Netral English Netral Mandarin
23:58wib
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memastikan kebijakan karantina berlaku untuk semua tim MotoGP 2022 tanpa terkecuali. Pemerintah memutuskan memberi nama ibu kota negara baru Indonesia dengan istilah Nusantara. Pemberian nama tersebut dinilai terkesan Jawa Sentris.
Apakah Vaksin Covid-19 Efektif Cegah Varian Omicron? Ini Update Terbaru dari WHO

Senin, 29-November-2021 22:00

Omricon varian Covid-19 baru yang perlu diwaspadai.
Foto : Coronavirus
Omricon varian Covid-19 baru yang perlu diwaspadai.
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia resmi menyatakan ada varian Covid-19 baru yang perlu diwaspadai. Varian itu adalah B.1.1.529 atau disebut dengan Omicron. 

Apakah Vaksin Covid-19 efektif cegah Varian Omicron? Apakah mereka yang sudah Vaksinasi Covid-19 akan terbebas dari paparan Covid-19 varian baru itu? 

Dokter Umum dan Edukator Kesehatan dr Adam Prabata mengatakan, belum diketahui pasti efektivitas vaksin untuk mencegah Varian Omicron. Mutasi pada Varian Omicron memunculkan dugaan adanya kemampuan untuk menghindari antibodi yang berpotensi berdampak ada penurunan efektivitas vaksin. 

“Penelitian labih lanjut masih perlu dilakukan untuk memastikan efek Varian Omicron terhadap efektivitas Vaksin Covid-19,” ujar dr Adam yang merangkum informas dari WHO, dikutip dari infografisnya, Senin (29/11/2021). 

Pernyataan itu disampaikan dr Adam, menyusul pada tanggal 28 November 2021, WHO mengeluarkan update pengetahuan terkini mengenai Covid-19 Varian Omicron. 

Menurut data WHO, belum diketahui pasti seberapa cepat penularan Varian Omicron dibandingkan dengan Varian Delta. Varian ini memang menyebabkan kenaikan kasus di Afrika Selatan, dengan kecepatan yang nampak lebih cepat dibandingkan dengan Varian Delta. 

“Masih perlu dipastikan apakah kenaikan kasus disebabkan oleh Varian Omicron atau faktor lain,” ujar dr Adam. 

Selain itu belum diketahui pasti derajat keparahan akibat Varian Omicron, dibandingkan dengan Varian Covid-19 lainnya termasuk Varian Delta. Data terbaru menunjukkan Varian Omicron mempengaruhi peningkatan angka rawat inap akibat Covid-19 di Afrika Selatan dan gejala cenderung lebih ringan, namun pada orang berusia muda. 

“Penelitian awal menunjukkan bahwa Varian Omicron meningkatkan risiko reinfeksi pad orang-orang yang sudah pernah terkena Covid-19 sebelumnya, bila dibandingkan dengan varian Covid-19 lainnya,” ujar dr Adam. 

Di sisi lain, pemeriksaan Swab PCR masih tetap efektif untuk mendeteksi Covid-19 Varian Omicron. Pemeriksaan lainnya, termasuk tes antigen, dalam mendeteksi Varian Omicron masih perlu diteliti lebih lanjut. 

Efektivitas obat yang ada terhadap Varian Omicron juga belum diketahui pasti. Kortikosteroid dan IL-6 receptor blocker masih efektif untuk digunakan pada pasien Covid-19 berat. 

“Penelitian lebih lanut masih diperlukan untuk memastikan efek Varian Omicron terhadap efektivitas obat-obatan Covid-19,” ujar dr Adam. 

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani

Berita Terkait

Berita Rekomendasi