Netral English Netral Mandarin
23:02 wib
Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo meyakini dirinya tertular Covid-19 saat makan karena harus melepas masker. Ia pun mengimbau masyarakat menghindari makan-makan bersama orang lain. akan menggunakan GeNose, alat deteksi virus corona atau Covid-19 buatan Universitas Gadjah Mada (UGM), di sejumlah stasiun kereta api di Indonesia mulai 5 Februari 2021.
Anies Minta Siapapun yang Kontak Langsung Dengannya Segera Tes Swab di Puskesmas Terdekat

Selasa, 01-December-2020 11:40

Gubernur DKI Anies Baswedan menyampaikan hasil tes swab dirinya positif COVID-19.
Foto : Youtube Anies Baswedan
Gubernur DKI Anies Baswedan menyampaikan hasil tes swab dirinya positif COVID-19.
15

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan bahwa dirinya positif Covid-19. Pengumuman tersebut disampaikan Anies, karena pihaknya klaim melakukan penanganan sejak Maret hingga kini secara transparan.

Gubernur Anies menegaskan, pihaknya selalu menyampaikan situasi dan penanganan Covid-19 di Jakarta dengan transparan dan apa adanya secara lengkap. Dia juga mengaku melaksanakan kebijakan dengan transparan dan menyampaikan juga secara transparan apa yang tengah dia hadapi.

“Saya sampaikan agar semua orang yang interaksi dengan saya beberapa hari terakhir ini bisa langsung melakukan langkah isolasi mandiri atau tes usap PCR,” imbau Anies, dikutip dari pernyataan di ungghan Instagramnya, Selasa (1/12/2020).



Lebih lanjut Anies minta, kepada siapapun yang pernah bertemu dirinya pada beberapa hari terakhir agar menghubungi Puskesmas terdekat. Tindakan itu perlu dilakukan agar selanjutnya dilakukan tes usap dan ditindak oleh Tim Tracing Dinkes DKI Jakarta.

Kata Anies, Tim Dinkes DKI Jakarta selanjutnya akan melakukan pencatatan dan menghubungi siapa saja pihak yang kontak erat dengannya. Selanjutnya, seluruh prosedur terkait penanganan Covid-19 akan dijalankan.

“Bagi siapapun yang pernah bertemu saya beberapa hari ini, silahkan langsung hubungi Puskesmas terdekat untuk tes usap,” tegas dia.

Seperti diketahui beberapa hari lalu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria juga dinyatakan positif Covid-19. Diketahui Riza terinfeksi setelah berinteraksi dengan staf pribadi melalui klaster keluarga.

“Walaupun saya secara rutin melakukan Swab Test dan terakhir melakukan Swab Test pada Rabu 25 November yang hasilnya negatif. Tetapi setelah mendengar kabar Wagub positif, sementara kita interaksi cukup dekat maka sesuai protokol saya melakukan test,” jelas Anies.

Lebih lanjut Anies jelaskan bahwa dirinya melakukan test Covid-19 pada Minggu (29/11/2020). Dia melakukan Swab Test Antigen dan hasilnya negatif.

Selanjutnya pada Senin (30/11/2020), Anies kembali melakukan Swab. Kali ini dia menjalani Swab PCR sebagai upaya mengkonfirmasi dari hasil Swab Antigen sebelumnya dan hasil Swab Test PCR menyatakan dirinya positif Covid-19.

 

 

Reporter : Martina
Editor : Irawan HP