Netral English Netral Mandarin
08:19 wib
Para tenaga medis yang kelelahan diduga menjadi salah satu penyebab meningkatnya angka kematian akibat Covid-19 di DKI Jakarta. Sebab, pada saat yang sama angka penambahan kasus terus meningkat. Keputusan untuk melanjutkan atau tidak operasi gabungan  pencarian dan evakuasi korban serta puing pesawat Sriwijaya Air SJ 182 oleh tim Badan SAR Nasional (Basarnas) bakal diputuskan Senin (18/1).
Kak Seto Cek Psikologi Cucu HRS, AA: Saya Setuju, Cucu Rizieq Korban Kebiadaban Kakeknya

Minggu, 20-December-2020 11:59

Ade Armando mengatakan Saya Setuju, Cucu2 Rizieq Itu Korban Kebiadaban Kakeknya
Foto : Istimewa
Ade Armando mengatakan Saya Setuju, Cucu2 Rizieq Itu Korban Kebiadaban Kakeknya
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Seto Mulyadi atau yang akrab disapa Kak Seto menyambangi Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Kedatangan Kak Seto untuk mengecek kondisi psikologis cucu dari pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab usai insiden penembakan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek beberapa waktu lalu.

Menanggapi apa yang dilakukan Kak Seto, Dosen Universitas Indonesia Ade Armando, melalui akun Twitternya, Minggu (20/12/20) mengatakan: "Saya setuju dg langkah Kak Seto. Cucu2 Riziek itu korban kebiadaban kakeknya. Harus ada yg melindungi mereka."

Sebelumnya diberitakan, Kak Seto tiba di Jalan Petamburan III, Selasa (15/12/2020), sekitar pukul 16.05 WIB. Dia mengenakan batik berwarna perpaduan kuning dan cokelat serta celana hitam. Tas ransel berwarna hitam turut Kak Seto gendong.

Tidak lama berselang, pada pukul 16.51 WIB, Kak Seto keluar dari Gang Paksi tempat kediaman Habib Rizieq. Kak Seto menyempatkan diri untuk berfoto dengan beberapa anggota Laskar Pembela Islam (LPI) dan warga setempat.

Kak Seto menjelaskan maksud kedatangannya ke kediaman Habib Rizieq. Kak Seto mengatakan kedatangannya untuk melihat kondisi psikologis cucu dari Habib Rizieq.

"Cuma lihat-lihat aja kondisi psikologis dari cucu-cucu Habib Rizieq itu," ujar Kak Seto saat ditemui.

Selain itu, sebagai seorang pemerhati anak, Kak Seto merasa terpanggil untuk menengok langsung kondisi mereka.

"Ya waktu itu kan ada keterangan pers dari Komnas HAM, Komnas Perempuan, dan Perlindungan Anak ikut memperhatikan ikut melihat sendiri keadaan anak-anak. Kami juga terpanggil untuk itu," terangnya.

Kak Seto mengatakan ada sekitar belasan anak dan cucu berada di dalam kediaman Habib Rizieq. Dia membeberkan kondisi cucu dan anak Habib Rizieq, termasuk yang masih bayi.

"Ya (ada) 12 lah... anak-anak dan putra putri dari Habib juga yang umur 14 dan 15 ada juga. Yang bungsu. Cucunya yang kembar, ada yang masih bayi. Yang bayi itu sekitar 1 tahun juga masih ada. Jadi ini yang ingin kami lihat kondisi psikologisnya. Karena waktu itu kan diceritakan akan ke Karawang 1 keluarga besar semua ikut. Tapi dengan adanya peristiwa itu kan kami juga ingin melihat dampak pada anaknya," jelas Kak Seto.

"Ya saat ini kami lihat dalam kondisi baik," tambahnya.

Meski dalam kondisi baik, Kak Seto mengkhawatirkan trauma baru datang setelah beberapa hari atau bulan kemudian. Untuk itu, dia memastikan akan kembali ke Petamburan supaya bisa memantau kondisi cucu Habib Rizieq.

"Tapi yang kami khawatirkan adalah kalau ada suatu trauma yang lanjutan yang menyusul baru muncul berapa hari atau bulan misalnya begitu. Tapi saya juga minta izin mungkin nanti berapa hari atau minggu ingin lihat kondisinya," tandas Kak Seto dinukil Detik.com.



Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto