Netral English Netral Mandarin
15:46wib
LSI Denny JA menilai, PDI Perjuangan berpotensi akan mengalami kekalahan jika mengusung Ketua DPR Puan Maharani sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden 2024 mendatang. Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia menegaskan fasilitas kesehatan di Indonesia bisa tumbang dalam 2-4 minggu jika pengendalian pandemi tidak diperketat.
Aroma Menggugah Selera, Ini 5 Jajanan Pasar yang Dibungkus Daun Pisang

Jumat, 26-Maret-2021 11:10

Lemper, Jajanan Pisang Dibungkus Daun Pisang
Foto : Resep Koki
Lemper, Jajanan Pisang Dibungkus Daun Pisang
21

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Indonesia kaya akan beragam kuliner dari berbagai daerah, salah satunya adalah kuliner jajanan pasar. Seperti namanya, kuliner ini masuk sebagai kategori camilan dan biasanya dijual di pasar dengan harga yang terjangkau. 

Salah satu yang menarik, ada jajanan pasar yang proses memasak hingga penyajiannya menggunakan daun pisang. Bukan tanpa alasan, penggunaan daun pisang bisa menjaga adonan makanan menjadi padat dan mengeluarkan aroma wangi yang khas saat proses memasak. 

Tidak heran, aroma yang dikeluarkan dari daun pisang hingga meresap pada bahan makanan dari jajanan pasar. Aromanya tidak jarang membuat selera tergugah untuk memakannya. 

Berikut ini, lima jajanan pasar yang dibungkus dengan daun pisang: 

Kue Nagasari. (Dok:Fimela)

1.Nagasari

Siapa yang tahu nagasari? Meski namanya mengandung kata naga, tetapi tidak dengan penampilannya yang seperti naga ya. Nagasari ini juga dikenal oleh sebagian orang dengan sebutan papais. 

Adonan tepung beras dan santan kental, diisi dengan potongan pisang kuning nan manis. Perpaduan bahan tersebut lantas dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. 

Bisa dibayangkan aroma daun pisang yang wangi berpadu dengan rasa gurih manis dari nagasari. Setelah diangkat dari kukusan, sebaiknya nagasari ditunggu hingga agak dingin untuk disantap. 

Kue Bugis. (Dok: Resepku)

2.Bugis Ketan

Jajanan pasar manis lainnya adalah Bugis Ketan, yang dikenal berasal dari Sulawesi. Kue ini biasanya berwarna adonan ungu yang gurih dan diberi isian yang manis. 

Isian yang manis berisi kelapa parut dengan gula berwarna putih, tetapi ada juga yang mengisinya dengan parutan kelapa dengan gula merah dengan sensasi gurih manis. Sama seperti nagasari, makanan ini juga dibungkus dengan daun pisang dengan lipatan seperti piramid.

Daun pisang yang membalut adonan akan memberikan aroma khas yang wangi, tanpa merubah warna ungu dari adonan. Kulit daun pisang juga berfungsi agar adonan yang satu dan yang lain tidak saling menempel karena lengket.

3.Lemper

Jajanan pasar yang satu ini juga kerap menjadi primadona para pecinta kuliner, namanya adalah lemper. Lemper merupakan jajanan pasar dengan bahan dasar beras ketan dan santan dengan berbagai isian. 

Lemper apa yang menjadi favorit Anda? Ada lemper yang diisi dengan daging ayam gurih dan ada pula lemper yang diisi dengan abon sapi yang manis. Kemudian lemper disajikan amat wangi karena dibungkus dengan daun pisang. 

Selain di kukus, ada pula lemper yang melalui proses pemasakan selanjutnya yakni dibakar dalam waktu sekejap. Proses tersebut akan memberikan aroma smoky dan berpadu dengan aroma daun pisang yang wangi dan agak kecokelatan untuk mempercantik penampilan.

Arem arem (Dok:Makanan Indonesia)

4.Arem– arem

Bagi Anda yang sedang malas makan, bisa mencoba jajanan pasar yang mengenyangkan ini, namanya adalah arem-arem. Bahan dasar dari jajanan pasar ini adalah beras yang dimasak menjadi nasi gurih. 

Nasi gurih lantas diisi dengan berbagai macam isian sesuai selera, bisa sayur, daging ayam atau daging sapi yang sudah dibumbui. Bungkus nasi dan isian pada daun pisang, gulung dan kukus. Nasi yang mengenyangkan dan isian gurih ini siap mengisi perut Anda.

Siap–siap, hirup aroma rebusan nasi yang berpadu dengan gulungan daun pisang. Asap yang mengepul sungguh akan menggugah selera, tunggu arem–arem dalam keadaan tidak terlalu panas baru santap atau bisa juga dijadikan bekal perjalanan. 

(Dok:Resep)

5.Lopis

Hmm, makanan yang satu ini sepertinya menjadi salah satu jajanan pasar yang sering Anda cari namanya adalah lopis. Makanan ini berbahan dasar dari beras ketan yang dibungkus dengan daung pisang berbentuk segitiga dan dimasak hingga matang. 

Apabila daun pisang dibuka, maka beras ketan yang dihasilkan berbentuk segitiga pula dengan warna hijau alami yang menempel dari daun pisang. Bisa dibayangkan aromanya wangi, dan manis dengan pelengkap saus gula merah serta taburan kelapa parut gurih.

Meski dituang dengan saus gula merah dan kelapa parut, namun aroma daun pisang tidak terkalahkan. Meski demikian, aroma daun pisang tidaklah menganggu rasa melainkan berduet cantik dengan gurihnya beras ketan segitiga yag kenyal.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani