Netral English Netral Mandarin
21:43wib
Putri salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates yakni Jennifer Gates, sudah resmi menikah dengan pacarnya. Ia menikah dengan pria muslim dari Mesir bernama Nayel Nassar. Tim bulu tangkis putri China menjadi juara Piala Uber 2020 setelah mengalahkan Jepang pada final yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) dini hari WIB.
Andi Arief: Cuitan Pigai Biasa aja, Gak Ada Kerjaan aja yang Lapor

Rabu, 06-Oktober-2021 17:32

Ganjar Pranowo dan Natalius Pigai
Foto : Kolase/Istimewa
Ganjar Pranowo dan Natalius Pigai
6

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Politikus Demokrat, Andi Arief menilai bahwa apa yang disampaikan Natalius Pigai adahal pernyataan biasa saja.

Mereka yang melaporkan ke polisi adalah kelompok yang kurang kerjaan.

“Cuitan Pigai biasa aja, gak ada kerjaan aja yang lapor. @NataliusPigai2,” kata Andi Arief, Rabu 6 Oktober 2021.

Dinukil detik.com, sebelumnya Eks Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai dilaporkan ke Bareskrim Polri atas dugaan rasisme. Usai dilaporkan, Pigai mengancam bakal mempolisikan beberapa tokoh yaitu Sri Sultan Hamengkubuwono X, hingga Menteri Luhut Binsar Pandjaitan.

Pigai dilaporkan oleh organisasi BaraNusa. BaraNusa anggap cuitan soal Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo adalah rasis.

Laporan polisi (LP) kepada Pigai, terdaftar dalam nomor LP/B/0601/X/2021/SPKT/BARESKRIM POLRI. LP itu dibuat pada 4 Oktober 2021 dan ditandatangani oleh Perwira Siaga 1 Ipda Irwan atas nama Kepala Subbagian Penerimaan Laporan.

Dalam LP itu, Natalius Pigai diduga melakukan tindak pidana penghinaan/ujaran kebencian/hate speech (melalui media elektronik) dan/atau kejahatan tentang penghapusan diskriminasi ras dan etnis sebagaimana dimaksud dalam Pasal 45 A Ayat (2) Jo Pasal 28 Ayat (2) UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan/atau Pasal 156 KUHP dan/atau Pasal 16 Jo Pasal 4 Huruf (b) ayat (1) UU RI No 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis dan/atau Pasal 14 ayat (1) dan ayat (2) KUHP.

Terlapor dalam LP ini ialah pemilik akun atau pengelola akun Twitter atas nama @NataliusPigai2.

"Alasan kita sudah jelas. Natalius Pigai itu sudah sering terpeleset dan rasis. Apalagi sekarang lebih tajam lagi. Melakukan fitnah keji terhadap Presiden Jokowi. Hal itu menurut kita sudah tidak bisa lagi dibiarkan," kata Ketua Umum BaraNusa Adi Kurniawan saat dimintai konfirmasi, Senin (4/10/2021).

Seperti diketahui, cuitan yang menjadi masalah adalah cuitan Pigai di akun twitternya. Dia menyampaikan agar orang-orang tidak percaya pada Jokowi dan Ganjar. Namun, dia menuliskan 'Jawa Tengah' di cuitannya tersebut.

"Jgn percaya org Jawa Tengah Jokowi & Ganjar. Mrk merampok kekayaan kita, mereka bunuh rakyat papua, injak2 harga diri bangsa Papua dgn kata2 rendahan Rasis, monyet & sampah. Kami bukan rendahan. kita lawan ketidakadilan sampai titik darah penghabisan. Sy Penentang Ketidakadilan)," demikian cuitan Pigai lewat akun Twitter-nya, @NataliusPigai2, Sabtu (2/10).

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Sesmawati