Netral English Netral Mandarin
21:51wib
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mewacanakan mengganti maskapai BUMN PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dengan Pelita Air milik PT Pertamina (Persero). Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) akan menggelar unjuk rasa mengevaluasi 2 tahun kinerja Jokowi-Ma'ruf bersama Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak), Kamis (28/10).
Ada Tes Pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika Tahun Depan

Kamis, 07-Oktober-2021 17:50

Sirkuit Mandalika.
Foto : Antara
Sirkuit Mandalika.
16

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Coporation (ITDC) memastikan sirkuit Pertamina Mandalika International Street Circuit akan menjadi lokasi tes pramusim bagi ajang balapan dunia bergengsi MotoGP.

"Tahun depan yang sudah pasti kita menjadi lokasi untuk tes pramusim atau pre-season test yang biasanya digelar di Sepang, Malaysia," ujar Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer dalam konferensi pers daring di Jakarta, Kamis (7/10/2021).

Dia menambahkan bahwa Indonesia masuk sebagai ajang uji coba sebelum seri balapan MotoGP dimulai.

"Insya Allah pada Kamis (7/10) jam 12.00 waktu Eropa akan diumumkan oleh Dorna terkait tanggal definitif event MotoGP di Mandalika. Nanti sore kita tunggu pengumuman tersebut akan diumumkan tanggal pastinya," katanya. 

ITDC sudah menyelesaikan pembangunan lintasan utama atau main track sirkuit, sehingga jika diadakan ajang balapan maka sirkuit tersebut sudah bisa digunakan.

ITDC sendiri saat ini sedang mengejar pembangunan fasilitas pendukung yang terdiri dari race control building, paddock, pit stop. Sedangkan untuk fasilitas landasan helikopter sendiri telah selesai.

"Jadi sekarang kami berkonsentrasi untuk menyelesaikan fasilitas pendukung dan Insya Allah pada akhir Oktober 2021 akan selesai. Hal ini dikarenakan pada 12-14 November sudah akan dimulai oleh ajang balapan Idemitsu Asia Talent Cup," kata Abdulbar.

Ajang Idemitsu Asia Talent Cup yang juga dikelola oleh Dorna Group merupakan ajang balapan bagi pembalap-pembalap berbakat yang berusia muda, dan dalam ajang ini Indonesia memiliki empat wakilnya.

Idemitsu Asia Talent Cup tersebut menjadi ajang balapan pembuka sebelum ajangWorld Superbike 2021 digelar pada 19-21 November 2021.

"Ini menjadi tujuan kita semuanya, sehingga tahun depan kita harus persiapan untuk MotoGP dan World Superbike sebagai trial untuk mencoba persiapan sirkuit dan semuanya," kata Abdulbar seperti dilansir dsri Antara.

Reporter : Antara
Editor : Irawan HP