Netral English Netral Mandarin
03:04wib
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengkritik peran Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sebagai pengawas keuangan negara, namun tidak ada pihak ketiga yang mengawasinya. Para ilmuwan di Afrika Selatan mendeteksi varian Covid-19 baru yang memiliki banyak mutasi. Varian ini disinyalir jadi penyebab tingginya penyebaran kasus di negara tersebut.
Asam Padeh Masakan Khas Minangkabau dengan Cita Rasa Pedas, Gurih dan Asam, Cocok untuk Menu Makan Siang, Begini Cara Membuatnya

Senin, 22-November-2021 14:00

Asam Padeh
Foto : Istimewa
Asam Padeh
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Tak semua sajian ala minang itu bersantan gurih dan berbumbu pekat. Anda harus coba menu asam pedas yang juga sering disebut dengan asam padeh.

Padeh adalah bahasa minang dari pedas. Sajian ini berkuah merah menyala, bercitarasa pedas-gurih-asam, dan tak pakai santan! Versi aslinya menggunakan asam kandis sebagai pemberi rasa segar, tapi Anda bisa menggantinya dengan asam jawa dan atau belimbing sayur. Yuk simak bahan dan cara membuatnya seperti yang dikutip dari Resep Koki.

Bahan-bahan- 1 kg Ikan tongkol, potong-potong- 1 buah jeruk nipis, ambil airnya - 2 buah asam kandis - 1 genggam belimbing wuluh- 2 ruas jari lengkuaa, memarkan- 1 batang serai, memarkan - 2 lembar daun salam - 3 lembar daun jeruk - 1 lembar daun kunyit sobek lalu simpulkan - 600 ml air- 2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus:- 100 gram cabe merah keriting - 8 butir bawang merah - 4 siung bawang putih - 1 ruas jari kunyit- 1 ruas jari jahe- 2 butir kemiri- 1,5 sdm garam- 1 sdt gula

Cara membuat

1. Siangi dan cuci bersih ikan. Kucuri air jeruk nipis ke seluruh permukaannya. Diamkan selama 15 menit lalu bilas kembali hingga bersih. Sisihkan.

2. Tumis bumbu halus hingga harum.

3. Masukkan asam kandis, lengkuas, serai, daun salam, daun jeruk, dan daun kunyit. Aduk rata.

4. Tuangkan air lalu aduk rata dan masak hingga mendidih.

5. Masukkan ikan tongkol dan belimbing wuluh. Aduk rata. Masak dengan api kecil hingga ikan matang dan kuah menyusut. Koreksi rasanya. Angkat.

6. Siap disajikan.

Tips1. Bila tak ada asam kandis, bisa diganti dengan air asam jawa.

2. Takaran air bisa disesuaikan selera untuk banyak sedikitnya kuah.

3. Gula bisa di-skip sesuai selera

 

Reporter : Sesmawati
Editor : Sulha Handayani

Berita Terkait

Berita Rekomendasi