Netral English Netral Mandarin
12:25wib
Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres memperingatkan dunia berada di jalur bencana lantaran pemanasan global yang terus berlangsung. Uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap 11 calon hakim agung usulan Komisi Yudisial (KY) di Komisi III DPR akan digelar pada pekan depan.
Apa Itu Herd Immunity, Ini Penjelasan Dokter Ningz

Senin, 16-Agustus-2021 16:30

Herd Immunity bakal terbentuk dengan sendirinya setelah vaksinasi.
Foto : Istimewa
Herd Immunity bakal terbentuk dengan sendirinya setelah vaksinasi.
20

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Dokter spesialis penyakit dalam dr Adaninggar mengungkapkan pengertian herd immunity. Diapun banyak mendapatkan pertanyaan serupa.

Menurut dokter pegiat medsos itu kalau kekebalan kelompok atau herd immunity didaptak bila terjadi mayoritas populasi memiliki kekebelan terhadap suatu infeksi.

"Banyak yang bertanya mengenai herd immunity. Secara teori, herd immunity adalah kekebalan kelompok yang terjadi bila mayoritas populasi memiliki kekebalan terhadap suatu infeksi yang bisa didapatkan dari infeksi alami atau vaksinasi," tulisnya seperti dilansir akun resmi instagramnya di Jakarta, Senin (16/8/2021).

Drningz sapan akrbanya mengatakan pembiaran terhadap orang terpapar secara alami dari infeksi virus yang berbahaya tentunya tidak etis dan tidak bermoral karena pasti orang-orang yang “rentan” akan menjadi korban ditambah lagi bila fasilitas kesehatan tidak bisa menangani jumlah pasien yang sangat banyak maka angka kematian akan sangat meningkat ditambah juga kematian pasien dengan penyakit lain yang ikut menjadi korban karena tidak bisa mendapatkan pelayanan yang semestinya

Dalam kasus Covid, lanjut drningz tercapainya herd immunity masih belum bisa dipastikan karena faktor respon imun alami terhadap Covid saja belum jelas. 

Banyak kejadian reinfeksi yang terjadi sehingga vaksinasi tetap adalah jalan terbaik. Meskipun vaksinasipun tidak menjamin akan terbentuk herd immunity namun paling tidak jumlah korban yang bergejala berat dan meninggal akan menurun dibandingkan bila infeksi alami

"Jadi yuk jangan malas untuk berikhtiar. Jangan egois. Covid ini ringan untuk sebagian orang namun bahaya untuk sebagian orang juga. Berempatilah pada orang lain," tulisnya.  

Reporter : PD Djuarno
Editor : Sulha Handayani