Netral English Netral Mandarin
17:00wib
Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres memperingatkan dunia berada di jalur bencana lantaran pemanasan global yang terus berlangsung. Uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap 11 calon hakim agung usulan Komisi Yudisial (KY) di Komisi III DPR akan digelar pada pekan depan.
Angka Kesembuhan Meningkat, Balitbang Golkar: Perbesar Optimisme Penanganan Covid-19

Selasa, 27-Juli-2021 16:15

Ketua Balitbang Golkar Jerry Sambuaga
Foto : Istimewa
Ketua Balitbang Golkar Jerry Sambuaga
2

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua Balitbang Golkar Jerry Sambuaga menyambut baik meningkatnya angka kesembuhan penderita Covid yang berlangsung beberapa hari ini.

Menurutnya ini membawa optimisme dalam penanganan covid-19 yang mengalami gelombang kedua karena adanya varian Delta beberapa minggu terakhir.

"Angka kesembuhan cenderung membaik. Bahkan tanggal 26 kemarin angka kesembuhan sudah melebihi angka penderita baru, angka kasus baru di 28.228 sementara angka kesembuhan di 40.374," kata mantan anggota Komisi I DPR itu.

"Ini memperbesar optimisme kita bahwa kita bisa melakukan pemulihan kesehatan dengan baik," lanjutnya.

Berdasarkan itu, Jerry memberikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak, baik lembaga, kementerian dan khususnya para tenaga kesehatan yang sudah berjibaku berhadapan dengan virus yang ganas itu. 

Trend yang cukup memberikan harapan ditemukan di Jakarta dan beberapa daerah lainnya yang menunjukkan mulai adanya perbaikan dalam angka kasus baru.

Di Jakarta beberapa minggu terakhir tidak pernah kurang dari 10 ribu, bahkan pernah mencapai 14 ribu. Tetapi beberapa hari terakhir angkanya turun hingga kisaran 5 ribu dan 7 ribuan. Harapan ini menurutnya harus diperbesar, termasuk di daerah-daerah lain di seluruh Indonesia.

Jerry mengatakan bahwa Balitbang Golkar menyadari tidak mudah bagi pemerintahan manapun di dunia untuk menangani virus yang cepat sekali menular seperti varian Delta ini. Banyak negara melakukan perubahan kebijakan berkali-kali demi menangani kesehatan masyarakat dan demi menyelamatkan ekonominya.

"Ini memang semacam tarik ulur, antara kesehatan dan ekonominya. Dua-duanya tidak mudah bagi Pemerintah maupun masyarakat, antara harus melakukan pembatasan total atau tidak terjadi di mana-mana, di Amerika Serikat, Di Australia dan di mana-mana," ucap Jerry.

Bagi Balitbang Golkar, kata Jerry yang terpenting adalah bahwa Pemerintah telah menunjukkan langkah adaptasi yang sangat baik diikuti dengan upaya-upaya serius lainnya, termasuk vaksinasi. Dalam upaya adaptasi, itu terlihat dalam perumusan dan penerapan kebijakan di berbagai bidang.

Sedangkan dalam upaya vaksinasi terjadi lonjakan jumlah penerima vaksin di Indonesia. Indonesia bahkan merupakan salah satu negara dengan tingkat vaksinasi tertinggi di dunia.

"Jadi indikasi dan tren kebijakan yang dilakukan Pemerintah sudah bagus. Yang penting improvisasi dan perbaikan kebijakan dan penerapannya terus dilakukan agar kita bisa segera bisa keluar dari dampak Gelombang dua covid ini," tutur Jerry.

Balitbang Golkar sendiri menurut Jerry terus mengawal dan memberikan masukan atas kebijakan-kebijakan, khususnya melalui anggota legislatif maupun pejabat eksekutif dari Golkar. Balitbang Golkar juga mendukung sosialisasi-sosialisasi yang dilakukan berbagai kementerian dan lembaga.

Selain menyoroti kebijakan Pemerintah, Balitbang Golkar kata jerry juga menekankan pentingnya partisipasi masyarakat. Sebab menurutnya, tanpa partisipasi masyarakat kebijakan pemerintah tidak bisa berjalan dengan baik. Ia menghimbau agar masyarakat menuruti arahan Pemerintah dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam setiap aktifitas, khususnya ketika harus bertemu dengan orang lain.

"Bagi masyarakat umum, kuncinya memang protokol kesehatan. Kalau itu bisa dilakukan dengan baik, maka upaya pemerintah membentuk herd immunity dengan vaksinasi akan cepat tercapai," tutup Jerry.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Sesmawati