Netral English Netral Mandarin
banner paskah
04:35wib
Seorang anggota TNI AD berinisial DB luka-luka dan anggota kepolisian berinisial YSB tewas setelah diduga menjadi korban pengeroyokan oleh orang tak dikenal. Sebuah survei yang diinisiasi Lembaga Survei Indonesia (LSI) menemukan mayoritas pegawai negeri sipil (PNS) menilai tingkat korupsi di Indonesia meningkat.
City Hatchback Meluncur Honda Jazz Stop Produksi, HPM: Jika Ada Kebutuhan akan Kita Pasarkan Lagi

Kamis, 04-Maret-2021 14:47

Honda City Hatchback
Foto : honda-indonesia.com
Honda City Hatchback
32

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - PT Honda Prospect Motor (HPM) menghentikan produksi Honda Jazz di Indonesia seiring diluncurkannya Honda City Hatchback pada Rabu (3/3/2021) kemarin.

Menurut Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy, bulan Januari 2021 kemarin terakhir kali Honda Jazz kali diproduksi dan semua mobil Jazz produksi saat itu sudah dikirim ke jaringan dealer Honda.

"Untuk saat ini kami memang tidak memproduksi lagi Honda Jazz di Indonesia. Namun kami terus mempelajari kebutuhan konsumen, sehingga tidak menutup kemungkinan untuk kembali memasarkan model (Jazz) ini lagi jika memang ada pasarnya dan kebutuhan dari konsumen," ujar Billy, dalam konferensi virtual, Rabu (3/3).

Dihentikannya produksi Jazz di Indonesia sedikit mengejutkan masyarakat khususnya pada pecinta mobil hatchback Honda tersebut. Pasalnya Honda Jazz adalah salah satu mobil yang disenangi anak-anak muda karena punya karakter sporty dan praktis di bawa kemana-mana.

Tak heran penjualan mobil jenis ini cukup laris di pasaran, per tahunnya bahkan mencapai belasan hingga puluhan ribu unit.

Honda Jazz mampu terjual sebanyak 24.844 unit pada tahun pertamanya mengaspal di Indonesia tahun 2004. Tahun 2005 animo masyarakat semakin tinggi untuk memiliki Honda Jazz, terbukti dengan kenaikan penjualan mencapai 32.241 unit dalam setahun. Ini adalah puncak kejayaan Honda Jazz di Indonesia di mana penjualannya paling banyak.

Setelah itu, Pada 2006, penjualan Honda Jazz menurun jadi 18.581 unit. Di tahun-tahun berikutnya, penjualan Honda Jazz di kisaran angka 15 ribu sampai 27 ribuan unit. Penurunan itu terus terjadi hingga puncaknya pada tahun 2020, HPM hanya mampu menjual Honda Jazz sebanyak 5.422 unit. Meski ikut dipengaruhi pandemi Covid-19, namun HPM lebih memilih untuk menyetop produksi Honda Jazz untuk digantikan dengan model yang lebih segar yaitu City Hatchback.

Jika dihitung total, peredaran Honda Jazz di Indonesia Sudah mencapai 327.394 unit berdasarkan data penjualan wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) yang dicatat Gaikindo, selama 2004-2020.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Irawan HP