Netral English Netral Mandarin
10:15wib
Sejumlah Guru Besar meminta Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) memeriksa Firli Bahuri Cs. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berkelakar bakal menjadi tim sukses Sandiaga Uno pada pemilihan presiden 2024 mendatang.
Anies Jalan-Jalan ke Salemba Nikmati Revitalisasi Trotoar, Netizen: Sambil Nyari yang 70 Hektar Nggak Pak?

Jumat, 19-Maret-2021 19:35

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau revitalisasi trotoar di wilayah Salemba
Foto : Twitter/Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau revitalisasi trotoar di wilayah Salemba
21

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Jumat (19/3/21), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan jalan-jalan menikmati suasana trotoar di wilayah Salemba sebagai hasil program revitalisasi yang ditata menjadi 'complete street."

Hal ini disampaikan Anies melalui akun resminya. 

“Jalan-jalan ke Salemba, meninjau hasil revitalisasi dan penggunaan trotoar Jalan Salemba Raya. Salah satu ruas jalan bersejarah di Jakarta yang telah ditata menjadi “complete street” pada 2019. #RevitalisasiTrotoar, #JakartaRamahPejalanKaki, #JagaJakarta,” tulis Anies.

“Revitalisasi dilakukan berbarengan dengan ruas Kramat Raya dan Cikini Raya, sebagai salah satu ruas jalan bersejarah di Jakarta,” imbuhnya.

“Konsep Penataan Complete Street adalah penataan ulang ruang jalan sesuai dengan fungsinya untuk mengakomodir seluruh kebutuhan pengguna jalan sesuai porsi yang tepat dengan memprioritaskan pejalan kaki, pesepeda, dan pengguna transportasi umum,” lanjut Anies.

Menurut penuturannya, trotoarnya kini lebih lebar, dilengkapi ubin pemandu, bolard untuk mencegah motor/ mobil naik ke trotoar, bangku, manhole utilitas bawah tanah, way finding, signage penunjuk arah/ rute transportasi, halte, bangku dan lampu jalan.

“Cara terbaik merawat fasilitas publik adalah dengan memanfaatkannya. Bagi teman-teman yang sehari-hari berkegiatan melewati trotoar Salemba ini silakan laporkan lewat JAKI bila melihat fasilitas yang rusak atau mengganggu. Pada tahun 2021 ini akan ada 10 ruas jalan lainnya yang akan direvitalisasi menjadi complete street juga. Teman-teman, ada yang tahu di mana saja?” pungkasnya.

Sejumlah netizen pun memberi masukan dan mengapresiasi apa yang dilakukan Anies. Namun ada juga yang nyinsir dan menyindir dengan mengaikan dengan polemik pengadaan lahan Program Rumah DP Nol Persen.

Muhamad Supriyanto: “Maaf pa tolong ditertibkan itu anak anak kecil dicat badanya minta minta kasihan.”

@laaisbal: “Salemba memang punya sejarah tersendiri apalagi thn 98. Buat ane, jaman masih naik bemo Rp.250 rawasari-salemba, turun di psr paseban lanjut jalan kaki ke tempat les bahasa samping sblm RS Carolus.”

lovelymom: “Bapak, itu kalau sore tepatnya dipakai yg jualan. Mhn mereka dikasih tempat  hingga tdk jualan di trotoar.”

arahim_les: “Tiap kali pk Anies muncul, dipastikan bergejolak para OD penghuni kolam comberan.  Semoga pk Anies senantiasa dirahmati Allah SWT, aamiin ya Rabbal aalamiin.”@sarahaggg: “Semangat terus pak gub salam sejahtera dari saya di bandung.”simen: “Sambil nyari yg 70 hektar pak nggak pak?”

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto