3
Netral English Netral Mandarin
16:12 wib
Sebanyak tujuh mantan kader Partai Demokrat yang baru saja dipecat bakal menggugat gugatan secara kolektif ke Pengadilan Negeri pekan depan. Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan telah memangkas jumlah BUMN dari 142 menjadi tinggal tersisa 41 perusahaan.
Aplikasi Zoom Mumpuni tapi Hati-Hati Soal Ini!

Jumat, 29-January-2021 19:43

Ilustrasi Aplikasi Zoom Mumpuni tapi Hati-Hati Soal Ini!
Foto : Istimewa
Ilustrasi Aplikasi Zoom Mumpuni tapi Hati-Hati Soal Ini!
3

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Anda pasti tak asing lagi dengan aplikasi Zoom. Apalagi Anda seorang guru atau dosen. Namun cermati kelemahannya yang bisa membahayakan Anda.

Sebelum mengulas lebih jauh mengenai kelemahan dan keunggulan aplikasi zoom, mari kita tengok mengapa aplikasi ini mendadak viral dan menjadi sangat familiar.

Seperti kita ketahui virus corona telah melahirkan budaya baru di mana memaksa orang untuk bekerja dan bersosialisasi secara online. Di saat inilah harga saham Zoom sudah tumbuh secara eksponensial.

Zoom adalah sebuah layanan konferensi video berbasiskan cloud computing. Aplikasi ini mengizinkan siapa saja untuk bertemu dengan orang lain secara virtual, entah itu dengan panggilan video, suara, atau keduanya.

Menariknya, semua percakapan via Zoom bisa direkam untuk dilihat lagi nantinya.

Aplikasi Zoom ini dinilai punya kualitas yang mumpuni. Buktinya, setengah dari perusahaan yang masuk ke Fortune 500 sudah menggunakan layanan tersebut.

Menukil catatan Kemdikbud.go.id, Bapak presiden RI Joko Widodo dan jajarannya pun menggunakan aplikasi tersebut untuk rapat online dengan anggota kabinet.

Dalam tahun ini saja, jumlah pengguna aplikasi Zoom telah mengalami perkembangan pesat.

Diperkirakan, perusahan yang memimpin dalam konferensi rapat online ini, mendapatkan lonjakan pengguna aktif sebanyak 2,22 juta per bulan sampai dengan Maret 2020.

Sebuah angka kenaikan yang tinggi jika dibandingkan dengan pengguna aktif 2019 yang berjumlah 1,99 juta pengguna.

Presiden Joko Widodo, di tengah virus yang melanda negara ini, mengimbau masyarakat untuk belajar, bekerja, dan beribadah di rumah. Hal tersebut berimbas pada dunia pendidikan, sekolah hingga kampus diliburkan dan diganti dengan melakukan pembelajaran jarak jauh/online/daring.

Melalui Edaran Menteri  Pendidikan dan Kebudayaan, proses belajar mengajar dialihkan secara mandiri di rumah masing-masing siswa dengan model jarak jauh melalui sistem online/daring.

Untuk menyikapi pembelajaran model jarak jauh/daring, guru harus menguasai model aplikasi yang memungkinkan kegiatan pembelajaran jarak jauh/daring. Tentunya aplikasi yang dipilih oleh guru sudah dikuasai juga oleh siswanya.

Ini diperlukan agar proses pembelajaran berjalan lancar. Selain itu, masalah lain yang perlu diperhatikan adalah, para siswa juga akan mengalami kesulitan untuk melakukan konsultasi dengan guru terutama untuk pelajaran yang dianggap membutuhkan penjelasan dan pemahaman yang lebih mendalam.

Untuk mengatasi hal tersebut, aplikasi Zoom Cloud Meetings untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran online/daring yang memungkinkan guru berinteraksi lebih komunikatif.

Zoom merupakan aplikasi yang menyediakan layanan konferensi jarak jauh dengan menggabungkan konferensi video, pertemuan online, obrolan, hingga kolaborasi seluler. Aplikasi ini banyak digunakan sebagai media komunikasi jarak jauh.

Melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan aplikasi Zoom Cloud Meeting ternyata sangat menyenangkan. Guru menjadi kreatif, siswa merasa sangat senang.

Yang paling penting adalah guru melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan efektif seperti kegiatan mengajar dengan tatap muka di kelas. Orangtua atau wali siswa juga harus ikut memantau anaknya ketika belajar di rumah.

Dengan demikian tujuan pembelajaran akan tercapai dan semuanya terhindar dari sebaran virus Covid-19 yang sedang merajalela.

Pengalaman Guru Gunakan Zoom

Menurut pengalaman seorang praktisi dunia pendidikan Isep Suprapto, suka atau tidak suka, cepat atau lambat suatu hari “mungkin” para guru membutuhkan aplikasi Zoom Cloud Meeting.

Dengan bantuan software ini, memungkinkan kita untuk mengadakan pertemuan tanpa harus berada di ruangan yang sama dengan banyak orang.

Aplikasi ini didirikan sejak 2011 lalu dan berkantor pusat di San Jose, California, Amerika Serikat. Aplikasi Zoom ini telah banyak dipakai oleh instansi perusahaan, para siswa dan guru, hingga pejabat pemerintahan untuk melangsungkan rapat online.

Di dunia pendidikan sejak ada intruksi Study From Home atau kita mengenal juga Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), para guru “dituntut” untuk menguasai model aplikasi yang memungkinkan kegiatan pembelajaran jarak jauh atau  daring berjalan dengan baik.

Tentunya aplikasi yang dipilih oleh guru sudah dikuasai juga oleh siswanya sehingga proses pembelajaran berjalan dengan lancar.

Para guru melakukan konsultasi dengan  para siswa terutama untuk pelajaran yang dianggap membutuhkan penjelasan dan pemahaman yang lebih mendalam, maka untuk mengatasi hal tersebut “salahsatu”  aplikasi  untuk mendukung pelaksanakan PJJ yaitu dengan aplikasi Zoom Cloud Meeting.

Secara bertahap, para guru akhirnya bisa menjadi kreatif, siswa pun merasa senang. Karena yang paling penting dalam  PJJ  adalah efektif laksana kegiatan mengajar dengan tatap muka di kelas.

Kelebihan Zoom

Untuk lebih detailnya, setidaknya ada 3 pokok kelebihan Zoom. Menukil catatan localstartupfest.id, berikut kelebihan aplikasi Zoom.

Pertama adalah fiturnya beraneka ragam. Pernahkah Anda merasa tidak percaya diri saat menggunakan teknologi diskusi jarak jauh menggunakan aplikasi tertentu?

Seperti halnya kondisi wajah yang terlihat letih dan tidak segar. Tidak perlu khawatir, karena pada dasarnya Zoom telah memberi solusi atas permasalahan tersebut. Salah satu fitur Zoom yang tidak dimiliki oleh teknologi diskusi jarak jauh lainnya, ialah fitur edit wajah.

Baru-baru ini Zoom merilis salah satu fitur tersebut guna memberikan kepercayaan tersendiri bagi para penggunanya. Rata-rata para pengguna memiliki kepercayaan diri yang kurang baik saat menggunakan teknologi diskusi jarak jauh.

Fitur ini dapat mengatur kecerahan seperti halnya foto pada umumnya. Tak hanya itu, terdapat pula fitur pengganti latar belakang yang unik dan belum pernah ada sebelumnya.

Selain fitur gambar yang tersedia di teknologi Zoom, terdapat pula fitur akses menghidupkan dan mematikan suara serta gambar.

Akses ini diklaim cukup berguna bagi para pengguna terutama pada kualitas suara. Saat sebuah diskusi berjalan, tentunya harus menyediakan kondisi yang kondusif untuk kelancaran kegiatan. Fitur mematikan mikrofon pada peserta diskusi dapat menjadi salah satu alternatif tersebut.

Kedua, kapasitas ruangnya cukup besar.  Pada dasarnya, teknologi diskusi atau konferensi jarak jauh diciptakan untuk memudahkan penggunanya dalam berkomunikasi dengan anggota. Tak jarang pula bahwasanya anggota tiap kelompok diskusi memiliki jumlah yang cukup banyak. Hal ini dapat ditelusuri lebih jauh ketika digunakan dalam sektor pendidikan, yang umumnya diakses oleh banyak orang.

Zoom memberi solusi bagi tiap permasalahan ruang bagi pengguna. Akses kapasitas ruang yang diberikan oleh teknologi ini cukup besar. Tak tanggung-tanggung, Zoom memberikan 1.000 akses bagi anggota dalam satu forum diskusi, serta 10.000 anggota dalam satu forum siaran langsung.

Hal ini cukup memudahkan bagi pengguna khususnya sektor pendidikan dalam melaksanakan diskusi jarak jauh.

Kelebihan dan kekurangan Zoom yang beragam memanglah selalu menjadi sudut pandang tersendiri. Namun jika dilihat pula dari akses kapasitas ruang yang cukup besar, tentu akan memberi penilaian khusus dari pengguna bagi pendiri teknologi Zoom.

Lebih daripada itu, Zoom tentunya akan terus menginovasi serta mengembangkan teknologi terbarukannya.

Terakhir, adalahkualitas aksesnya tinggi. Kualitas akses tinggi dalam hal ini yang dimaksud ialah pada suara dan gambar yang tersedia. Dalam sebuah forum diskusi atau siaran langsung, tentunya peserta diskusi memerlukan sumber informasi yang aktual dan jelas.

Banyak cara dilakukan oleh pengguna demi memenuhi kebutuhan tersebut. Seperti menyediakan speaker di rumah, menyalakan akses dengan layar monitor yang besar, dan berbagai macam lainnya.

Namun bagi Anda yang setia dengan penggunaan Zoom, tak perlu khawatir dengan permasalahan di atas. Pasalnya, Zoom memberikan kualitas akses yang tinggi kepada penggunanya. Hal ini tentunya menjadi sisi positif tersendiri bagi pengguna zoom pada umumnya. Tak jarang pula, pengguna Zoom merasa sangat terbantu dengan fitur seperti ini.

Jika pengguna Zoom berkenan, terdapat pula akses dengan kualitas tinggi pada layar presentasi. Layar presentasi disediakan sedemikian baik bagi pengguna Zoom demi memudahkan kenyamanan dan kelancaran dalam berdiskusi.

Sama halnya dengan siaran langsung yang dimiliki teknologi Zoom pun tak jauh berbeda kualitas dari akses diskusi pada umumnya.

Kekurangan Zoom

Nah setelah mengetahui kelebihan aplikasi zoom, cermati dan hati-hatilah dengan salah satu kekurangan aplikasi Zoom.

Kekuarangan pertama yang bisa membahayakan Anda adalah rawan data bocor. Kebocoran data tentunya menjadi salah satu kekurangan Zoom paling menyeramkan yang pernah terjadi.

Pasalnya, sudah tersebar berita pada sebagian besar kalangan bahwasanya terdapat banyak kebocoran data baik dari dalam negara maupun luar negara Indonesia.

Kebocoran data yang terjadi pun bukan masalah yang kecil. Data yang rawan terkena peretasan dapat berujung pada data pribadi seseorang.

Sehingga besar kemungkinan jika memiliki informasi terpenting seperti bisnis, pendidikan, foto, akan dapat dengan mudah tersebar luas di jejaring media sosial. Terlebih jika data tersebut digunakan sebagai tindak kejahatan yang marak terjadi di luar negeri.

Namun bagi anda yang risau dengan salah satu kekurangan ini. Akses yang dapat terkena rawan kebocoran data, dapat ditanggulangi dengan tidak perlu mendaftar akun.

Cukup dengan bergabung pada ID Meeting dan Password dari diskusi tersebut. Cara ini diklaim sebagai salah satu solusi bagi anda yang tetap ingin menggunakan Zoom pada mode aman.

Kekurangan kedua adalah boros penggunaan kota data. Bagi pengguna Wi-Fi tentunya mengakses diskusi atau konferensi jarak jauh merupakan sebuah hal yang biasa.

Hanya tinggal membayar biaya per bulannya pada kantor internet terdekat, akses kualitas internet yang didapat pun tinggal dijalankan. Namun tahukah Anda salah satu kelebihan dan kekurangan Zoom pada sisi negatif atau dampak kekurangannya?

Boros penggunaan pada kuota data merupakan salah satu kekurangan Zoom yang sudah menjadi rahasia publik pada umumnya.

 Bagaimana tidak, akses Zoom yang begitu luas memungkinkan penggunaan data internet yang semakin besar. Sehingga, disarankan bagi anda untuk menyediakan data internet secukupnya. Atau jika perlu gunakan jenis kuota un-limited yang tidak terbatas penggunaan akses datanya..

Namun perlu diketahui, penggunaan data yang boros tergantung pada masing-masing individu. Sehingga, tidak perlu berfikir sama rata untuk semua orang.

Ada baiknya bagi para pengguna Zoom dalam menggunakan teknologi ini sebijak mungkin. Jika menggunakan ruang pesan masih cukup memungkinkan. Mungkin Zoom dapat dijadikan pilihan selanjutnya jika ingin bertatap langsung secara jarak jauh.

Kekurangan yang terakhir adalah tidak tersedia Bahasa Indonesia. Bahasa Inggris sebagai Bahasa Universal memang sudah sepatutnya dipelajari bagi seluruh penduduk di dunia, termasuk Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Namun tahukah Anda? Secerdas apapun kemampuan Bahasa Dunia tiap orang, tentu akses informasi Bahasa Indonesia masih diperlukan bagi beberapa kalangan. Hal inilah yang menjadi kekurangan bagi teknologi Zoom.

Teknologi Zoom tidak menyediakan Bahasa Indonesia sebagai fitur pendukung diskusi maupun siaran langsung. Akses bahasa yang masih mungkin dapat digunakan untuk pengguna ialah Bahasa Inggris, Bahasa Portugis, Bahasa Belanda, dan lain sebagainya.

Umumnya pengguna Zoom lebih tertarik untuk menggunakan Bahasa Inggris karena dianggap paling mudah untuk dipahami.

Namun bagi Anda yang kurang baik dalam penerapan maupun pembelajaran Bahasa Inggris, tidak perlu risau untuk menggunakan Zoom sebagai kebutuhan diskusi jarak jauh.

Terdapat kemudahan Google Translate untuk menjawab solusi atas permasalahan yang terjadi. Serta bagi akses penggunaan Zoom dengan Bahasa Inggris pun tidak terlalu berat dan cukup mudah untuk dipahami tiap orang.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto