Netral English Netral Mandarin
00:11wib
Dua laga babak 16 besar Euro 2020 (Euro 2021) sudah diketahui dengan mempertemukan Italia vs Austria dan Wales vs Denmark. Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) khawatir rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya kolaps di tengah lonjakan kasus Covid-19.
Alami Bau Mulut Saat Puasa? Lakukan Cara Ini Agar Mulutmu Segar dan Harum

Sabtu, 17-April-2021 17:00

Sikat gigi sebelum imsak bisa mencegah bau mulut saat puasa
Foto : SehatQ.com
Sikat gigi sebelum imsak bisa mencegah bau mulut saat puasa
14

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Sering terganggu dengan bau mulut saat tengah berpuasa? Jangan khawatir, mencegah bau mulut saat puasa sangat mudah dilakukan. Caranya adalah selain menyikat gigi juga mengunakan obat kumur. Selain sikat gigi dan obat kumur, kamu juga bisa melakukan beberapa hal berikut untuk mencegah bau mulut saat berpuasa, seperti dilansir dari berbagai sumber;

1. Menyikat lidah 

Banyak yang tidak paham jika kebersihan lidah juga harus kita jaga jika ingin menghilangkan bau mulut. Anda bisa membersihkan lidah dengan tongue cleaner. Lidah memiliki lekukan-lekukan kecil yang mungkin dapat ditempeli oleh makanan. Namun, hindari menggunakan sikat gigi untuk membersihkan lidah karena bulu sikat yang kasar malah bisa melukai lidah. 

2. Konsumsi tablet isap probiotik 

Hal yang satu ini memang belum banyak dilakukan orang karena pemahaman bahwa probiotik hanya berfungsi untuk masalah pencernaan. Padahal, keseimbangan bakteri di dalam mulut sangat penting dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut, termasuk mencegah kerusakan gigi dan bau mulut. Salah satu upaya untuk menjaga keseimbangan tersebut adalah dengan mengonsumsi tablet isap probiotik. Komponen probiotik dapat menjaga supaya flora di dalam mulut tetap imbang, tidak banyak bakteri jahat.

3. Minum banyak air putih 

Pastikan asupan air putih cukup saat sahur dan berbuka agar tubuh terhidrasi dengan baik. Hindari mengawali buka puasa dengan minuman mengandung kafein seperti kopi dan teh karena akan menarik air sehingga membuat mulut menjadi lebih kering. Hindari pula langsung makan makanan dengan kadar gula yang terlalu tinggi dan lengket ketika berbuka karena berpotensi memicu gigi berlubang, yang pada akhirnya berkontribusi terhadap bau mulut. 

4. Memastikan kesehatan gigi 

Adanya gigi yang berlubang atau karang gigi dapat menyebabkan bau mulut. Kondisi itu tak selalu bisa ditangani dengan sikat gigi dan obat kumur. Jadi, jika mengalami bau mulut yang mengganggu, cobalah mencari tahu apakah ada masalah gigi yang dialami. "Kalau tidak diatasi maka susah untuk menghilangkan bau mulut karena sumber masalah tidak ditangani," kata Rachel. 

Jika gigi sudah dalam keadaan sehat, usahakan untuk menjaganya dengan tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan yang merusak gigi, seperti makanan manis. Selain itu, setelah sahur usahakan menunggu selama 30 menit sebelum menyikat gigi. Sebab, setelah santap sahur, pH mulut masih dalam keadaan asam sehingga jika digabungkan dengan tindakan abrasif dari menyikat gigi berpotensi menyebabkan gigi berlubang. "Jadi supaya tidak ada lubang ditunggu dulu 30 menit," ujarnya. 

5. Melakukan flossing 

Tidak semua sudut gigi dapat dijangkau oleh sikat gigi. Untuk memastikan gigi bersih dari sisa-sisa makanan, gunakan benang gigi setelah menyikat gigi. Meski banyak yang kesulitan melakukan flossing pada gigi, karena rasa sakit dan nyilu, tapi jika sudah terbiasa maka flossing akan berjalan mulus tanpa rasa ragu-ragu sedikitpun kok. 

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Irawan HP