Netral English Netral Mandarin
18:34wib
Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melarang kegiatan buka puasa bersama saat ramadan seiring dengan pandemi Covid-19. Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan melarang total operasi semua moda transportasi darat, laut, udara, kereta pada 6 Mei-17 Meri 2021.
Sebut-Sebut Nabi Muhammad, Ahok Kena Semprot Politisi PAN, Netizen: Tuh kan, Langsung jos Dagangan Ahok

Selasa, 02-Maret-2021 07:46

Basuki Tjahja Purnama atau Ahok kembali jadi sorotan karena menyebut-nyebut Nabi Muhammad
Foto : Berita Heboh
Basuki Tjahja Purnama atau Ahok kembali jadi sorotan karena menyebut-nyebut Nabi Muhammad
17

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Mustofa Nahrawardaya semprot Ahok sebut Nabi Muhammad dagang di masa lalu, bukan hanya dakwah. Mustofa Nahra menyebut ucapan Ahok jorok karena campuri urusan agama lain.

Mustofa Nahra tak senang dengan ucapan Ahok itu karena dinilai ikut campur dalam urusan agama lain. Mustofa menyebut apa yang dilakukan Ahok sebagai tindakan yang tidak elok dan jorok.

Dalam sebuah cuitan yang diunggah Senin (1/3/2021) Mustofa mengomentari sebuah artikel berita yang memuat pernyataan Ahok tentang Nabi Muhammad.

"Tolong Koh @basuki_btp TIDAK USAH ikut campur urusan agama lain secara terbuka seperti ini. Tidak elok. Jorok," tulis Mustofa dalam cuitannya.

Pernyataan Mustofa juga menjadi sorotan warganet di akun Mak Lambe Turah. Selasa (2/3/21), sejumlah netizen berkomentar/

MLT: "Next gorengan? Monmaap sebelomnya Mak ngomong dulu kalo artikel ini tidak baik untuk kesehatan Bumil."

Ammylia Prastanti: "Lha emang pedagang kan."

Kinah Sa: "Tuh orang baper makkkk."

Ming Hawu Latta: "Tuh kan, langsung jos dagangan ahok."

Cinta Coad: "iri dia karena Ahok yg non muslim tahu juga sejarah Nabi MUHAMMAD SAW. Pedagang itu bukan pegawai, bebas tidak harus menurut aturan orang lain, seperti soal waktu shalat, libur hari jumat buat yg muslim, tidak terikat dengan aturanorang lain, istilahnya bos untuk diri sendiri. Dan kalau mau kaya, jadi pedagang lah jalannya. Sudah di contohkan jadi pedagang oleh rasulullah, benar pesantren kalau bisa mandiri dan santrinya selain belajar agama juga bisa belajar menjadi kuat secara ekonomi kan mantab, tidak akan lagi mengharap sumbangan. Untung kalau yg nyumbang ikhlas kalau nyumbang tapi ada udang di balik batu? jadi terbelenggu dah."

Yustin Olymp: "Ahok ni gk kapok jg, udah dibilang jgn singgung apapun lg ttg agama yg satu itu, masiiiiiihhh aja..."

Ucapan Lengkap Ahok

Basuki Tjahja Purnama atau Ahok ungkap Nabi Muhammad berdagang, tak hanya berdakwah di zaman dulu. Dia pun minta maaf, bukan untuk menafsirkan sosok Nabi Muhammad.

Bicara soal Nabi Muhammad, Ahok yang juga Komisaris Utama PT Pertamina itu menginginkan agar pondok pesantren di tanah air bisa memiliki sumber penghasilan secara mandiri.

Ahok menyinggung sosok Nabi Muhammad yang mahir berdagang. Para santri harus contoh Nabi Muhammad.

"Mohon jangan jadi masalah ya. Saya berpikir Nabi Muhammad dulu juga bukan cuma dakwah. Beliau juga dagang. Jadi ini jangan dipersoalkan nanti, dibilang saya menafsir-nafsirkan nabi ribut lagi nanti. Ini saya mohon maaf, saya bikin disclaimer dulu ini," terang Ahok.

Hal itu diutarakan langsung oleh Ahok dalam acara Milad Pondok Pesantren Motivasi Indonesia ke-19 yang bertajuk "Pandemi dan Geliat Kemandirian Pesantren", Minggu (28/2/2021).

Dalam kesempatan itu, Ahok mengaku berhati-hati saat berbicara tentang Nabi Muhammad. Kata dia, hal tersebut dimaksudkan untuk menghindari keributan.

Ahok kemudian bercerita bahwa dia pernah dikenalkan oleh seorang kiai asal Tingkok oleh almarhum eks Sekda DKI Jakarta Saefullah. Meski lupa namanya, Ahok tetap mengingat bahwa dia sempat kaget karena orang yang dikenalkan kepadanya itu ternyata memiliki bisnis besar.

"Waktu ketemu sama saya, dia pakai kaos, celana biasa gitu. Itu kayak engkoh-engkoh di Glodok. Eh gak taunya itu dia lulusan Harvard Amerika," ujar Ahok.

"Ini kiai dan beliau punya restoran banyak. Banyak banget restorannya di Tiongkok," sambungnya meyakinkan.

Ahok melanjutkan, restoran itu bukan satu-satunya bisnis yang dimiliki oleh kiai tersebut. Kata dia, ada bisnis lain diantaranya pabrik lampu. Menyoroti sosok kiai yang juga pebisnis besar tersebut, Ahok meminta para santri juga dibekali pengetahuan serupa.

"Para santri ini dilatih bisnis. Bukan cuma dilatik kerja, dilatih bisnis, dilatih berbahasa Inggris dengan baik, mengerti juga tentang saham. Wah anak S2 pasti kalah ini," tuturnya.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto