Netral English Netral Mandarin
22:46wib
Presiden Joko Widodo mengatakan, kondisi dunia saat ini penuh dengan ketidakpastian dan persoalan yang lebih kompleks dibandingkan sebelumnya. Sistem perawatan kesehatan Singapura terancam kewalahan menghadapi lonjakan covid-19.
Apa Benar Kondisi Hujan Buat Virus Covid-19 Lebih Mudah Menyebar?

Kamis, 16-September-2021 17:59

Ilustrasi hujan
Foto : Istimewa
Ilustrasi hujan
42

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof dr Zubairi Djoerban SpPD mengakui, ada beberapa informasi yang simpang siur tentang musim hujan dan penyebaran Covid-19. 

Ada yang mengatakan kelembaban musim hujan menurunkan penyebaran Covid-19, tapi ada juga yang menyatakan sebaliknya. Virus SARS-CoV-2 lebih kuat saat musim hujan. 

"Mana yang benar?

Beberapa penelitian menunjukkan kalau hujan itu memudahkan penyebaran virus korona," kata Prof Zubairi, dikutip dari cuitannya, Kamis (16/9/2021).

Prof Zubairi sebut, salah satu penelitian yang menunjukkan bahwa hujan memudahkan penyebaran Virus Covid-19 yakni, Chinese Academy of Medical Sciences. Penelitian itu menemukan Virus Covid-19 lebih mudah menyebar pada kadar kelembaban 75 persen. 

Sementara penelitian Alan Evangelista seorang profesor mikrobiologi dari rumah sakit St Christopher di Philadelphia, juga menemukan hal sama. 

"Ketika udara makin lembab dan makin banyak airnya, maka droplet yang mengandung virus akan lebih mudah menyebar," ujar Prof Zubairi.

Tapi, beberapa penelitian lain menunjukkan bahwa jika kadar air di udara meningkat, maka hal itu justru memperlambat penyebaran Virus Covid-19. 

"Jadi, memang belum jelas hubungan antara musim hujan dan penyebaran virus. Sementara ini hasilnya masih saling bertentangan," tegas dia. 

Kalau bicara fakta, bisa melihat kasus di Thailand. Negara yang dekat dengan Indonesia. 

Apabila pada musim hujan, negara itu selalu menghadapi outbreak atau peningkatan insidensi kasus influenza. Misalnya pada 2019, di mana 27 orang meninggal dari 390 ribu yang terinfeksi. 

Artinya, musim hujan yang kemudian meningkatkan penyebaran virus itu contohnya ada, yakni di Thailand. Virusnya. Adapun virus yang menyebar dalam kasua itu adalah influenza. 

"Tapi, kalau musim hujan dan Covid-19, saya belum menemukan adanya kaitan dan bukti yang jelas," kata dia.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Nazaruli