3
Netral English Netral Mandarin
09:22 wib
Apple dikabarkan akan meluncurkan iPhone 13 dengan opsi penyimpanan hingga 1TB. Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka keran investasi pada industri minuman keras (miras) mengandung alkohol, minuman mengandung alkohol anggur, dan minuman mengandung malt.
Apakah Masker Masih Layak Digunakan Setelah Terkena Semburan Bersin?

Senin, 22-Februari-2021 13:00

Ilustrasi pakai masker
Foto : Istimewa
Ilustrasi pakai masker
1

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Apakah Anda pernah bersin saat mengenakan masker? Jika ya, apakah Anda pernah mempertanyakan kelayakan masker setelah terkena semburan bersin? 

Ketua Satgas Covid-19 PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Prof Zubairi Djoerban menegaskan, apabila masker sudah basah tentu jadi kurang efektif. 

"Baik itu basah karena air minum, keringat atau apapun, sebaiknya ganti yang baru, karena masker sudah tidak lagi ideal," tegas dia, dikutip dari cuitannya, Senin (22/2/2021).

Intinya, masker itu alat penting yang memperlambat penyebaran virus corona, sampai cukup banyak populasi yang divaksinasi. 

"Harap diingat, virus korona masih terus dipelajari. Sehingga saran-saran seperti ini bisa saja berubah karena temuan studi-studi baru," terang dia.

Kuncinya adalah memakai masker yang fit, pas dan melindungi hidung dan mulut sepenuhnya. Jika ada celah di sekitar hidung, dagu atau pipi, maka tujuan perlindungan itu tidak akan berfungsi.

Bagaimana dengan orang yang merasa nyaman memakai masker tapi bagian hidungnya tetap terbuka? 

"Apalagi yang begitu. Makin tidak ada gunanya. Hidung kan merupakan salah satu titik masuk utama virus korona," tegas dia.

Lalu, ada juga yang mengatakan masker itu memengaruhi kemampuan bernapas. Apakah benar?

Masker medis dan kain itu tidak akan memengaruhi oksigenasi dan kualitas pernapasan. Contohnya tenaga medis, mereka menghabiskan waktu berjam-jam memakai masker dan tidak jadi masalah.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Nazaruli