Netral English Netral Mandarin
10:30wib
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengaku siap maju menjadi calon presiden (capres) di Pilpres 2024. Presiden Joko Widodo ingin agar pelaksanaan penyuntikan booster vaksin Covid-19 dilakukan mulai awal 2022.
Apakah Berenang Hingga Tak Sengaja Minum Air Kolam Bisa Tertular Covid-19? Ini Penjelasannya

Rabu, 01-September-2021 09:45

Ilustrasi orang berenang.
Foto : freepik.com
Ilustrasi orang berenang.
23

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Apakah Anda pernah bertanya-tanya, apakah berenang di masa Pandemi Covid-19 seperti saat ini aman? Apa benar bila ada klorin di dalam kolam bisa membuat Virus Covid-19 nya mati? 

Ternyata hingga saat ini tidak ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa Covid-19 dapat menular melalui air, termasuk di kolam renang. Meminum air juga tidak terbukti dapat menyebabkan penularan Covid-19. 

Demikian disampaikan dr Adam Prabata PhD Candidate in Medical Science at Kobe University, mengutip data dari Central of Disease Control (CDC) dan World Health Organization (WHO). 

Baca Juga :

Lantas, apakah kaporit di kolam renang bisa membunuh virus penyebab Covid-19? Ternyata kadar klorin di kolam renang biasanya direkomendasikan berda dalam rentang 0,5-1mg/dL. Virus penyebab Covid-19 dapat terbunuh pada kadar klorin tersebut. 

“Risiko penularan Covid-19 bisa terjadi di kolam renang bila tidak bisa menjaga jarak saat sedang berada di dalam air maupun saat tidak sedang berada di dalam air. Semakin ramai kolam renangnya, maka risiko sulit menjaga jarak dan penularan Covid-19 akan semakin meningkat,” jelas dia, dikutip dari infografis yang dia bagikan, Rabu (2/9/2021). 

Baca Juga :

Dia juga imbau agar masyarakat meminimalisir penggunaan ruang bersama. Ruang bersama di kolam renang yang dimaksud ialah ruang-ruang tertutup atau indoor, dimana risiko penularan Covid-19 viar airbone lebih besar dan terdapat risiko sulit menjaga jarak. Misalnya saja ruang ganti, kamar mandi, dan ruang loker. 

“Hindari atau minimalisir penggunaan ruangan-ruangan tersebut bila memungkinkan,” imbau dr Adam. 

Baca Juga :

Dia juga tegaskan, tidak perlu menggunakan masker saat sedang berada di dalam air. Masker yang basah akan menurunkan efektivitas masker dalam mencegah infeksi Covid-19. Terdapat risiko lebih sulit untuk bernapas bila menggunakan masker yang basah. 

“Selalu bawa masker cadangan bila ke kolam renang untuk berjaga-jaga apabila masker basah secara tidak sengaja,” imbau dia. 

Dokter Adam juga memberikan beberapa tips yang harus dilakukan bila ke kolam renang. Diantaranya menjaga jarak minimal dua meter dengan orang lain dan perlu dilakukan saat di dalam dan di luar air. 

Selain itu kenakan masker bila sedang tidak berada di dalam air dan selalu bawa masker cadangan dan jaga-jaga terkena air. Perhatikan juga etika batuk dan bersin saat tidak sedang menggunakan masker, serta terakhir cuci tangan. 

“Jadi Covid-19 tidak terbukti menular melalui air dan klorin pada kolam renang dapat lebih menurunkan risiko penularan tersebut. Hindari ke kolam renang, terutama bila ramai dan kalian tidak yakin bisa selalu menjaga jarak dengan orang yang tidak serumah,” pesan dia..

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan HP