Netral English Netral Mandarin
12:03wib
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan informasi tentang peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia untuk Minggu 1 Agustus 2021. Seluruh gerai Giant di Indonesia resmi tidak lagi beroperasi di Indonesia mulai hari ini, Minggu (1/8/2021).
Ahok Hapus Fasilitas Kartu Kredit Pejabat Pertamina, PKB: Itu Urusan Internal, Tak Perlu Diumbar ke Publik

Rabu, 16-Juni-2021 22:20

Komisaris Utama PT Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama
Foto : Istimewa
Komisaris Utama PT Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama
7

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua Komisi VI DPR Faisol Riza menyoroti kebijakan Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menghapus fasilitas kartu kredit bagi dewan direksi, komisaris, hingga manajer PT Pertamina.

Menurut Faisol, Ahok seharusnya tidak mengumbar hal tersebut ke publik karena persoalan kartu kredit merupakan urusan internal. "Kartu kredit urusan internal, tidak perlu disampaikan ke publik," kata Faisol kepada wartawan, Rabu (16/6/2021).Faisol mengatakan bahwa yang diharapkan Komisi VI DPR dari Ahok adalah bagaimana melakukan gebrakan untuk meningkatkan kinerja Pertamina supaya mampu bersaing dengan korporasi internasional.

"Yang kita tunggu dari aksi-aksi Pertamina bukan urusan kartu kredit, tapi kita menunggu aksi-aksi korporasi berskala global yang bisa membawa Pertamina bersaing dengan perusahaan-perusahaan migas kelas dunia," ujar politisi PKB itu.

Sebelumnya, Ahok mengungkapkan bahwa pihaknya menghapus fasilitas kartu kredit bagi dewan direksi, komisaris, hingga manajer PT Pertamina. Alasan utama dari keputusan itu adalah untuk menghemat pengeluaran perusahaan.

Selain itu, Ahok menjelaskan bahwa penghapusan fasilitas kartu kredit  juga dilakukan sebagai bentuk kontrol dari kemungkinan pemakaian yang tidak tepat sasaran.

Lagi pula, lanjutnya, penggunaan kartu kredit oleh jajaran Pertamina tidak ada hubungannya dengan memajukan kinerja perusahaan.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu memastikan kebijakan penghapusan fasilitas kartu kredit sudah disampaikan dalam rapat umum pemegang saham dan disetujui seluruh anggota dewan direksi serta komisaris. 

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Wahyu Praditya P