Netral English Netral Mandarin
00:48wib
Putri salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates yakni Jennifer Gates, sudah resmi menikah dengan pacarnya. Ia menikah dengan pria muslim dari Mesir bernama Nayel Nassar. Tim bulu tangkis putri China menjadi juara Piala Uber 2020 setelah mengalahkan Jepang pada final yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) dini hari WIB.
Annisa Desak JKW Jawab 4 Pertanyaan, DS: Entar Baru Dijawab Pertanyaan Pertama Langsung Baper Trus Maen Somasi, Ahhh

Senin, 12-Juli-2021 22:07

Annisa Pohan dan Denny Siregar
Foto : Kolase Netralnews
Annisa Pohan dan Denny Siregar
11

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Denny Siregar menanggapi pernyataan Annisa Pohan yang sebelumnya menyampaikan 4 pertanyaan khusus kepada Presiden Joko Widodo. 

Namun, Denny malah menyebut jika pertanyaan pertama dijawab, khawatir Annisa langsung “baper”.

"Entar baru dijawab pertanyaan pertama, langsung baper trus maen somasi.. Ahhh...," cuit Denny Siregar, Senin 12 Juli 2021.

Annisa Pohan, istri Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), mengkritisi soal Vaksin Gotong Royong berbayar bagi individu.

Pemerintah resmi membuka layanan vaksinasi berbayar di delapan jaringan klinik Kimia Farma.

Kebijakan itu termasuk ke dalam salah satu program Vaksin Gotong Royong yang diatur pemerintah melalui Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 19 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi COVID-19.

Menukil  laman resmi pemerintah untuk informasi Covid-19, juru bicara Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan, jenis vaksin yang digunakan untuk Vaksin Gotong Royong dan vaksin program pemerintah (gratis) tidak boleh sama.

Program Vaksin Gotong Royong menggunakan 2 vaksin asal China, Sinopharm dan Cansino.

“Vaksin yang digunakan pada program vaksinasi pemerintah dan vaksin Gotong Royong tidak boleh sama jenis dan mereknya. Vaksin Sinovac, AstraZeneca, Novavac, dan Pfizer tidak digunakan untuk program Gotong Royong. Namun pada Permenkes tersebut dijelaskan vaksin yang didapatkan dari hibah dengan merek yang sama dengan program Gotong Royong, bisa digunakan untuk vaksinasi program pemerintah,” kata Siti Nadia pada tanggal 16 Juni 2021.

Selanjutnya, Siti Nadia mengatakan, tujuan dari program Vaksin Gotong Royong adalah memperbanyak cakupan vaksinasi Covid-19.

Menurutnya saat itu, 28.000 perusahaan telah mendaftar melalui Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) untuk mengikuti program Vaksin Gotong Royong. Pemerintah melalui Bio Farma berkomitmen menyiapkan 15 juta dosis vaksin untuk program tersebut.

Annisa Pohan melalui unggahan di akun Twitter pribadinya @AnnisaPohan melayangkan 4 pertanyaan mengenai Vaksin Gotong Royong dari pemaparan pemerintah itu.

"15 juta vaksin adalah angka yang cukup besar , bagaimana cara menghindari conflict of interest dari sebagian pihak yg memiliki potensi untuk diuntungkan?  Bagaimana meyakinkan rakyat bahwa vaksin hibah dengan merek sama, akan dibagikan secara gratis bukan ikut dijual?" cuit Annisa Pohan.

"Pertanyaan tambahan saya, mohon bisa bantu jawab kalau ada: Ada yang familiar dengan Vaksin Cansino? Bagaimana izin dan efikasi, kenapa kita pilih Cansino untuk program ini. Kalau ini dijual melalui perusahaan saja, kenapa skrg dijual bebas di Kimia Farma untuk masyarakat?"

Annisa Pohan meminta pemerintah memberi penjelasan melalui pihak yang kredibel agar tidak terjadi krisis kepercayaan dari masyarakat.

"Jika dari pemerintah bisa meyakinkan & menjelaskan kepada kami, supaya jelas dan tidak timbul krisis kepercayaan. Tolong dijawab dg baik oleh yang kredibel bukan oleh buzzer dg cara kasar. Cara menjawab adalah wujud keseriusan dr yg terkait mengenai vaksin program gotong royong," cuitnya.

"Krn satu2nya mewakili rakyat bertanya adalah melalui anggota fraksi Partai namun sering tdk diberikan kesempatan bertanya bahkan diabaikan.Jd satu2nya melalui media socmed terbuka di publik mungkin ada yg bisa dengarkan& jawab. Kl mentok juga artinya Buruk sekali demokrasi kita," tulisnya menambahkan.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto