Netral English Netral Mandarin
20:47wib
Putri salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates yakni Jennifer Gates, sudah resmi menikah dengan pacarnya. Ia menikah dengan pria muslim dari Mesir bernama Nayel Nassar. Tim bulu tangkis putri China menjadi juara Piala Uber 2020 setelah mengalahkan Jepang pada final yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) dini hari WIB.
Alergi Makanan Bolehkan Dapat Vaksin Covid-19? Ini Kata Pakar

Selasa, 28-September-2021 12:30

Alergi makanan boleh divaksin.
Foto : Kemenparekraf
Alergi makanan boleh divaksin.
13

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Orang dengan alergi makanan ternyata dibolehkan vaksin, demikian disampaikan RA Adaninggar,dr,SpPD , Internist (Internal Medicine), National Board Certified Internist, Health Educator.

Di akun Instagramnya, Selasa, (28/9/2021), ia menulis selama vaksin tidak mengandung makanan/obat yang menyebabkan anda alergi, tidak masalah mendapatkan vaksin Covid karena alergi reaksinya sangat spesifik.

Namun, “bakat” alergi kadang ga bisa diprediksi sehingga masoh mungkin terjadi alergi meskipun sebelumnya ga ada riwayat alergi. Angka kejadian alergi terkait vaksin Covid sangat kecil.

Yang penting, lanjut dr Ningz, 30 menit setelah divaksin dipantau ketat krn alergi berat biasanya terjadi di waktu ini (pusing, pingsan, tensi turun, sesak, asma, kulit gatal & kemerahan).

“Kemudian pantau gejala alergi yg lebih ringan yg bisa muncul sampai 48-72 jam setelah vaksin,” pungkasnya.  

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Sulha Handayani