Netral English Netral Mandarin
13:10wib
Publik dihebohkan dengan ucapan selamat hari raya dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas kepada umat Baha'i. Video itu jadi sorotan karena Baha'i bukan salah satu dari enam agama yang diakui negara. Menaker Ida Fauziyah menyatakan karyawan dengan gaji di atas Rp 3,5 juta tetap bisa mendapatkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) sebesar Rp 1 juta.
AS Tutup Perbatasan Darat dengan Kanada, Meksiko hingga 21 Juli

Senin, 21-Juni-2021 12:35

Gerbang perbatasan Amerika Serikat dan Kanada di Lacolle, Quebec, Kanada, 17/4/2020, ditutup di tengah peningkatan wabah virus corona (COVID-19).
Foto : Antara/Reuters
Gerbang perbatasan Amerika Serikat dan Kanada di Lacolle, Quebec, Kanada, 17/4/2020, ditutup di tengah peningkatan wabah virus corona (COVID-19).
5

WASHINGTON, NETRALNEWS.COM - Perbatasan darat Amerika Serikat (AS) dengan Kanada dan Meksiko akan tetap ditutup untuk perjalanan yang tidak penting hingga setidaknya 21 Juli, Departemen Keamanan Dalam Negeri AS mengatakan pada  Minggu (20/6/2021). 

Perpanjangan 30 hari datang setelah Kanada mengumumkan perpanjangannya sendiri pada Jumat  (18/6/2021) tentang persyaratan yang akan berakhir pada Senin dan telah berlaku sejak Maret 2020 karena pandemi virus corona.

Pemerintah AS mengadakan pertemuan kelompok kerja dengan Kanada dan Meksiko tentang pembatasan perjalanan pekan lalu dan berencana mengadakan pertemuan setiap dua minggu, kata pejabat AS kepada Reuters.

Departemen Keamanan Dalam Negeri AS mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya mencatat "perkembangan positif dalam beberapa pekan terakhir dan berpartisipasi dengan lembaga AS lainnya dalam kelompok kerja ahli Gedung Putih dengan Kanada dan Meksiko untuk mengidentifikasi kondisi di mana pembatasan dapat dilonggarkan dengan aman dan berkelanjutan.

"Beberapa anggota parlemen AS dan komunitas perbatasan yang telah terpukul keras oleh pembatasan telah mendorong untuk melonggarkan pembatasan menjelang perjalanan musim panas yang sibuk.

Kanada juga berada di bawah tekanan dari perusahaan dan industri pariwisata untuk melonggarkan larangan, yang diberlakukan untuk membantu menahan penyebaran virus corona dan telah diperbarui setiap bulan sejak Maret 2020.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau berdiri teguh, mengatakan pekan lalu perbatasan akan tetap ditutup sebagian besar sampai 75 persen warga Kanada menerima vaksin virus corona dua dosis pertama dan 20 persen telah diberikan dosis pertama dan kedua vaksin COVID-19.

Dalam pembicaraan antara Amerika Serikat dan Kanada pekan lalu, pemerintah AS tidak mendukung penetapan ambang batas khusus untuk memicu pencabutan pembatasan, ujar seseorang yang diberi pengarahan tentang pembicaraan itu.

"Ketidakmampuan pemerintah AS dan Kanada untuk mencapai kesepakatan tentang pengurangan pembatasan perbatasan ... sama sekali tidak dapat diterima," Perwakilan Demokrat Brian Higgins dan Perwakilan Republik Bill Huizenga, ujar ketua bersama Kelompok Antarparlemen Kanada-AS pada  Jumat.

Amerika Serikat juga mengadakan pertemuan kelompok kerja tentang pelonggaran pembatasan perjalanan dengan Inggris dan Uni Eropa.

Tetapi pejabat AS dan maskapai mengatakan sebelumnya mereka tidak mengharapkan pemerintahan Biden untuk mencabut pembatasan sampai sekitar 4 Juli paling awal. 

Reporter : Antara
Editor : Sesmawati