3
Netral English Netral Mandarin
22:41 wib
Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Bali United dalam laga uji coba yang akan berlangsung hari ini. Pemerintah masih menganggap persoalan di tubuh Partai Demokrat yang berujung pada Kongres Luar Biasa (KLB) di Deli Serdang merupakan persoalan internal partai.
AHY Harus Dekati Partai Demokrat AS untuk Muluskan Tiket ke RI 1, FH: Opo Meneh Iki?

Rabu, 27-January-2021 19:18

Mantan politisi Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean (FH)
Foto : Istimewa
Mantan politisi Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean (FH)
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Menyambut Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) disarankan membangun hubungan antar partai politik dengan Partai Demokrat Amerika Serikat.

Kabar ini membuat keget mantan anggota Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean. Ia sangat heran dengan saran yang harus ditempuh oleh AHY tersebut.

“Opo meneh iki,” tulis Ferdinand di akun Twitternya, Rabu (27/1/2021).

Kedekatan dengan Partai Demokrat dengan AHY akan memuluskan jalannya meraih kursi Presiden Indonesia (RI 1). Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah seperti dilansir dari RMOL, Senin (25/1).

Menurut Dedi, relasi internasional sangatlah diperlukan apalagi negara sebesar Amerika Serikat yang memiliki pengaruh global.

Meski demikian, sosok AHY  sebagai politisi yang paling memungkinkan adalah membangun hubungan baik dengan partai di level internasional.

"Relasi internasional sangat perlu, terutama AS karena miliki pengaruh global, hanya saja tidak mendesak bagi AHY untuk saat ini, karena faktor pengaruh bertemu Biden bagi politisi non pejabat publik tidak banyak," kata Dedi kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (25/1).

Imbas dari terbangunnya relasi dengan Partai Demokrat AS, kata Dedi dapat memunculkan stigma yang relevan. Apalagi, ditambahkan Dedi dari sisi nama sudah memiliki kesamaan.

Dedi meyakini, dengan kedekatan dengan Partai Demokrat AS, akan efektif bagi AHY untuk membangun hubungan baik dengan Joe Biden yang saat ini menjadi Presiden dan berasal dari Partai Demokrat.

Usai Kirim Bantuan, Anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI Sisihkan Gaji Untuk Bantu Korban Bencana

"Dengan demikian alur relasi dengan Presiden AS akan lebih soft landing. Itu terdengar lebih relevan melihat posisi AHY yang hanya politisi saat ini, tentu setelah konsolidasi nasional selesai," demikian kata Dedi.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Nazaruli