3
Netral English Netral Mandarin
01:24 wib
Tercatat sebanyak 21,5 juta orang lansia akan mengikuti program vaksinasi Covid-19. Ada dua mekanisme vaksinasi Covid-19 pada lansia. BMKG memperingatkan sejumlah daerah di Jawa Barat yang berpotensi banjir atau banjir bandang dengan status siaga dan waspada mulai 24-25 Februari 2021.
Ade Armando: Ada Banyak Ulama Yakin Jilbab Tidak Wajib, Netizen Malah Bilang Begini

Sabtu, 06-Februari-2021 20:57

Pakar komunikasi dan dosen Universitas Indonesia (UI) Ade Armando
Foto : Istimewa
Pakar komunikasi dan dosen Universitas Indonesia (UI) Ade Armando
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (NU) Sukron Makmun mengatakan memakai jilbab bagi muslim hukumnya tak wajib. Hal ini lantaran maraknya persoalan aturan jilbab di salah satu sekolah negeri di Padang. 

Menurut Sukron memakai jilbab itu sebenarnya soal fesyen saja. Sebab wajib atau tidaknya memakai jilbab bagi seorang wanita muslim, sebenarnya masih jadi perdebatan di kalangan ulama, alias belum ada satu kata pasti. Dia berpandangan kalau jilbab sebenarnya sebagai sesuatu yang tak wajib.

 

“Suka-suka saja, kalau cantiknya pakai jilbab silakan, kalau tidak ya silakan,” kata Sukron Makmun seperti yang dikutip dari Hops id.

 

Terkait hal itu pakar komunikasi dan dosen Universitas Indonesia (UI) Ade Armando angkat bicara.

 

Ade mengatakan karena banyak ulama yakin tidak wajib maka dia berharap jangan menyalahkan pemerintah jika melarang ada pemaksaan pemakaian jilbab di sekolah.

 

"Ada banyak ulama yakin jilbab tidak wajib. Jadi jangan salahkah pemerintah ya kalau pemerintah melarang ada pemaksaan jilbab di sekolah," tulis Ade Armando di akun Twitternya, Sabtu (6/2/2021).

 

Cuitan Ade Armando pun direspon berbagai komentar pro dan kontra oleh netizen. Berikut rangkumannya seperti yang terpantau oleh netralnews.com, Sabtu (6/2/2021).

@Dedi_Setiadi87: Pak Dosen, jikalau ad rujukan ulama yg tidak wajib jilbab, bukan berarti itu merupakan pembenaran utk tidak jilbab. Rujukannya adalah al quran. Perintah jilbab adalah wajib pada quran. Tks.

@WidjajaDhamar: Aku ngk paham agama. Tp kl dlm Al Quran itu wajib. Yg mengajarkan anak pake jilbab itu ortu. Bukan kewajiban sekolah. Nanti di akhirat yg ditanya ortu bukan kepala sekolah. Dan jg anak2 sdj pakai seragam yg sopan. Rok panjang baju tdk ketat.

@Kentir_suloyo: busana Nusantara lebih indah dan berbudaya kog

@hendrajaya1404: Yang pasti tidak ada korelasi antara busana dgn moralitas....kalo cuma untuk menghindari pelecehan lelaki & menghindari timbulnya syahwat lelaki yg melihatnya, maka kaum lelakilah yg seharusnya memperbaiki moralitas,mental & akhlaknya.Para ulama pun berdeda tafsir dalam hal ini..

@aspriatna1: Mengenakan jilbab bagi wanita muslim itu perintah Allah

Reporter : Sesmawati
Editor : Sesmawati