Netral English Netral Mandarin
02:58wib
Partai Ummat  menyinggung dominansi Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam evaluasi tujuh tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo. China kembali menggertak Amerika Serikat setelah Presiden Joe Biden menyatakan bahwa ia akan membela Taiwan jika Negeri Tirai Bambu menyerang.
AS dan Spanyol Sediakan Pangkalan Militer untuk Pengungsian Warga Afghanistan

Minggu, 22-Agustus-2021 17:17

Nilofar Bayat, kapten tim basket kursi roda Afghan, tampak saat ia tiba bersama rekannya yang dievakuasi dari Kabul di pangkalan udara Torrejon di Torrejon de ardoz, luar Madrid, Spanyol, Jumat (20/8/
Foto : Antara/Reuters
Nilofar Bayat, kapten tim basket kursi roda Afghan, tampak saat ia tiba bersama rekannya yang dievakuasi dari Kabul di pangkalan udara Torrejon di Torrejon de ardoz, luar Madrid, Spanyol, Jumat (20/8/
11

MADRID, NETRALNEWS.COM - Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Perdana Menteri Spanyol Sanchez setuju untuk menjadikan dua pangkalan militer di Spanyol selatan sebagai pengungsian warga Afghanistan yang bekerja untuk pemerintah AS, menurut pemerintah Spanyol, Minggu (22/8/2021). 

Selama percakapan telepon berdurasi 25 menit pada Sabtu (21/8/2021) malam, Biden dan Sanchez sepakat agar pangkalan Moron de la Frontera di dekat Seville dan Rota di dekat Cadiz digunakan untuk para pengungsi Afghanistan hingga perjalanan mereka ke negara lain disusun. 

"Pedro Sanchez dan Joe Biden mengizinkan penggunaan pangkalan Moron dan Rota untuk menampung warga Afghanistan yang bekerja dengan AS selagi dalam transit ke negara lain," tulis pemerintah Spanyol dalam pernyataan pada Minggu (22/8/2021). 

Sanchez pada Sabtu mencuit, "Saya baru saja melakukan percakapan penuh makna dengan Presiden Joe Biden di mana kami membahas sejumlah topik kepentingan bersama, terutama situasi di Afghanistan dan kolaborasi antara pemerintah kami dalam mengevakuasi warga dari negara itu." 

Pesawat yang membawa 110 pengungsi Afghanistan dan keluarga mereka tiba di pusat kegiatan Uni Eropa, yang berbasis di Spanyol, di salah satu pangkalan militer yang berada di luar Madrid pada Sabtu (21/8/2021) malam. 

Evakuasi itu mencakup 36 orang yang bekerja untuk pemerintah AS di Afghanistan. 

Pangkalan itu kini digunakan untuk menampung para pengungsi Afghanistan yang bekerja dengan Uni Eropa dan keluarga.  Mereka nantinya akan menuju negara Uni Eropa yang lain.

Reporter : Antara
Editor : Nazaruli