Netral English Netral Mandarin
00:50wib
Putri salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates yakni Jennifer Gates, sudah resmi menikah dengan pacarnya. Ia menikah dengan pria muslim dari Mesir bernama Nayel Nassar. Tim bulu tangkis putri China menjadi juara Piala Uber 2020 setelah mengalahkan Jepang pada final yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) dini hari WIB.
Anies Enggan Bocorkan Lokasi Formula E, FH: Transparansi Mungkin Artinya Tertutup Soal Anggaran, Tak Berani...

Senin, 11-Oktober-2021 10:25

Anies Baswedan dan ilustrasi Formula E
Foto : Istimewa
Anies Baswedan dan ilustrasi Formula E
3

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pemprov DKI Jakarta belum membocorkan di mana lokasi Formula E dan opsi-opsinya usai Monas batal menjadi lokasi yang dipilih.

Ferdinand Hutahaean menyentil keras mengenai hal itu. 

“Transparansi bagi Anies mungkin artinya adalah : “Tertutup soal anggaran, tak berani menjelaskan anggaran secara terbuka, rajin2 kelebihan bayar, diam ketika ditanya wartawan dan tak berani hadapi Interpelasi.” Sy sebut namanya transparansi kecebur got..!!” cuit Ferdinand Hutahaean, Senin 11 Oktober 2021.

Ia kemudian menulis pula soal artinya kebohongan dan kejujuran.

“Beda antara kebohongan dan kejujuran. Kebohongan berkata, tempatnya dirahasiakan sementara itu Kejujuran berkata tempatnya atau lokasinya memang belum ada,” kata Ferdinand.

Sementara sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria enggan membocorkan tiga dari lima opsi pengganti tempat diselenggarakan Formula E 2022. 

Dia mengatakan, jika dibocorkan kemungkinan akan ramai jadi perbincangan dan mempersulit persiapan sirkuit. 

"Kalau sekarang sudah disampaikan jadi ramai, nanti kalau jadi ramai malah jadi sulit ya," ujar Riza saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (7/10/2021). 

Riza hanya mengatakan dua opsi yang dia sampaikan Rabu (6/10/2021) malam yaitu di kawasan Senayan dan di Pantai Maju Bersama. 

Munculnya opsi tersebut, kata Riza, karena kawasan Monumen Nasional (Monas) dipastikan tidak bisa digunakan karena proses perizinan dari pemerintah pusat. 

"Karena di Monas tidak memungkinkan karena masuk dalam Ring 1," ucap dia. 

Riza menjelaskan, pemilihan sirkuit baru Formula E akan ditentukan Oktober 2021 ini dan akan mempertimbangkan beragam aspek. Mulai dari aspek legalitas, teknis dan juga disesuaikan dengan masa pandemi Covid-19. 

Politikus Partai Gerindra ini menyebut, sirkuit yang akan dipilih merupakan ikon Kota Jakarta yang bisa menggambarkan keunikan DKI Jakarta. 

"Tentunya juga harus memberikan nilai tambah bagi DKI Jakarta, harus ditempat-tempat menambah ikon Jakarta juga menjadi perhatian kita," tutur dia. 

Direktur Pengembangan Bisnis PT Jakpro Gunung Kartiko mengatakan, sirkuit Formula E akan segera disurvei oleh Formula E Operation. 

"Nanti FEO akan datang untuk survei Oktober ini, mapping semua kemudian dibuat homologasi baru nanti dapat sertifikat, dan baru akan ditentukan yang bagus alternatif 1 atau 2," kata Gunung, Rabu. 

Gunung memastikan, proses penunjukan sirkuit tidak akan berlangsung lama karena hanya memerlukan proses pengaspalan di sisi-sisi tikungan saja. 

Sehingga proses pengaspalan bisa dilakukan dengan cepat dan tidak mengganggu mobilitas warga Jakarta di hari kerja dan penutupan jalan sirkuit bisa berlangsung maksimal tiga hari. 

"Jadi maksimal kita akan usahakan, kalau menggunakan jalan maksimal 3 hari," ujar dia seperti dinukil Kompas.com.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Wahyu Praditya P