Netral English Netral Mandarin
12:10 wib
Indonesia menempatkan tiga wakilnya pada babak perempat final Toyota Thailand Open 2021 yang akan berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Jumat (22/1). Pemerintah resmi memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) selama dua pekan mulai 25 Januari hingga 8 Februari 2021.
Acuh pada COVID-19, Kini 23 Juta Orang di California Terpapar

Senin, 07-December-2020 16:00

Kini sebanyak 23 juta orang di California terpapar Covid-19.
Foto : Antara
Kini sebanyak 23 juta orang di California terpapar Covid-19.
11

LOS ANGELES, NETRALNEWS.COM -Lebih dari 23 juta orang di California Selatan pada Minggu (6/12) siap menghadapi penguncian paling ketat di Amerika Serikat ketika kasus COVID-19 melonjak ke tingkat tertinggi di negara bagian terpadat itu.

Pembatasan di California itu diperintahkan oleh Gubernur Gavin Newsom untuk diberlakukan berdasarkan per wilayah saat ranjang unit perawatan intensif rumah sakit mencapai kapasitasnya.

Newsom menyerukan agar bar, salon rambut dan kuku dan toko tato tutup lagi. Pada pukul 11.59 malam pada Minggu, daerah yang terkena dampak, termasuk California Selatan, juga diharuskan menutup restoran bahkan di luar ruangan.



Newsom, politisi Demokrat di masa jabatan pertama, mengancam menahan dana dari pemerintah daerah yang menolak melaksanakan pembatasan.

Tindakan keras itu membuat marah beberapa warga California delapan bulan setelah pandemi dan beberapa pejabat penegak hukum. Para sheriff di Los Angeles dan Riverside County mengatakan mereka tidak akan membantu memaksakan penguncian itu.

"Kantor Sheriff Riverside County tidak akan dipaksa, dirisak atau digunakan sebagai kekuatan melawan penduduk Riverside County dalam penegakan perintah gubernur," kata Sheriff Riverside County Chad Bianco dalam pesan video yang dipasang di laman departemen.

Wilayah Teluk San Francisco juga akan dikunci mulai pukul 10 malam, pada Minggu, di bawah serangkaian perintah terpisah yang dikeluarkan oleh Wali Kota London Breed.

Newsom dan Breed sama-sama dikritik tajam setelah makan malam terpisah di restoran mewah Lembah Napa, French Laundry, pada November meski berulang kali memperingatkan warga California untuk menghindari kegiatan seperti itu.

California melaporkan lebih dari 30.000 kasus baru pada Minggu, melebihi angka sebelumnya negara bagian itu yaitu 21.986 yang ditetapkan pada 4 Desember, dan menandai rekor baru untuk pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit. New Jersey, North Carolina, Virginia dan West Virginia juga mengumumkan rekor kenaikan infeksi baru dalam satu hari.

Ketika AS berjuang di bawah gelombang mutakhir pandemi, Dr. Deborah Birx, koordinator tanggapan virus corona Gedung Putih, mengeluh pada Minggu tentang pesan beragam yang datang dari para gubernur AS.

"Saat ini, di seluruh Sun Belt, kami memiliki gubernur dan wali kota yang memiliki kasus yang setara dengan apa yang mereka alami di musim panas namun tidak menerapkan kebijakan dan mitigasi yang sama dengan yang mereka lakukan di musim panas, yang mereka tahu telah mengubah arah pandemi ini di seluruh Selatan, " katanya dalam sebuah wawancara di acara "Meet the Press" NBC.

Presiden terpilih Joe Biden, seorang Demokrat yang mengalahkan Donald Trump dalam pemilihan 3 November, mengatakan bahwa saat menjabat pada 20 Januari dia akan memberlakukan wajib menggunakan masker di tempat yang jadi otoritasnya, seperti di gedung federal dan untuk perjalanan antarnegara bagian.

Di New York City, salah satu episentrum awal pandemi AS, beberapa sekolah umum di distrik sekolah terbesar di negara itu bersiap untuk dibuka kembali untuk kelas tatap muka setiap hari pada Senin setelah penutupan seluruh kota.

Diperkirakan 190.000 anak dalam program yang ditujukan untuk anak usia dini, sekolah dasar dan siswa berkebutuhan khusus akan memenuhi syarat untuk kembali ke ruang kelas.

Dilansir Antara, negara bagian tetangga New Jersey pada akhir pekan menghentikan olahraga pemuda dalam ruangan setelah setidaknya 28 penularan menjangkiti 170 orang. Larangan Gubernur Phil Murphy menyasar pada olahraga seperti bola basket, hoki es, dan renang, termasuk praktik berlatih dan kompetisi, hingga selekasnya 2 Januari.

 

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Sulha Handayani