Netral English Netral Mandarin
02:30wib
Ebrahim Raisi dinyatakan sebagai presiden terpilih Iran setelah penghitungan suara pada Sabtu (19/6/2021). Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito terkonfirmasi positif Covid-19 menyusul aktivitasnya yang padat dalam dua pekan terakhir ini.
Andi Arief Sebut Pancasila Bukan Asli dari Indonesia, Netizen Malah Bilang Begini

Rabu, 02-Juni-2021 14:45

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat Andi Arief (AA)
Foto : Istimewa
Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat Andi Arief (AA)
7

JAKARTA, NETRALNEWS.COM  - Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat Andi Arief (AA) mengatakan Pancasila bukanlah asli dari Indonesia.

Andi juga menyebutkan Pancasila adalah saripati ideologi yang ada di dunia yang sudah berkembang sebelum masa kemerdekaan Indonesia.

"Pancasila adalah kumpulan atau saripati ideologi yang ada di dunia dan berkembang di masa sebelum kemerdekaan, bukan asli Indonesia," tulis Andi Arief di akun Twitternya, Selasa (1/6/2021).

Lebih lanjut Andi menjelaskan bahwa Pancasila terbentuk dari rujukan yang dikumpulkan Presiden Soekarno secara dinamis dan tidak keramat.

"Bung Karno genius mengumpulkannya sebagai rujukan yang tentu dinamis dan tidak keramat," ujarnya.

Di akhir cuitannya Andi menyebutkan bahwa keaslian Indonesia itu adalah peesatuan dan kesatuan dalam berbagai perbedaan.

"Keaslian Indonesia adalah bersatu dalam berbagai perbedaan," pungkasnya.

Cuitan Andi pun direspon berbagai komentar pro dan kontra oleh netizen. Berikut rangkuman komentar netizen yang terpantau Netralnews.com, Rabu (2/6/2021).

@boedikrisnarto: Betul...karena itulah mengapa Bung Karno disebut genius, bukan berarti turunan atau pengikutnya ikutan genius yaa ! Genius itu hanya berlaku untuk pribadi seseorang bukan trah atau murid terpandainya sekalipun.

@Humic19: Dan saat ini sedang dlm masa penderitaannya.Dimutilasi oleh madam garong perjuangan, 5 dipotong potong jadi 3, 3 pun di sayat jadi 1.Madam bansos memamerkan bagaimana "Keadilan Sosial" dilecehkan.

@PandirKelana4: Hal itu tercermin jelas dlm sila² Trisila. Mkx dlm pidatox Soekarno meminta kpd para peserta rapat utk memilih salah satu dr tiga: Pancasila, Trisila, atau Ekasila. Klo Soekarno nyuruh milih, sebaliknya, kadrun meledak meletup jika ada orang yg mau memilih Ekasila atau Ekasila.

@kicepkicep: Dan direjim sekarang nilainya menjadi prioritas nomer dua entah nomer keberapa, yg pertama dan yg terpenting bisa dijadikan alat atau kendaraan buat ngehancurin lawan politik atau lawan yg tdak disukai... tidak perduli walau masih sama2 Indonesia...

Reporter : Sesmawati
Editor : Sulha Handayani