, media siber yang tidak melayani hak jawab dapat dijatuhi sanksi hukum pidana denda paling banyak Rp500.000.000 (Lima ratus juta rupiah).


5. Pencabutan Berita
    a. Berita yang sudah dipublikasikan tidak dapat dicabut karena alasan penyensoran dari pihak luar redaksi, kecuali terkait masalah SARA, kesusilaan, masa depan anak, pengalaman traumatik korban atau berdasarkan pertimbangan khusus lain yang ditetapkan Dewan Pers.
    b. Media siber lain wajib mengikuti pencabutan kutipan berita dari media asal yang telah dicabut.
    c. Pencabutan berita wajib disertai dengan alasan pencabutan dan diumumkan kepada public.


6. Iklan
    a. Media siber wajib membedakan dengan tegas antara produk berita dan iklan.
    b. Setiap berita/artikel/isi yang merupakan iklan dan atau isi berbayar wajib mencantumkan keterangan 'advertorial', 'iklan', 'ads', 'sponsored', atau kata lain yang menjelaskan bahwa berita/artikel/isi tersebut adalah iklan.


7. Hak Cipta
    Media siber wajib menghormati hak cipta sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.


8. Pencantuman Pedoman
    Media siber wajib mencantumkan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini di medianya secara terang dan jelas.


9. Sengketa
    Penilaian akhir atas sengketa mengenai pelaksanaan Pedoman Pemberitaan Media Siber ini diselesaikan oleh Dewan Pers.

    
    Jakarta, 3 Februari 2012
    (Pedoman ini ditandatangani oleh Dewan Pers dan komunitas pers di Jakarta, 3 Februari 2012).

Kontak Kami

Alamat

Cohive 101, 10F Room 9
Jl. Mega Kuningan Barat Blok E. 4-7 No. 1
Kawasan Mega Kuningan
Jalarta Selatan 12950

Subscribe Newsletter Kami

Dapatkan update berita terkini ke email Anda dari netralnews.com